Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Virus Hepatitis B – Vitamin B12)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Virus Hepatitis B – Vitamin B12) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Vestibule – Virus Hepatitis A). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Virus Hepatitis B - Vitamin B12)

– Pengertian Virus Hepatitis B
Definisi Virus Hepatitis B (HBV) adalah virus yang menyebabkan hepatitis B.

– Pengertian Virus Hepatitis C
Definisi Virus Hepatitis C (HCV) adalah virus yang menyebabkan hepatitis C.

– Pengertian Virus Hepatitis D
Definisi Virus Hepatitis D (HDV) adalah virus yang menyebabkan hepatitis D.

– Pengertian Virus Hepatitis E
Definisi Virus Hepatitis E (HEV) adalah virus yang menyebabkan hepatitis E.

– Pengertian Virus Hepatitis G
Definisi Virus Hepatitis G (HGV) adalah virus terbawa darah yang baru ditemukan. HGV tampaknya berhubungan dengan hepatitis C, namun tidak diketahui menyebabkan penyakit.

– Pengertian Virus RNA
Definisi Virus RNA adalah kelompok virus yang menyimpan informasi genetik di RNA (asam ribonukleat), bukan DNA (asam deoksiribonukleat) seperti pada umumnya organisme lain. Hal ini memiliki konsekuensi penting dalam siklus hidup virus dan memberikan potensi untuk mengecoh sistem kekebalan tubuh. Penyakit utama yang disebabkan oleh virus RNA termasuk influenza, hepatitis C dan polio.

– Pengertian Visi Binokular
Definisi Visi binokular (binocular vision) adalah kemampuan korteks visual yang terletak di lobus oksipital otak untuk menggabungkan impuls yang diterima dari gambar pada retina kedua mata menjadi satu gambar tunggal.

– Pengertian Visi Warna
Definisi Visi warna adalah kemampuan untuk membedakan warna dan nuansa, terjadi ketika sel-sel kerucut yang sensitif warna di retina mengambil dan mengirim sinyal warna secara normal ke otak.

– Pengertian Viskositas Serum
Definisi Viskositas serum adalah sifat fisik serum yang berhubungan dengan kekentalannya. Viskositas serum dipengaruhi oleh konsentrasi konstituen dalam serum, semakin besar jumlah molekul atau sel-sel yang larut di dalam serum, semakin tinggi viskositasnya.

– Pengertian Vitamin
Definisi Vitamin adalah zat organik yang bertindak sebagai koenzim atau pengatur proses metabolisme, vitamin sangat penting bagi banyak fungsi tubuh yang vital.

– Pengertian Vitamin A
Definisi Vitamin A adalah vitamin larut lemak yang disintesis dari beta karoten dalam tubuh yang memiliki sifat antioksidan dan penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Kelebihan vitamin A dapat menjadi racun bagi hati.

– Pengertian Vitamin B
Definisi Vitamin B adalah sebuah kompleks vitamin penting yang juga disebut vitamin B kompleks.

– Pengertian Vitamin B
Definisi Kompleks Vitamin B kompleks adalah sebuah keluarga vitamin yang larut dalam air, saling terkait dalam fungsi dan sering hadir bersama dalam makanan. Mereka termasuk vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), folasin (asam folat, juga disebut asam pteroilglutamik atau PGA), dan biotin.

– Pengertian Vitamin B1
Definisi Vitamin B1 (thiamin) adalah vitamin yang membantu mengubah makanan untuk energi, pertumbuhan fungsi saraf dan otot. Kekurangan vitamin ini menyebabkan penyakit beri-beri. Karena vitamin ini banyak terdapat pada kulit biji-bijian, yang dikupas menjadi dedak ketika diproses, vitamin B1 seringkali ditambahkan ke biji-bijian dan tepung selama proses pengayaan.

– Pengertian Vitamin B12
Definisi Vitamin B12 (kobalamin) adalah vitamin yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, sintesis dan perbaikan DNA, dan produksi suasana hati yang mempengaruhi SAMe (S-adenosyl-L-metionin). Vitamin B12 bertindak dengan asam folat dan vitamin B6 untuk mengontrol kadar homosistein. Kelebihan homosistein dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit koroner, stroke, dan penyakit lain seperti osteoporosis dan penyakit Alzheimer. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan anemia (anemia makrositik), disfungsi neurologis, dan perubahan status mental.


Comments are closed.