Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tumor Karsinoid – Tusukan)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tumor Karsinoid – Tusukan) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tulang Hioid – Tumor Jinak). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tumor Karsinoid - Tusukan)

 

– Pengertian Tumor Karsinoid
Definisi Tumor karsinoid adalah kanker tumbuh lambat yang dapat timbul di beberapa tempat di seluruh tubuh Anda. Tumor karsinoid, yang merupakan salah satu anggota kelompok tumor neuroendokrin, biasanya muncul di saluran pencernaan (usus buntu, lambung, usus kecil, usus besar, rektum) dan paru-paru. Tumor karsinoid sering tidak menimbulkan tanda-tanda dan gejala sampai akhir penyakit. Tumor karsinoid dapat menghasilkan dan melepaskan hormon ke dalam tubuh Anda yang menyebabkan tanda dan gejala seperti diare atau kulit memerah. Pengobatan untuk tumor karsinoid biasanya meliputi operasi dan mungkin termasuk obat-obatan.
– Pengertian Tumor Maligna
Definisi Tumor maligna adalah sebuah tumor yang terdiri dari sel-sel kanker dari jenis yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

– Pengertian Tumor Marker
Definisi Tumor marker atau penanda tumor adalah suatu zat dalam tubuh yang dapat mengindikasikan adanya kanker. Penanda dapat disekresikan oleh tumor itu sendiri atau diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap kanker. Tumor marker dapat membantu diagnosis atau memberikan indikator kemajuan pengobatan. Tanda tersebut biasanya spesifik untuk jenis kanker tertentu. Misalnyaneuron-specific enolase (NSE) dikaitkan dengan sejumlah jenis kanker neuroblastoma tertentu. Juga alphafetoprotein sering abnormal tinggi pada pasien dengan tumor sel germinal.

– Pengertian Tumor Pankreas Polipeptida
Definisi Tumor pankreas polipeptida adalah subtipe tumor pankreas neuroendokrin yang menghasilkan produksi berlebihan dari hormon polipeptida pankreas.

– Pengertian Tumor Pleksus Koroid
Definisi Tumor pleksus koroid adalah sebuah tipe kanker pada ventrikel otak yang jarang terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak muda di bawah 2 tahun.

– Pengertian Tumor Sekunder
Definisi Tumor sekunder adalah tumor yang terbentuk sebagai akibat dari penyebaran kanker (metastasis) dari tempatnya memulai.

– Pengertian Tumor Sel Plasma
Definisi Tumor sel plasma adalah tumor yang dimulai di sel plasma (sel darah putih yang menghasilkan antibodi). Mieloma multipel,monoclonal gammopathy of undetermined significance (MGUS), dan plasmasitoma adalah jenis tumor sel plasma.

– Pengertian Tumor Tulang Benigna
Definisi Tumor tulang benigna adalah tumor tulang yang jinak, tidak menyebarkan sel-sel kanker ke bagian tubuh lain (metastasis). Kebanyakan tumor tulang adalah benigna (jinak). Ada banyak jenis tumor tulang yang jinak. Jenis yang umum meliputi:
Kista tulang sederhana
Osteokondroma
Endokondroma
Kondroblastoma
Kondromiksoid fibroma
Tumor sel raksasa
Displasia berserat

– Pengertian Tumor Tulang Maligna
Definisi Tumor tulang maligna (malignant bone tumor) adalah jenis tumor tulang yang ganas dengan kemungkinan yang tinggi untuk menyebar ke luar situs di mana awalnya berkembang. Sel-sel tumor dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah atau melalui pembuluh getah bening (metastase). Situs penyebaran tumor tulang maligna yang paling umum adalah paru-paru. Ada tiga jenis tumor tulang ganas, yaitu osteosarkoma, kondrosarkoma dan sarkoma Ewing.

– Pengertian Tumor Wilms
Definisi Tumor Wilms adalah sebuah tumor kanker yang berasal dari sel-sel ginjal.

– Pengertian Tungkai
Definisi Tungkai adalah bagian kaki yang memanjang dari bagian atas paha ke telapak kaki. Namun, dalam beberapa referensi medis tungkai hanya mengacu pada bagian kaki di bawah dengkul sampai tumit.

– Pengertian Tunneling
Definisi Tunneling (terowongan) adalah sebuah saluran atau ekstensi jauh ke dalam jaringan lunak. Tunneling menyediakan akses mudah bagi bakteriyang berpotensi menyebabkan infeksi dalam.

– Pengertian Turbinektomi
Definisi Turbinektomi adalah penghapusan sebagian atau seluruh tulang turbinat yang bengkak. Turbinat adalah dinding samping bagian dalam hidung. Turbinat seperti tirai yang menjuntai ke bawah dari sisi hidung dan berfungsi untuk melembabkan udara pernapasan yang melalui hidung. Dalam banyak kasus pembengkakan di bagian ini dapat menyumbat hidung. Pada prosedur Turbinektomi, tirai ini dipangkas agar tidak menghalangi hidung.

– Pengertian Turbinektomi
Definisi Septoplasti Turbinektomi Septoplasti adalah prosedur bedah yang mengkombinasikan turbenektomi dan septoplasti.

– Pengertian Turbinoplasti
Definisi Turbinoplasti adalah operasi untyk mengoreksi turbinat. Ada tiga turbinat pada setiap sisi hidup (bawah, menengah, dan atas), dan tugas mereka adalah membersihkan dan melembabkan udara ketika bergerak melalui hidung ke paru-paru. Turbinoplasti memperbaiki masalah sumbatan hidung dengan mengurangi ukuran turbinat sehingga menurunkan resistensi saluran napas sambil menjaga fungsi alaminya.

– Pengertian Turniket
Definisi Turniket adalah alat untuk menghentikan perdarahan, yang terdiri dari papan atau bilah yang memberikan tekanan ke pembuluh darah dengan sebuah ikatan yang diperketat.

– Pengertian Tusukan
Definisi Tulang Belakang Tusukan/injeksi tulang belakang adalah jarum khusus yang ditempatkan ke dalam punggung bagian bawah, ke kanal tulang belakang. Ini adalah daerah di sekitar sumsum tulang belakang. Tekanan dalam kanal tulang belakang dan otak kemudian diukur. Sejumlah kecil cairan otak tulang belakang (Cerebral Spinal Fluid/CSF) dapat diambil dan dikirim untuk pengujian untuk menentukan apakah ada infeksi atau masalah lainnya. CSF adalah cairan yang menggenangi otak dan sumsum tulang belakang.

To top