Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stereotactic Radiosurgery – Strabismus)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stereotactic Radiosurgery – Strabismus) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Staphylococcus – Stent Prostat). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Stereotactic Radiosurgery - Strabismus)

– Pengertian Stereotactic Radiosurgery
Definisi Stereotactic radiosurgery atau bedah radiasi stereotaktik adalah jenis pengobatan yang memungkinkan radiasi dosis tinggi pada daerah kecil di otak. Perawatan ini menggunakan frame khusus untuk menjaga kepala pasien dan mungkin memerlukan rawat inap di rumah sakit semalam untuk pemantauan.

– Pengertian Steril
Definisi Steril adalah kata sifat yang berarti: Bebas dari kuman atau mikroorganisme hidup
Tak mampu menghasilkan keturunan, tidak menghasilkan keturunan, infertil.

– Pengertian Sterilitas
Definisi Sterilitas (sterility) adalah infertilitas yang bersifat permanen. Bisa juga mengacu pada kondisi bebas kuman (steril).

– Pengertian Sternum
Definisi Sternum adalah tulang yang pipih, sempit dan panjang di tengah-tengah dada, dengan posisi vertikal. Tulang dada melekat ke tulang rusuk yang melindungi organ-organ internal vital seperti jantung, perut, hati dan paru-paru. Sternum terdiri dari bagian kepala atau manubrium sterni (hulu), korpus sterni (badan), dan prosesus sifoideus (taju pedang). Persimpangan manubrium dan korpus disebut angulus sterni/sudut sterni/sudut louis.

– Pengertian Steroid
Definisi Steroid adalah setiap molekul, termasuk hormon, yang mengandung cincin karbon dengan susunan tertentu. Beberapa steroid yang umum di antaranya: steroid seks, kortikosteroid, steroid anabolik dan kolesterol. Banyak hormon-hormon penting seperti estrogen dan testosteron adalah steroid.

– Pengertian Steroid Anabolik
Definisi Steroid anabolik adalah steroid yang mempromosikan pertumbuhan jaringan dengan menciptakan protein untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Anabolik steroid utama adalah testosteron (hormon seks laki-laki). Steroid anabolik sintetis pada awalnya digunakan untuk mengobati hipogonadisme pada laki-laki, kehilangan massa otot pada pasien yang lemah oleh penyakit, dan anemia berat. Kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan efek membangun otot pada atlet.

– Pengertian Sterol
Definisi Sterol adalah setiap kelas dari alkohol siklik padat, ditemukan baik pada tanaman (misalnya, kampesterol, stigmasterol, beta-sitosterol) maupun hewan (misalnya, kolesterol).

– Pengertian Stetoskop
Definisi Stetoskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan suara volume rendah seperti detak jantung (atau usus, vena, atau suara janin) ke telinga pendengar. Stetoskop dapat terdiri dari dua earpiece yang terhubung melalui tabung fleksibel ke diafragma yang ditempatkan di kulit pasien.

– Pengertian Stetoskop Laennec
Definisi Stetoskop laennec adalah stetoskop yang dirancang khusus untuk dapat mendengarkan detak jantung janin secara manual pada usia kehamilan 17-22 minggu.

– Pengertian Stimulasi Ovarium
Definisi Stimulasi ovarium adalah penggunaan obat-obatan untuk merangsang ovarium agar mengembangkan folikel dan telur.

– Pengertian Stimulasi Ovarium Terkontrol
Definisi Stimulasi ovarium terkontrol (controlled ovarium stimulation): untuk teknologi reproduksi berbatuan, adalah terapi farmakologis di mana wanita distimulasi untuk menginduksi pengembangan folikel ovarium multipel guna mendapatkan beberapa oosit pada aspirasi folikular.
untuk non-teknologi reproduksi berbantuan, adalah terapi farmakologis di mana ovarium wanita distimulasi untuk menghasilkan lebih dari satu oosit.

– Pengertian Stoma Kemih
Definisi Stoma kemih (urinary stoma) adalah sebuah lubang kecil dibuat dengan pembedahan pada bagian luar tubuh. Stoma memungkinkan kandung kemih dikosongkan dengan menggunakan kateter atau kantong.

– Pengertian Stoma Uriner
Definisi Stoma uriner adalah sebuah lubang kecil pembedahan yang dilakukan pada bagian luar tubuh. Stoma memungkinkan kandung kemih dikosongkan menggunakan kateter atau ampul.

– Pengertian Stomatitis
Definisi Stomatitis adalah radang dan bisul di mulut, yang mungkin ringan dan lokal atau berat dan meluas. Kondisi ini selalu menyakitkan dan mungkin melibatkan pembengkakan dan kemerahan pada mukosa mulut, borok yang menyakitkan (tunggal atau ganda). Karena menghambat makan, stomatitis kadang-kadang menyebabkan dehidrasi dan malnutrisi. Stomatitis dapat disebabkan oleh infeksi lokal, penyakit sistemik, iritasi fisik atau kimia, atau reaksi alergi. Banyak juga kasus yang idiopatik (tidak diketahui sebabnya). Karena aliran normal air liur melindungi mukosa terhadap kerusakan, xerostomia seringkali mengawali stomatitis.

– Pengertian Strabismus
Definisi Strabismus adalah gangguan visual di mana mata tidak sinkron dan titik fokus menuju ke arah yang berbeda. Ketidaksinkronan ini dapat selalu hadir atau datang dan pergi. Kadang-kadang, hanya satu mata yang terkena dengan pandangan balik ke dalam (esotropia), ke luar (eksotropia) atau ke bawah, sedangkan mata yang lain mengarah lurus ke depan. Strabismus adalah kondisi umum pada anak-anak. Posisi normal kedua mata selama masa anak-anak memungkinkan otak untuk memadukan dua gambar menjadi sebuah gambar 3-dimensi tunggal. Strabismus dapat menghalangi perkembangan visual normal dan menyebabkan ambliopia atau pandangan berkurang pada satu mata. Jika visi berkurang, otak anak hanya akan belajar untuk mengenali gambar yang lebih kuat dan mengabaikan gambar dari mata yang lebih lemah (ambliopik). Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan hilangnya persepsi kedalaman dan, jika tidak diobati sebelum usia 6-7 tahun, dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan permanen pada mata yang terkena. Jika strabismus berkembang pada orang dewasa, pasien akan sering mengalami penglihatan ganda karena otak telah terlatih untuk menerima bayangan dari kedua mata. Penyebab pasti dari ketidakselarasan mata yang mengarah ke strabismus tidak sepenuhnya dipahami. Enam otot mata mengontrol pergerakan mata dan melekat pada bagian luar masing-masing mata. Dua otot pada setiap mata menggerakkan mata ke kanan atau kiri sementara empat otot lainnya menggerakkan ke atas atau bawah dan kontrol gerakan miring. Untuk fokus kedua mata pada satu sasaran, semua otot mata harus bekerja sama dengan otot-otot mata yang sesuai dari arah berlawanan. Otak mengkoordinasi otot-otot mata ini. Katarak atau cedera mata yang mempengaruhi visi juga dapat menyebabkan strabismus.


Comments are closed.