Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uji Bender Gestalt – Ulkus Peptikum)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uji Bender Gestalt – Ulkus Peptikum) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tumor Karsinoid – Tusukan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Uji Bender Gestalt - Ulkus Peptikum)

 

– Pengertian Uji Bender Gestalt
Definisi Uji Bender Gestalt, atau uji Bender Visual Motor Gestalt, adalah instrumen penilaian psikologis yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi visual-motorik dan keterampilan persepsi visual pada anak dan orang dewasa. Skor pada tes digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan kerusakan otak organik dan tingkat kematangan sistem saraf.

– Pengertian Uji Klinik
Definisi Uji klinik adalah tes untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanan obat atau alat medis dengan memantau efek mereka pada sekelompok besar orang. Uji klinik adalah salah satu tahapan akhir dari proses penelitan yang panjang dan hati-hati. Ada empat jenis uji klinik yang dapat dilakukan: Uji coba pengobatan baru (seperti obat baru, pendekatan baru untuk operasi atau terapi, kombinasi baru dari perawatan, atau metode baru seperti terapi gen). Uji coba pencegahan dengan pendekatan baru, seperti obat-obatan, vitamin, mineral, atau suplemen lain yang dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit tertentu. Uji coba tes skrining baru untuk menemukan penyakit, terutama pada tahap awal. Uji coba peningkatan kualitas hidup (juga disebut percobaan perawatan pendukung) mengeksplorasi cara untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup bagi pasien. Sebagian besar uji klinik yang melibatkan pengujian obat baru berlangsung dalam serangkaian langkah-langkah teratur yang disebut fase. Hal ini memungkinkan peneliti untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dengan cara yang menghasilkan informasi yang dapat dipercaya tentang obat dan keselamatan pasien.

– Pengertian Uji Klinik Acak
Definisi Uji klinik acak adalah uji klinik yang diatur untuk menghasilkan suatu distribusi probabilitas peserta dalam cabang-cabang yang berbeda (misalnya, pengobatan eksperimental, pengobatan standar, atau pengobatan plasebo). Pengacakan ini dilakukan untuk meminimalkan bias.

– Pengertian Uji Klinik Acak Terkontrol
Definisi Uji klinik acak terkontrol adalah sebuah uji klinik terkontrol yang secara acak menempatkan peserta ke dua atau lebih kelompok. Ada berbagai metode untuk mengacak peserta studi ke dalam kelompok mereka.

– Pengertian Uji Klinik Tak Terkontrol
Definisi Uji klinik tak terkontrol adalah uji klinik di mana semua peserta menerima perlakuan eksperimental dan tidak menerima pengobatan standar atau plasebo untuk perbandingan.

– Pengertian Uji Klinik Terkontrol
Definisi Uji klinik terkontrol adalah sebuah penelitian untuk menguji pengobatan tertentu dengan menggunakan dua (atau lebih) kelompok pasien. Kelompok eksperimen menerima perlakuan yang diuji. Kelompok kontrol atau perbandingan menerima pengobatan alternatif, pengobatan plasebo atau tanpa pengobatan. Kedua kelompok dibandingkan untuk melihat seberapa efektif pengobatan eksperimental yang dilakukan. Jika peserta secara acak ditempatkan ke kelompok perawatan dan kelompok kontrol, maka disebut sebagai uji klinik acak terkontrol.

– Pengertian Uji Praklinik
Definisi Uji praklinik, atau disebut juga studi/ pengembangan/ penelitian praklinik/ non-klinik, adalah tahap penelitian yang terjadi sebelum uji klinik atau pengujian pada manusia. Uji praklinik memiliki satu tujuan utama yaitu mengevaluasi keselamatan produk baru. Ada banyak produk yang menjalani uji praklinik. Beberapa produk yang paling umum menjalani uji praklinik adalah obat-obatan, peralatan medis, kosmetik, dan solusi terapi gen. Penting untuk dicatat bahwa obat juga melalui banyak serangkaian pengujian lainnya ketika menjalani uji praklinik. Informasi yang diperoleh dengan menafsirkan data dalam uji praklinik sangat bermanfaat untuk mendeteksi untuk mencegah produk berbahaya dan beracun agar tidak memasuki lingkungan dan masyarakat. Melalui penelitian ini, peneliti dapat mempercepat penemuan obat dan meringkas proses pengembangan obat. Kebanyakan uji praklinik melibatkan penggunaan hewan. Binatang seperti tikus, ayam, monyet, dan kelinci percobaan (guinea pig) biasanya digunakan dalam uji praklinik. Para peneliti menguji produk pada hewan dan kemudian mengamati efeknya pada kesehatan hewan. Produk hanya lulus uji praklinik jika tidak memengaruhi hewan dengan cara yang berbahaya. Pengujian pada manusia hanya disetujui jika produk tidak memiliki efek berbahaya yang teramati pada hewan.

– Pengertian Uji T4 Bebas
Definisi Uji T4 bebas adalah ukuran tingkat T4 bebas dalam aliran darah Anda. Kadar T4 bebas terlalu rendah merupakan indikator kuat bahwa Anda memiliki hipotiroidisme.

– Pengertian Ukuran Sampel
Definisi Ukuran sampel adalah jumlah unit yang dipilih dari populasi atau suatu lingkungan.

– Pengertian Ukuran Sample
Definisi Ukuran sampel adalah jumlah peserta dalam percobaan klinis.

– Pengertian Ulkus Dekubitus
Definisi Dekubitus berasal dari kata Latin yang berarti berbaring. Ulkus dekubitus juga disebut luka tempat tidur atau luka tekanan. Kondisi ini terjadi ketika seseorang berbaring atau duduk terus dalam waktu terlalu lama sehingga mengembangkan luka dari tekanan terus-menerus pada bagian kulit.

– Pengertian Ulkus Lambung
Definisi Ulkus lambung (gastric ulcer) adalah luka terbuka pada lapisan lambung, biasanya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

– Pengertian Ulkus Peptikum
Definisi Ulkus peptikum atau tukak lambung adalah penyakit pada lapisan lambung atau duodenum, bagian pertama dari usus kecil Anda. Sakit perut seperti terbakar adalah gejala yang paling umum. Rasa sakit dapat datang dan pergi untuk beberapa hari atau minggu. Anda lebih sering merasakannya ketika perut kosong dan biasanya hilang setelah Anda makan. Ulkus peptikum terjadi ketika asam yang membantu pencernaan makanan merusak dinding lambung atau duodenum. Penyebab paling umum adalah infeksi bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi obat (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen. Stres dan makanan pedas tidak menyebabkan ulkus, tetapi dapat memperburuk kondisinya.

To top