Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Retinitis – Reumatologi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Retinitis – Reumatologi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Respon – Retina). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Retinitis - Reumatologi)

– Pengertian Retinitis
Definisi Retinitis adalah
peradangan retina.

– Pengertian Retinitis Pigmentosa
Definisi Retinitis pigmentosa (RP) adalah
sebuah gangguan genetik yang menyebabkan degenerasi sel-sel di retina. Jika parah, mungkin menyebabkan kebutaan.

– Pengertian Retinoblastoma
Definisi Retinoblastoma adalah
kanker retina (belakang mata).

– Pengertian Retinol Activity Equivalent
Definisi Retinol Activity Equivalent (RAE) adalah
satuan yang relatif baru untuk mengekspresikan aktivitas vitamin A. Satu mcg RAE adalah setara dengan 1 mcg trans-retinol, 12 mcg trans-beta-karoten, atau 24 mcg provitamin A karotenoid lainnya. Faktor-faktor konversi RAE didasarkan pada studi terbaru yang menunjukkan bahwa konversi provitamin A karotenoid menjadi retinol hanya setengah dari besaran yang diduga sebelumnya.

– Pengertian Retinol.
Definisi Retinol. adalah
nama lain vitamin A.

– Pengertian Retinopati
Definisi Retinopati adalah
penyakit retina yang mengakibatkan kerusakan atau hilangnya penglihatan.

– Pengertian Retinopati Diabetik
Definisi Retinopati diabetik adalah
kerusakan progresif pembuluh darah di retina yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi (hiperglikemia). Sebagai komplikasi umum dari diabetes mellitus, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan lainnya. Retinopati diabetik terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk retinopati non-proliferatif, makulopati diabetik dan retinopati proliferatif. Retinopati non-proliferatif terjadi pada tahap awal penyakit. Kapiler kecil di retina dapat melemah atau hancur, darah bocor yang kemudian membentuk titik-titik seperti perdarahan. Makulopati dapat berkembang ketika akumulasi cairan di bagian tengah retina (makula) menyebabkan penebalan jaringan, pembengkakan (edema makula) dan perdarahan yang luas, menyebabkan penglihatan kabur, terdistorsi atau berkurang. Pada tahap selanjutnya, karena arteri tidak berfungsi dengan baik untuk membawa oksigen ke sel-sel mata, sel-sel retina menjadi iskemik (kekurangan oksigen). Berikutnya, pembuluh-pembuluh darah baru yang lemah tumbuh (neovaskularisasi). Pertumbuhan pembuluh darah abnormal dapat menyebabkan bintik-bintik (floater), hemoragi vitreous atau glaukoma. Akhirnya, pembuluh darah ekstra terus tumbuh, yang juga terus bocor, bekas luka dapat membentuk, dan retina dapat melepaskan diri dari membran di belakang mata, menyebabkan kebutaan.

– Pengertian Retinopati Diabetik Proliferatif
Definisi Retinopati diabetik proliferatif adalah
neovaskularisasi (pertumbuhan pembuluh darah baru) yang biasanya keluar dari retina dan di sepanjang permukaan vitreous atau rongga vitreous, yang menyebabkan pembentukan jaringan parut pada permukaan retina (sehingga dapat menyebabkan retina robek dan lepas) dan bocornya darah dari pembuluh baru yang rapuh ke mata (perdarahan vitreous) yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah atau kebutaan.

– Pengertian Retinopati Hipertensif
Definisi Retinopati Hipertensif adalah
penyakit retina dan pembuluh darah retina yang terjadi karena tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol membuat pembuluh darah retina menyempit dan bocor. Retina dapat menjadi kekurangan oksigen atau tertutup cairan. Perubahan ini dapat mengurangi kemampuan penglihatan Anda dan menyebabkan masalah kesehatan mata lainnya termasuk pembengkakan saraf optik dan stroke mata.

– Pengertian Retinopati Proliferasi
Definisi Retinopati proliferasi adalah
suatu kondisi di mana pembuluh darah baru yang rapuh tumbuh di sepanjang retina dan di vitreus humor mata.

– Pengertian Retinoskop
Definisi Retinoskop (retinoscope)adalah
perangkat untuk mengukur kesalahan refraksi mata dengan ketiadaan respon yang diperlukan dari pasien. Dalam alat ini, cahaya diproyeksikan ke mata dan gerak pantulan cahaya dari mata dinetralkan (dihilangkan) dengan lensa.

– Pengertian Retrokolis
Definisi Retrokolis adalah
tortikolis spasmodik dimana kepala ditarik ke belakang.

– Pengertian Retroperitoneum
Definisi Retroperitoneum adalah
area di belakang peritoneum, tudung dari usus. Ginjal dan kelenjar adrenal terletak pada daerah retroperitoneum.

– Pengertian Retrovirus
Definisi Retrovirus adalah
kelas virus yang memiliki materi genetik dalam bentuk RNA dan menggunakan enzim reverse transcriptase untuk menuliskan RNA ke dalam DNA dalam sel inang.

– Pengertian Reumatoid Artritis
Definisi Reumatoid artritis (RA) atau penyakit rematik adalah
radang sendi yang menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, kekakuan dan kehilangan fungsi pada sendi Anda. RA dapat memengaruhi setiap sendi tetapi terutama di pergelangan tangan dan jari. RA adalah penyakit autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang jaringan tubuh sendiri. Penderita RA lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki, yang seringkali dimulai pada usia antara 25 s.d. 55 tahun. Gejala penyakit bisa timbul hanya untuk waktu yang singkat atau mungkin datang dan pergi. Bentuk RA yang parah dapat bertahan seumur hidup. Reumatoid artritis berbeda dari osteoartritis, artritis yang biasanya datang pada usia tua. RA dapat memengaruhi bagian tubuh selain sendi, seperti mata, mulut dan paru-paru. Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan reumatoid artritis. Gen, lingkungan dan hormon mungkin ikut berperan. Perawatan RA termasuk perubahan gaya hidup, pengobatan dan pembedahan untuk memperlambat atau menghentikan kerusakan sendi dan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

– Pengertian Reumatologi
Definisi Reumatologi adalah
studi dan pengobatan kondisi sendi, otot, tulang, dan jaringan ikat.

To top