Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Trombus – Tulang Enkondral)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Trombus – Tulang Enkondral) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tripanosomiasis – Trombositosis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Trombus - Tulang Enkondral)

– Pengertian Trombus
Definisi Trombus adalah bekuan darah di pembuluh darah atau dalam jantung. Dari kata Yunani “thrombo” yang berarti benjolan atau gumpalan, atau dadih atau gumpalan susu.

– Pengertian Tropozoit
Definisi Tropozoit (trophozoite) adalah bakteri atau protozoa, terutama dari kelas sporozoa, yang berada pada tahap aktif dalam siklus hidupnya.

– Pengertian Tuba Estachius
Definisi Tuba estachius adalah tabung yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan nasofaring. Juga disebut tuba faringotimpanik.

– Pengertian Tuba Eustakius
Definisi Tuba eustakius adalah tabung kecil yang berasal dari telinga dan mengalir ke belakang tenggorokan. Tabung ini biasanya berfungsi untuk menahan kuman yang tidak diinginkan dan mengeluarkan kotoran. Jika tabung ini terlalu kecil atau tersumbat oleh cairan dan lendir, bakteri atau mikroba lain mungkin bisa masuk telinga dan menyebabkan infeksi.

– Pengertian Tuba Falopi
Definisi Tuba falopi adalah sepasang tabung yang mengantarkan telur dari ovarium ke rahim. Pembuahan normal terjadi di dalam struktur ini.

– Pengertian Tuberkel Montgomery
Definisi Tuberkel Montgomery adalah kelenjar sebaseus dari areola yang membesar oleh kelenjar susu selama kehamilan akhir dan menyusui.

– Pengertian Tuberkulosis
Definisi Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang pernah menjadi pembunuh utama di seluruh dunia. Organisme TB dominan adalah Mycobacterium tuberculosis (M. tuberculosis), yang biasanya menginfeksi paru-paru. Penyebaran orang-ke-orang melalui tetesan udara yang disebabkan oleh bersin atau batuk. Namun, karena perbaikan nutrisi, perumahan, sanitasi, perawatan medis, dan pengenalan antibiotik abad ini, kasus TB di seluruh dunia telah menurun secara dramatis.

– Pengertian Tuberositi Tibial
Definisi Tuberositi tibial (tibial tuberosity) adalah tulang menonjol di bagian depan atas tulang kering yang menjadi tempat lampiran tendon patela dan dapat terkena penyakit Osgood-Schlatter.

– Pengertian Tuberous Sclerosis
Definisi Tuberous Sclerosis adalah penyakit herediter dengan manifestasi multiorgan. Gejala yang tipikal adalah serangan epilepsi, autisme, gangguan kulit, dan tumor ginjal.

– Pengertian Tubulus Kolektivus
Definisi Tubulus kolektivus, disebut juga duktus kolektivus (collecting duct) atau duktus Bellini, adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke saluran yang lebih besar yaitu renal pelvis (pelvis renalis), lalu ureter dan kandung kemih. Tubulus kolektivus terhubung dengan tubulus nefron (tubulus renalis) di lapisan luar dari ginjal yang disebut korteks. Setiap tubulus kolektivus memiliki panjang sekitar 20-22 milimeter dan diameter sekitar 20-50 mikron. Dinding tubulus tersusun dari sel-sel seperti rambut (flagela) yang membantu mengalirkan urin melalui tabung.

– Pengertian Tubulus Renalis
Definisi Tubulus renalis adalah bagian dari nefron yang berbentuk tabung untuk menyaring darah dan menghasilkan urin. Struktur tubulus renalis dapat dibagi menjadi tiga bagian, bagian depan yang meliuk-liuk (konvolusi) disebut tubulus konvulatus proksimal (atau tubulus renalis proksimal), kemudian melengkung mulus seperti huruf U (disebut lengkung Henle), dan bagian akhir sebelum bertemu dengan tubulus kolektivus yang disebut tubulus konvulatus distal (atau tubulus renalis distal).

– Pengertian Tukak Lambung
Definisi Tukak Lambung Lihat ulkus peptikum

– Pengertian Tulang Alveolar
Definisi Tulang alveolar adalah tulang di sekitar akar gigi yang menahan gigi di tempatnya. Kehilangan tulang ini biasanya terkait dengan penyakit gusi yang parah.

– Pengertian Tulang Dada
Definisi Tulang dada, lihat sternum.

– Pengertian Tulang Enkondral
Definisi Tulang enkondral (enchondral bone) adalah tulang yang tumbuh pada dan menggantikan kartilago, yang rusak sebagian atau seluruhnya oleh proses kalsifikasi. Enkondral berarti “di dalam kartilago”.

To top