Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Staphylococcus – Stent Prostat)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Staphylococcus – Stent Prostat) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Spiral Archimedes – Stapes). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Staphylococcus - Stent Prostat)

– Pengertian Staphylococcus
Definisi Staphylococcus (dari bahasa Yunani “staphyle” yang berarti sekelompok anggur dan “coccos” yang berarti butiran) adalah genus dari bakteri Gram-positif. Di bawah mikroskop, mereka terlihat berbentuk bulat (coccus), dan mengelompok seperti anggur. Dalam genus Staphylococcus terdapat tiga puluh satu spesies. Kelompok bakteri ini menyebabkan banyak penyakit. Mereka dapat menyebabkan penyakit secara langsung oleh infeksi atau secara tidak langsung melalui produk yang mereka hasilkan, misalnya racun yang menyebabkan keracunan makanan.

– Pengertian Stasis
Definisi Stasis adalah penyumbatan atau perlambatan dalam aliran darah (atau cairan tubuh lainnya seperti getah bening).

– Pengertian Statin
Definisi Statin adalah golongan obat resep untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Statin mengurangi produksi kolesterol oleh hati dengan memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk membuat kolesterol. Enzim ini disebut hydroxy-methylglutaryl-coenzyme A reductase (HMG-CoA reductase). Secara medis, statin disebut sebagai inhibitor reduktasi HMG-CoA. Selain menurunkan kolesterol, statin juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah stroke atau serangan jantung, pada orang yang sudah memiliki penyakit jantung. Statin dipasarkan sebagai produk dengan merek Lipitor (atorvastatin), Lescol (fluvastatin), Mevacor (lovastatin), Altoprev (lovastatin extended-release), Livalo (pitavastatin), Pravachol (pravastatin), Crestor (rosuvastatin), Zocor (simvastatin), Advicor (lovastatin / niacin extended-release), Simcor (simvastatin / niacin extended-release), dan Vytorin (simvastatin / ezetimibe).

– Pengertian Statistik
Deifnisi Statistik adalah sebuah cabang matematika yang berkaitan dengan pengumpulan, peninjauan, perangkuman, dan penafsiran data atau informasi.

– Pengertian Status
Definisi Status adalah keadaan atau kondisi yang biasanya morbid (parah, fatal, mematikan).

– Pengertian Status Asmatikus
Definisi Status asmaikus adalah serangan asma akut  yang sangat parah, berkepanjangan, dan tidak merespon terapi biasa secara memadai. Hal ini disebabkan oleh penyempitan saluran napas akibat bronkospasme yang sedang berlangsung, edema, dan penyumbatan lendir. Kondisi ini bisa diikuti hipoksia, sianosis, dan sinkop yang bisa berakhir fatal. Terapi untuk status asmatikus termasuk bantuan oksigen, bronkodilator intravena atau inhalasi aerosol, kortikosteroid, ventilasi mekanik, sedasi, dan dukungan emosional.

– Pengertian Status Epileptikus
Definisi Status epileptikus adalah kejang epilepsi berkelanjutan, biasanya berlangsung lebih dari 30 menit tanpa jeda kesadaran. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan otak.

– Pengertian Status Limfatikus
Definisi Status limfatikus, atau status timikolimfatikus, adalah hiperplasia jaringan limfoid, terutama timus, pada anak. Kondisi ini diduga bertanggung jawab atas beberapa kasus kematian tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan dari penyebab sepele seperti ekstraksi gigi.

– Pengertian Stenosis Aorta
Definisi Stenosis aorta (aortic stenosis) adalah penyumbatan katup aorta yang disebabkan penuaan, penyakit (seperti demam rematik), atau kelahiran cacat. Bila obstruksi katup mencapai tingkat kritis, gejala seperti pusing, sesak napas, pingsan selama aktivitas, atau kematian mendadak dapat terjadi. Satu-satunya pengobatan yang efektif untuk stenosis aorta berat adalah katup baru.

– Pengertian Stenosis Arteri Hepatik
Definisi Stenosis arteri hepatik adalah penyempitan arteri hepatik.

– Pengertian Stenosis Mitral
Definisi Stenosis mitral adalah penyempitan katup mitral yang mengakibatkan obstruksi untuk aliran darah dari atrium kiri ke ventrikel kiri. Penyebab utama stenosis mitral pada dewasa adalah penyakit jantung rematik. Dalam kasus ini, demam rematik akut kanak-kanak menyebabkan katup mitral mengkalsifikasi dan menebal, yang mengarah ke penyempitan progresif ke dalam ventrikel kiri.. Stenosis mitral dapat dideteksi dengan mendengarkan jantung: suara pertama berat, sedangkan suara kedua diikuti oleh suatu sentakan pembuka dari katup. Selain itu, suara gemuruh dapat didengar selama diastol (saat jantung berelaksasi antara denyut). Ekokardiografi dapat mengungkapkan katup mitral yang menebal.

– Pengertian Stenosis Pilorik
Definisi Stenosis pilorik adalah penyempitan pembukaan antara perut dan usus kecil. Kondisi ini menyebabkan muntah kuat pada bayi dan harus dikoreksi melalui pembedahan.

– Pengertian Stenosis Saluran Telinga
Definisi Stenosis saluran telinga adalah kondisi di mana saluran telinga lebih kecil dari yang diharapkan. Hal ini terjadi dalam situasi tertentu seperti Down Syndrome.

– Pengertian Stent
Definisi Stent (cincin) adalah perangkat yang dimasukkan ke area penyumbatan kolesterol dalam pembuluh darah yang sakit dan kemudian diperluas. Stent tetap berada di tempatnya secara permanen, menjadi penyangga agar pembuluh darah tetap terbuka. Prosedur ini tidak melibatkan operasi atau pemotongan karena menggunakan kateter untuk menempatkan stent.

– Pengertian Stent Prostat
Definisi Stent Prostat adalah perangkat kawat yang mengembang yang disisipkan melalui sitoskop untuk mendorong jaringan prostat sehingga membuka jalan yang memungkinkan untuk buang air kecil lebih mudah.


Comments are closed.