Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tripanosomiasis – Trombositosis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tripanosomiasis – Trombositosis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tremor Fisiologis – Trimetilaminuria). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tripanosomiasis - Trombositosis)

– Pengertian Tripanosomiasis
Definisi Tripanosomiasis (penyakit tidur Afrika) adalah infeksi parasit yang disebarkan melalui gigitan lalat tsetse. Gigitan itu sendiri sangat menyakitkan, dan pada tahap awal sakit kemerahan muncul di tempat gigitan. Dalam minggu-minggu berikutnya, pasien mengalami demam, ruam, kelelahan ekstrim, pembengkakan sekitar mata dan tangan, nyeri otot dan sendi, sakit kepala parah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan penurunan berat badan. Bila penyakit berlanjut, sistem saraf pusat terserang dan kematian dapat terjadi. Disebut sebagai “penyakit tidur” adalah karena orang yang terinfeksi oleh parasit ini akan tidur siang hari, sepanjang hari, dan insomnia di malam hari.

– Pengertian Trisep
Definisi Trisep adalah otot di bagian luar lengan atas. Otot ini bertanggung jawab untuk peregangan siku dan mendapatkan namanya dari tiga bundel serat otot yang menyusunnya.

– Pengertian Trofoblas
Definisi Trofoblas adalah epitel korion, termasuk yang menutupi vili plasenta, yang terdiri dari lapisan seluler (sitotrofoblas) dan sinsitium (sinsitiotrofoblas).

– Pengertian Trombin
Definisi Trombin adalah sebuah enzim yang terbentuk dari protrombin yang mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Enzim ini tidak hadir dalam sirkulasi darah.
– Pengertian Trombloplastin
Definisi Trombloplastin adalah zat yang memulai proses pembekuan darah. Zat ini dilepaskan dari jaringan yang cedera dan/ atau dibentuk oleh disintegrasi trombosit bersama dengan beberapa faktor plasma.

– Pengertian Tromboembolisme
Definisi Tromboembolisme adalah formasi gumpalan (trombus) dalam pembuluh darah yang lepas dan dibawa oleh aliran darah untuk menyumbat pembuluh darah lain. Gumpalan ini dapat menyumbat pembuluh darah di paru-paru (embolisme paru), otak (stroke), saluran pencernaan, ginjal, atau kaki. Tromboembolisme merupakan penyebab penting morbiditas (penyakit) dan mortalitas (kematian), terutama pada orang dewasa. Pengobatannya mungkin melibatkan antikoagulan (pengencer darah, misalnya warfarin), aspirin, atau vasodilator (obat yang mengendurkan dan memperlebar pembuluh).

– Pengertian Trombopoiesis
Definisi Trombopoiesis adalah pembentukan trombosit.

– Pengertian Trombopoietin
Definisi Trombopoietin adalah sitokin yang merangsang produksi trombosit.

– Pengertian Trombosis
Definisi Trombosis adalah pengembangan pembekuan darah dalam pembuluh darah atau jantung.

– Pengertian Trombosis Arteri Hepatik
DEfinisi Trombosis arteri hepatik adalah pembentukan bekuan pada arteri hepatik.

– Pengertian Trombosis Vena Dalam
Definisi Trombosis vena dalam (deep vein thrombosis) adalah pembentukan bekuan darah di vena dalam. Tempat yang paling umum adalah pada kaki bagian bawah, namun kondisi ini dapat terjadi di bagian lain dari tubuh, misalnya lengan.

– Pengertian Trombosis Vena Ginjal
Definisi Trombosis vena ginjal adalah gumpalan darah di pembuluh yang membawa darah dari ginjal. Kondisi ini dapat terjadi pada orang dengan sindrom nefrotik.

– Pengertian Trombosit
Definisi Trombosit (platelet) adalah jenis sel darah yang bertanggung jawab untuk penggumpalan darah normal. Trombosit umumnya berdiameter 2-3 mikron, tetapi bentuk yang besar muncul ketika produksi meningkat. Produksi trombosit dikendalikan oleh thrombopoietin. Trombosit bertahan selama 8-10 hari dan jumlah tertinggi terjadi selama tengah hari. Beberapa obat dapat meningkatkan jumlah trombosit dengan merangsang produksi thrombopoietin.

– Pengertian Trombositopenia
Definisi Trombositopenia adalah jumlah trombosit abnormal rendah, yang dapat mengakibatkan perdarahan abnormal dan mudah memar.

– Pengertian Trombositosis
Definisi Trombositosis adalah peningkatan trombosit darah.

To top