Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vitamin B2 – VX-950)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vitamin B2 – VX-950) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Virus Hepatitis B – Vitamin B12). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vitamin B2 - VX-950)

 

– Pengertian Vitamin B2
Definisi Vitamin B2 (riboflavin) adalah vitamin yang berfungsi seperti vitamin B1, yaitu membantu tubuh memetabolisme karbohidrat. Namun, vitamin ini juga membantu dalam metabolisme lemak dan protein dan bersama vitamin B lainnya (B6, asam folat dan niasin) berperan dalam pembuatan sel darah merah dan pemeliharaan jaringan tubuh, terutama di kulit dan mata. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan kulit bersisik dan sariawan/peradangan di mulut (keilosis).

– Pengertian Vitamin B3
Definisi Vitamin B3 (niasin) adalah nutrisi yang sangat penting. Tanpa vitamin ini, tubuh tidak dapat memanfaatkan karbohidrat, lemak dan protein untuk menyediakan energi. Dengan demikian jumlah vitamin B3 yang dibutuhkan tubuh tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi. Tapi itu bukan satu-satunya vitamin B3. Vitamin ini juga diperlukan untuk untuk sintesis berbagai enzim dan bertindak mengurangi kolesterol darah. Vitamin B3 sebenarnya adalah sepasang nutrisi yaitu asam nikotinat dan nikotinamida. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan gangguan pencernaan, insomnia, sakit kepala, lidah merah-ungu. Kekurangan yang parah menyebabkan pellagra, lesi kulit dan pencernan, peradangan selaput lendir, diare, demensia dan kematian.

– Pengertian Vitamin B5
Definisi Vitamin B5 (asam pantotenat) berfungsi mengkonversi makanan menjadi energi dan diperlukan untuk membuat hormon-hormon penting, vitamin D, dan sel darah merah. Vitamin ini terdapat pada hampir semua makanan.

– Pengertian Vitamin B6
Definisi Vitamin B6 (piridoksin) berfungsi membantu mengubah makanan menjadi energi, membuat sel-sel darah merah, membuat antibodi, menjaga fungsi saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit jantung. Vitamin B6 juga diperlukan dalam reaksi kimia untuk mencerna protein. Semakin tinggi asupan protein, semakin banyak kebutuhan akan vitamin B6. Dosis besar vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan neurologis dan mati rasa. Defisiensi vitamin ini dapat menyebabkan lidah dan bibir pecah-pecah (keilosis), lekas marah, kebingungan, dan depresi. Namun, defisiensi ini jarang terjadi.

– Pengertian Vitamin B9
Definisi Vitamin B9 (folat) adalah vitamin yang diperlukan untuk replikasi sel dan pertumbuhan. Vitamin ini membantu blok bangunan berupa DNA, yang menyimpan informasi genetik tubuh, dan membangun blok RNA, yang diperlukan untuk sintesis protein. Vitamin B9 sangat penting untuk perkembangan janin dan regenerasi sel, seperti sel darah merah dan sel kekebalan. Defisiensi vitamin B9 menyebabkan anemia.
Kebutuhan vitamin B9 meningkat cukup selama kehamilan. Defisiensi vitamin B9 selama kehamilan berhubungan dengan berat bayi lahir rendah dan peningkatan insiden cacat tabung saraf (spina bifida). Semua wanita usia subur disarankan mengambil suplemen sintetis vitamin B9 (asam folat) sebesar 400 mcg per hari.

– Pengertian Vitamin C
Definisi Vitamin C (asam askorbat) adalah vitamin antioksidan yang melindungi melindungi sel-sel kerusakan oksidatif. Vitamin C melindungi terhadap penyakit jantung dengan mengurangi kekakuan arteri dan kecenderungan pembekuan darah dalam vena. Vitamin C juga berfungsi untuk membuat kolagen, suatu zat yang memperkuat banyak bagian tubuh dan sebagai antihistamin. Defisiensi vitamin C dapat mengakibatkan penyembuhan lama, mudah memar dan anemia.

