Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Teror Malam – Tes Elastase Tinja)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Teror Malam – Tes Elastase Tinja) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Terapi Restoratif – Termoterapi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Teror Malam - Tes Elastase Tinja)

– Pengertian Teror Malam
Definisi Teror malam (night terror), juga dikenal sebagai teror tidur atau nokturnus pavor, adalah gangguan tidur parasomnia yang ditandai oleh teror yang ekstrim dan ketidakmampuan sementara untuk mendapatkan kembali kesadaran penuh. Penderitanya bangun tiba-tiba dari tahap keempat tidur, biasanya disertai dengan nafas terengah-engah, merintih, atau berteriak. Seringkali mustahil untuk membangunkan orang tersebut, dan setelah episode dia biasanya kembali tertidur tanpa terbangun.

– Pengertian Terpene
Definisi Terpene adalah hidrokarbon tak jenuh yang diperoleh dari tanaman. Isomerik hidrokarbon ini memiliki bau aromatik yang menyenangkan, yang terdapat terutama pada tanaman konifer.

– Pengertian Tes Allochiria
Definisi Tes Allochiria adalah tes kesalahan dalam mengidentifikasi kiri dari kanan yang membantu menemukan lesi dekat girus angularis (area otak yang merupakan pusat integrasi sensorik dan informasi terkait).

– Pengertian Tes Ames
Definisi Tes Ames adalah tes bakterial untuk mendeteksi mutagenesis, digunakan untuk mendeteksi dan menapis senyawa yang berpotensi karsinogenik.

– Pengertian Tes Amplifikasi Asam Nukleat
Definisi Tes amplifikasi asam nukleat (NAAT) adalah tes yang digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan bakteri atau virus dengan mencari keberadaan materi genetiknya. NAAT lebih cepat daripada metode tradisional diagnosis infeksi bakteri atau virus yang mengidentifikasi keberadaan antibodi.

– Pengertian Tes Anosognia
Definisi Tes Anosognosia adalah tes di mana, dalam kasus lesi lobus frontalis dan parietalis non-dominan sisi, pasien tidak menyadari kelumpuhannya dari sisi atau anggota tubuh yang terkena.

– Pengertian Tes Antibodi Antisperma
Definisi Tes antibodi antisperma adalah sebuah tes di mana darah wanita dan air mani pria pasangannya diperiksa untuk mendeteksi antibodi terhadap sperma. Antibodi dapat berkontribusi terhadap infertilitas.

– Pengertian Tes Autopagnosia
Definisi Tes autopagnosia adalah tes di mana pasien diminta untuk menahan, menunjuk dan mengidentifikasi bagian-bagian tubuh seperti jari, tangan, dll. Lesi lobus parietalis menyebabkan autopagnosia, pasien dapat gagal dalam identifikasi bagian-bagian tubuhnya atau bahkan mengidentifikasi tangan pemeriksa sebagai miliknya.

– Pengertian Tes Baresthesia
Definisi Tes Baresthesia adalah tes untuk lesi lobus parietalis, di mana pasien memegang, dengan mata tertutup, dua beban yang tidak setara seberat satu sampai dua gram. Orang normal umumnya dapat membedakan antar beban. Sensasi berat badan bisa hilang dalam tungkai kontralateral. (Lihat juga stereognosis).

– Pengertian Tes Bidang Visual
Definisi Tes bidang visual adalah tes yang digunakan untuk menguji dan memantau penglihatan tepi. Hal ini memberikan informasi yang sangat penting tentang fungsi neurologis dari retina, saraf optik, dan otak. Tes ini biasanya dipesan dokter untuk memantau penyakit mata tertentu seperti glaukoma, dan juga sebagai tes skrining sebelum operasi.

– Pengertian Tes Coombs
Definisi Tes Coombs adalah tes untuk mendeteksi antibodi sel darah merah.

– Pengertian Tes Darah Lengkap
Definisi Tes darah lengkap adalah tes yang mengukur:
Jumlah sel darah merah (eritrosit)
Jumlah sel darah putih (leukosit)
Jumlah total hemoglobin dalam darah
Proporsi darah yang terdiri dari sel darah merah (hematokrit)
Tes darah lengkap juga menyediakan informasi tentang rata-rata ukuran sel darah merah, jumlah hemoglobin per sel darah merah, jumlah hemoglobin relatif terhadap ukuran sel (konsentrasi hemoglobin) per sel darah merah dan jumlah trombosit.

– Pengertian Tes Diagnostik
DefinisiTes diagnostik adalah sebuah prosedur untuk memberikan informasi tentang kondisi seseorang yang membantu penyedia layanan kesehatan untuk membuat diagnosis. Tes diagnostik menyediakan informasi tentang apakah seseorang memiliki atau tidak memiliki penyakit tertentu.

– Pengertian Tes DNA
Definisi Tes DNA adalah tes laboratorium untuk pengujian DNA. DNA atau asam deoksiribonukleat adalah molekul yang memiliki informasi genetik seseorang dan ditemukan di setiap sel dalam tubuh seseorang.

– Pengertian Tes Elastase Tinja
Definisi Tes elastase tinja (fecal elastase test) adalah pengujian untuk mengukur elastase, enzim yang ditemukan dalam cairan yang diproduksi oleh pankreas. Elastase mencerna dan menguraikan berbagai macam protein. Selama pengujian ini, sampel tinja dianalisis untuk mengukur tingkat elastasenya, yang mencerminkan fungsi pankreas.

loading...

Comments are closed.