Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Strain – Stridor)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Strain – Stridor) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stereotactic Radiosurgery – Strabismus). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Strain - Stridor)

– Pengertian Strain
Definisi Strain atau galur adalah sebuah versi khusus dari suatu organisme. Banyak penyakit, termasuk HIV/AIDS dan hepatitis, yang memiliki beberapa strain.

– Pengertian Stratum Germinativum
Definisi Stratum germinativum (stratum Basale, lapisan sel basal) adalah lapisan keratinosit yang terletak di dasar epidermis tepat di atas dermis. Lapisan ini terdiri dari sel-sel kolumnar epitel sederhana yang menempel di membran basal. Sel-sel ini mengalami pembelahan sel (mitosis) yang cepat untuk mengisi kehilangam rutin kulit. Sekitar 25%-nya terdiri dari sel melanosit, yang memproduksi melanin untuk pigmentasi kulit dan rambut.

– Pengertian Stratum Granulosum
Definisi Stratum granulosum adalah lapisan epidermis yang terletak di bawah lapisan spinosum dan di atas stratum lusidum. Lapisan ini biasanya berisi 1 sampai 3 baris sel skuamosa dengan banyak butiran kecil di sitoplasma basofilik. Butiran keratohialin ini adalah tahapan dalam sintesis protein keratin yang kedap air dan mengandung sejumlah besar filagrin.

– Pengertian Stratum Korneum
Definisi Stratum korneum adalah lapisan terluar epidermis yang terutama terdiri dari sel-sel mati yang tidak memiliki inti. Sel-sel mati ini terus-menerus diganti oleh sel-sel baru dari stratum germinativum (stratum basale). Sel-sel dari stratum lorneum mengandung keratin, sebuah protein yang membantu menjaga hidrasi kulit dengan mencegah penguapan air. Selain itu, sel-sel ini juga dapat menyerap air, yang membantu hidrasi lebih lanjut dan menjelaskan mengapa manusia dan hewan lain mengalami kerutan pada kulit di jari tangan dan kaki ketika berendam dalam air untuk waktu yang lama.

– Pengertian Stratum Lusidum
Stratum lusidum adalah lapisan tipis transparan dari sel kulit mati pada epidermis. Lapisan ini ditemukan di bawah stratum korneum kulit tebal, seperti pada telapak tangan dan telapak kaki. Keratinosit dari stratum lusidum tidak memiliki batas-batas tegas dan penuh dengan eleidin, bentuk peralihan keratin. Sel-sel dari stratum lusidum rata dan mengandung zat berminyak yang merupakan hasil dari disintegrasi lisosom. Zat inilah yang memberikan sifat tahan air stratum lusidum sehingga juga disebut lapisan penghalang kulit.

– Pengertian Stratum Papilare
Definisi Lapisan papilare adalah bagian atas dari dermis tepat di bawah epidermis. Bagian ini ditandai dengan serat kolagen tipis yang menyebar tak beraturan, serat elastis tipis dan massa pendukung.

– Pengertian Stratum Retikulare
Definisi Stratum retikulare atau lapisan retikular adalah lapisan dermis yang terdiri dari jaringan ikat dengan serabut kolagen yang kasar dan berkas serabut yang jalin-menjalin seperti jaring. Lapisan ini sangat padat dengan pembuluh darah, serabut saraf, sel-sel adiposa, kelenjar minyak, dan reseptor untuk tekanan dalam. Bagian terbawah lapisan ini mengandung serabut otot polos dan folikel rambut.

– Pengertian Stratum Spinosum
Definisi Stratum spinosum adalah lapisan epidermis yang terdiri dari sel-sel banyak sisi (polihedral) yang saling jalin-menjalin. Proses sintesis protein dan pembentukan sel-sel baru terjadi di lapisan ini, yang didorong ke permukaan untuk menggantikan sel-sel mati pada stratum korneum.

– Pengertian Stres
Definisi Stres adalah istilah yang mengacu pada gabungan tekanan fisik, mental, dan emosional pada seseorang. Perasaan stres pada manusia adalah hasil interaksi antara diri dan lingkungan yang dianggap menekan atau melebihi kapasitas adaptif dan mengancam kesejahteraannya. Respon stres setiap orang berbeda-beda, yang mencerminkan perbedaan dalam kepribadian dan kemampuan fisik atau kesehatannya.

– Pengertian Stres Oksidatif
Definisi Stres oksidatif adalah kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi oksigen reaktif dengan kemampuan sistem biologi (misalnya tubuh manusia) untuk mendetoksifikasinya atau segera memperbaiki kerusakan yang ditimbulkannya. Stress oksidatif dapat menyebabkan kerusakan komponen sel-sel, termasuk protein, lipid, dan DNA melalui produksi peroksida dan radikal bebas yang berlebihan.

– Pengertian Stress Test
Definisi Stress test adalah sebuah tes diagnostik yang mengharuskan pasien untuk mengangkat sesuatu atau melakukan olahraga untuk menentukan apakah urin akan menetes ketika stres ditempatkan pada otot-otot kandung kemih.

– Pengertian Stresor
Definisi Stresor (stressor) adalah stimulus atau peristiwa yang menimbulkan respon stres pada organisme. Stresor dapat dikategorikan sebagai akut atau kronis, eksternal atau internal terhadap organisme. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-IV-TR) mendefinisikan stresor psikososial sebagai “setiap peristiwa hidup atau perubahan hidup yang mungkin terkait secara temporal (dan mungkin kausal) dengan onset, peristiwa, atau eksaserbasi gangguan mental”.

– Pengertian Stretchmark
Definisi Stretchmark (tanda peregangan) adalah garis-garis kulit pink kemerahan yang biasanya ditemukan di sekitar kaki dan perut sebagai hasil dari kenaikan berat badan yang cepat. Sangat umum pada kehamilan.

– Pengertian Striae Gravidarum
Definisi Striae gravidarum adalah garis yang terlihat pada kulit perut wanita hamil.

– Pengertian Stridor
Definisi Stridor adalah respirasi bernada tinggi, berisik seperti hembusan angin, sebuah tanda obstruksi saluran pernapasan, terutama pada trakea atau laring.

loading...

Comments are closed.