– Pengertian Vitamin D
Definisi Vitamin D (kolekalsiferol) adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk metabolisme mineral. Vitamin D membantu menjaga kadar kalsium darah, dengan meningkatkan penyerapan dari makanan dan mengurangi kehilangan kalsium di urin. Kedua fungsi membantu menjaga kalsium dalam cadangan yang disimpan dalam tulang. Vitamin D juga dapat mentransfer kalsium dari tulang ke darah, yang sebenarnya dapat melemahkan tulang. Meskipun efek keseluruhan vitamin D pada tulang rumit, yang pasti adalah bahwa sejumlah vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, Vitamin D berperan dalam kekebalan, pembentukan sel darah dan membantu proses diferensiasi sel yang dapat mengurangi risiko kanker. Kelebihan vitamin D dapat menjadi racun bagi hati.

– Pengertian Vitamin E
Definiis Vitamin E (tokoferol) adalah vitamin antioksidan yang melindungi membran sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin E juga berperan dalam kemampuan tubuh untuk memproses glukosa. mengurangi peradangan, regulasi sel darah, pertumbuhan jaringan ikat, dan kontrol genetik dari pembelahan sel.

– Pengertian Vitamin K
Definisi Vitamin K ((filoquinon) adalah suatu zat yang penting untuk pembekuan darah dan pertumbuhan tulang dengan membantu transportasi kalsium di tubuh. Vitamin K digunakan untuk mengobati overdosis obat warfarin. Selain itu, dokter meresepkan vitamin K untuk mencegah perdarahan yang berlebihan pada orang yang memakai warfarin namun membutuhkan operasi.

– Pengertian Vitamin P
Definisi Vitamin P: lihat bioflavinoid.

– Pengertian Vitiligo
Definisi Vitiligo adalah suatu kondisi hilangnya pigmentasi – biasanya di sekitar mulut, mata, hidung, siku, lutut dan pergelangan tangan. Kondisi ini biasanya terjadi pada kedua sisi tubuh di lokasi yang sama. Vitiligo terjadi pada 1-2% dari populasi.

– Pengertian Vitrektomi
Definisi Vitrektomi adalah prosedur bedah mata di mana cairan seperti agar-agar (jeli) yang bening dihapus dari ruang posterior mata (vitreous body) dan diganti dengan minyak silikon bening untuk mendorong kembali bagian retina yang terpisah ke tempat perlekatannya. Vitrektomi dilakukan untuk memperbaiki ablasi retina.

– Pengertian Vitreus
Definisi Vitreus adalah zat cairan seperti gel transparan yang mengisi empat perlima bola mata posterior di antara lensa kristalin dan retina.

– Pengertian Vitrifikasi
Definisi Vitrifikasi adalah metode kriopreservasi ultra-cepat yang mencegah pembentukan es dengan mengubah suspensi menjadi padatan seperti kristal.

– Pengertian Volume Target
Definisi Volume target adalah sebuah daerah pada anatomi pasien (misalnya tumor) di mana dosis radiasi yang tinggi diresepkan.
– Pengertian Voyeurisme
Definisi Voyeurisme adalah salah satu parafilia yang ditandai dengan kesulitan untuk menahan diri dari desakan untuk mengamati orang yang tidak menaruh curiga, biasanya orang asing, yang sedang telanjang atau dalam proses bertelanjang, atau yang sedang terlibat dalam aktivitas seksual. Penderita voyeurisme mungkin berkhayal tentang berhubungan seks dengan korban tetapi hampir tidak pernah benar-benar mengusahakannya. Voyeur dapat kembali untuk mengintip orang yang sama berulang kali, tapi jarang ada kontak fisik.

– Pengertian Vulva
Definisi Vulva adalah area genital eksternal perempuan, termasuk klitoris, bibir vagina, dan pembukaan vagina.

– Pengertian Vulvitis
Definisi Vulvitis adalah peradangan vulva, lipatan kulit lembut di luar vagina. Ini bukanlah kondisi melainkan suatu gejala dari sejumlah penyakit, infeksi, luka, alergi, dan iritasi lainnya.

– Pengertian VX-950
Definisi VX-950 adalah sebuah protease inhibitor HCV dalam penelitian untuk mengobati HCV kronis.


Comments are closed.