Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jaringan Adiposa – Juvenile Scoliosis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jaringan Adiposa – Juvenile Scoliosis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jahitan Bedah – Jaras). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jaringan Adiposa - Juvenile Scoliosis)

– Pengertian Jaringan Adiposa
Definisi Jaringan adiposa adalah
jaringan yang terdiri dari sel-sel adiposit. Di sini tubuh menyimpan lemak dalam bentuk trigliserida.

– Pengertian Jaringan Glandural
Definisi Jaringan glandural (glandural tissue) adalah
jaringan tubuh yang memproduksi dan melepaskan satu atau lebih zat untuk digunakan dalam tubuh seperti cairan yang mempengaruhi jaringan atau organ, hormon atau susu.

– Pengertian Jaringan Granulasi
Definisi Jaringan granulasi adalah
jaringan fibrosa yang terbentuk dari bekuan darah sebagai bagian dari proses penyembuhan luka, sampai matang menjadi jaringan parut.

– Pengertian Jaringan Ikat
Definisi Jaringan ikat adalah
bahan di dalam tubuh yang mendukung banyak komponen dengan memberikan bentuk jaringan lain dan membantu menjaga kekuatan mereka..Jaringan ikat biasanya berasal dari mesoderma, lapisan tengah dari tiga lapisan dalam embrio hewan. Ada empat kategori jaringan ikat: jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, tulang rawan, dan lainnya.

– Pengertian Jaringan Subkondral
Definisi Jaringan subkondral adalah
jaringan halus pada ujung-ujung tulang, yang ditutupi dengan jenis lain dari jaringan yang disebut tulang rawan.

– Pengertian Jejunostomi
Definisi Jejunostomi adalah
operasi bedah untuk membuat pembukaan jejunum (bagian dari usus kecil) ke sebuah lubang (stoma) di perut.

– Pengertian Jejunum
Definisi Jejunum adalah
bagian pertengahan usus kecil di antara duodenum dan ileum. Istilah “jejunum” berasal dari “jejunus,” kata Latin yang berarti “kosong dari makanan,” atau “lapar.” Orang Yunani kuno melihat pada mayat bahwa bagian dari usus ini selalu kosong dari makanan. Oleh karena itu, dinamakan jejunum.

– Pengertian Jembatan Gigi
Definisi Jembatan gigi adalah
stasioner prostesis yang melekat pada gigi-gigi yang berdekatan dengan spasi gigi; Jembatan ini menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, di5emen atau terikat pada implan pendukung yang berdekatan. Juga disebut gigi palsu parsial.

– Pengertian Jembatan untuk Transplantasi
Definisi Jembatan untuk transplantasi adalah
penggunaan dukungan sirkulasi mekanik untuk menjaga pasien gagal jantung tetap hidup sampai jantung donor tersedia.

– Pengertian Jerawat
Definisi Jerawat adalah
kondisi kulit yang terjadi akibat kelebihan produksi minyak oleh kelenjar minyak di kulit. Minyak yang biasanya melumasi kulit terjebak dalam saluran minyak yang terblokir dan menghasilkan apa yang kita kenal sebagai pimple, komedo, dan whitehead pada permukaan kulit. Kadang-kadang, jerawat juga mencakup lesi kulit lebih dalam yang disebut kista..Pimple adalah pembengkakan kecil kulit yang kadang kadang berisi nanah. Komedo adalah formasi gelap pada kulit akibat campuran akumulasi minyak dan sel-sel dalam pori-pori kulit tersumbat. Whitehead adalah benjolan daging kecil berwarna putih karena penyumbatan pori kulit. Kista adalah kantung di bawah kulit atau lebih dalam yang mengandung cairan atau zat setengah padat.

– Pengertian Jet Lag
Definisi Jet lag adalah
sebuah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Gejala lain jet lag meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori. Beberapa individu dapat melaporkan gejala tambahan, seperti detak jantung abonormal dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

– Pengertian Jinak
Definisi Jinak adalah
kondisi ringan, tidak-mematikan, terutama tumor non-kanker. Lawan dari ganas.

– Pengertian Jugularis
Definisi Jugularis adalah
nadi utama di depan kedua sisi leher. Kata ini berasal dari kata Latin jugulum yang berarti tenggorokan. Vena jugularis adalah “vena tenggorokan” atau di zaman kuno “pembuluh darah kurban.”

– Pengertian Jumlah CD4
Definisi Jumlah CD4 adalah
jumlah limfosit CD4 dalam satu milimeter kubik (mm3) darah. Jumlah CD4 merupakan salah satu indikator perkembangan penyakit HIV. Jumlah CD4 di bawah 200 sel/mm3 adalah kriteria diagnostik untuk AIDS.

– Pengertian Juvenile Idiopathic Arthritis
Definisi Juvenile idiopathic arthritis (JIA) adalah
jenis arthritis yang paling umum pada anak-anak. Dulu kondisi ini dikenal sebagai rheumatoid arthritis, tapi namanya baru-baru ini diubah untuk mencerminkan perbedaan antara arthritis masa kanak-kanak dan bentuk dewasa dari rheumatoid arthritis..JIA adalah penyakit kronis (jangka panjang) yang dapat mempengaruhi sendi di bagian mana pun dari tubuh. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sinovium, jaringan yang melapisi bagian dalam sendi. Sinovium merespon dengan menambah cairan ekstra (cairan sinovial), yang menyebabkan pembengkakan, nyeri dan kekakuan. Proses sinovium dan peradangan dapat menyebar ke jaringan sekitarnya, akhirnya merusak tulang rawan dan tulang. Area lain dari tubuh, terutama mata, mungkin juga terpengaruh oleh peradangan. Tanpa pengobatan, JIA dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan normal anak.

– Pengertian Juvenile Scoliosis
Definisi Juvenile Scoliosis atau skoliosis anak adalah
suatu kondisi (bukan penyakit atau diagnosis) dari kelengkungan abnormal tulang belakang pada anak-anak usia 3 sampai 9 tahun. Meskipun skoliosis dapat disebabkan oleh bawaan, masalah perkembangan atau degeneratif, kondisi ini benar-benar tidak diketahui penyebabnya (skoliosis idiopatik)..Skoliosis biasanya berkembang di tulang belakang dada (punggung atas) atau daerah torakolumbalis tulang belakang, yaitu antara tulang belakang dada dan tulang belakang lumbar (punggung bawah). Kondisi ini juga dapat terjadi hanya di punggung bawah. Lengkungan tulang belakang dari skoliosis dapat berkembang sebagai kurva samping tunggal (berbentuk seperti huruf C) atau sebagai dua kurva samping (berbentuk seperti huruf S).

To top