Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Paget – Penyakit Trofoblastik Gestasional)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Paget – Penyakit Trofoblastik Gestasional) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Skrotum – Space Maintainer). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Penyakit Paget - Penyakit Trofoblastik Gestasional)

– Pengertian Penyakit Paget
Definisi Penyakit Paget, juga dikenal sebagai osteitis deformans, adalah
gangguan tulang kronis yang ditandai dengan kerusakan dan pembentukan jaringan tulang yang tidak teratur. Kondisi ini dapat mengakibatkan ekspansi dan pelemahan tulang, menyebabkan nyeri tulang, rematik, patah tulang dan kelainan bentuk tulang.

– Pengertian Penyakit Parkinson
Definisi Penyakit Parkinson adalah
gangguan degeneratif saraf yang umumnya berlangsung perlahan. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak (neuron) yang memproduksi dopamin. Neuron ini berkonsentrasi di daerah tertentu otak, yang disebut substantia nigra. Dopamin adalah zat kimia yang meneruskan pesan antara substantia nigra dan bagian lain dari otak untuk mengontrol gerakan tubuh. Dopamin membantu melakukan gerakan motorik halus yang terkoordinasi. Ketika sekitar 60 sampai 80% dari sel yang memproduksi dopamin rusak dan tidak menghasilkan cukup dopamin, gejala motorik penyakit Parkinson muncul. Empat gejala utama penyakit Parkinson adalah: Gemetar atau tremor pada saat istirahat (tremor statis). Gerakan lamban, yang disebut bradikinesia. Kekakuan atau rigiditas pada kaki, lengan atau batang tubuh. Kesulitan menjaga keseimbangan dan jatuhan, juga disebut instabilitas postural. Instabilitas postural biasanya muncul pada tahap lanjut, mungkin tidak hadir pada diagnosis awal.

– Pengertian Penyakit Paru Kronis
Definisi Penyakit Paru Kronis (CLD) adalah
istilah umum untuk masalah jangka panjang pernafasan pada bayi prematur. Kondisi ini juga dikenal sebagai displasia bronkopulmonalis.

– Pengertian Penyakit Paru Obstruktif Kronis
Definisi Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah
sekelompok penyakit paru-paru yang memblokir aliran udara napas Anda dan membuat Anda semakin sulit untuk bernapas. Emfisema dan asma bronkitis kronis adalah dua kondisi utama yang membentuk PPOK. Dalam semua kasus, kerusakan pada saluran udara Anda akhirnya mengganggu pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam paru-paru Anda. PPOK adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kebanyakan PPOK disebabkan oleh merokok dalam jangka panjang dan dapat dicegah dengan tidak merokok. Kerusakan paru-paru ini tidak dapat disembuhkan, sehingga pengobatan berfokus pada pengendalian gejala dan meminimalkan kerusakan lebih lanjut. Keterbatasan aliran udara hanya sedikit dapat dibantu dengan bronkodilator.

– Pengertian Penyakit Periodontal
Definisi Penyakit periodontal adalah
penyakit yang memengaruhi jaringan periodontal, yang secara umum dibagi menjadi dua golongan yaitu gingivitis dan periodontitis.

– Pengertian Penyakit Periodontal Nekrotis
Definisi Penyakit periodontal nekrotis (necrotizing periodontal disease) adalah
infeksi yang ditandai dengan nekrosis jaringan gingiva, ligamen periodontal dan tulang alveolar. Lesi ini paling umum diamati pada individu dengan kondisi sistemik seperti HIV, kekurangan gizi dan infeksi imunosupresi.

– Pengertian Penyakit Peyronie
Definisi Penyakit peyronie adalah
sebuah plak atau benjolan keras yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Plak seringkali dimulai sebagai peradangan yang kemudian berkembang menjadi jaringan fibrosa.

– Pengertian Penyakit Radang Panggul
Definisi Penyakit radang panggul (PRP) adalah
istilah umum untuk infeksi pada lapisan rahim, tuba falopi, atau indung telur. Sebagian besar kasus penyakit radang panggul disebabkan oleh bakteri yang bergerak dari vagina atau leher rahim ke dalam rahim, tuba falopi, ovarium, atau panggul. Gejalanya termasuk demam, nyeri panggul dan vagina berbau busuk. Hasil jaringan parutnya bisa menyebabkan kemandulan dan kehamilan ektopik.

– Pengertian Penyakit Sapi Gila
Definisi Penyakit Sapi Gila Penyebab paling umum dari PRP adalah
penyakit menular seksual (PMS) akibat kontak seksual tanpa menggunakan kondom atau perlindungan lainnya. Penyakit sapi gila (bovine spongiform encephalopathy) adalah kondisi neurologis di mana lubang-lubang kecil terbentuk di otak sebagai akibat dari pertemuan protein abnormal (prion) di sana. Penyakit ini terutama mempengaruhi sapi, tapi manusia dapat terinfeksi jika memakan daging dari hewan yang terkontaminasi.

– Pengertian Penyakit Schamberg
Definisi Penyakit Schamberg atau dermatitis purpura berpigmen progresif adalah
perubahan warna kulit kronis yang biasanya memengaruhi kaki dan seringkali menyebar perlahan-lahan. Penyakit ini lebih umum pada laki-laki dan dapat terjadi pada semua usia. Orang yang mengembangkan penyakit Schamberg memiliki dinding pembuluh darah bocor yang memungkinkan sel darah merah untuk menyelinap masuk ke dalam kulit. Sel-sel merah di kulit kemudian terurai dan melepaskan zat besi mereka, menyebabkan ruam berwarna merah/oranye.

– Pengertian Penyakit Scheuermann
Definisi Penyakit Scheuermann atau kifosis Scheuermann, adalah
kondisi di mana tulang belakang bagian atas terangkat, menjadi seperti punuk. Nama kondisi ini berasal dari Scheuermann, orang yang pada tahun 1921 menjelaskan perubahan diskus dan ruang diskus yang terjadi selama pertumbuhan dan menyebabkan kifosis. Kondisi ini terjadi ketika bagian depan vertebra bagian atas tidak tumbuh secepat vertebra bagian belakang (terutama pada vertebra T7-T9, sehingga tulang belakang menjadi berbentuk baji, dengan bagian yang sempit dari baji di depan. Vertebra berbentuk baji ini menciptakan peningkatan sudut kifosis.

– Pengertian Penyakit Sendi Degeneratif
Definisi Penyakit sendi degeneratif adalah
degenerasi bertahap kartilago artikular pada sendi, disertai dengan perubahan jaringan lunak di sekitar sendi. Gejalanya meliputi nyeri, kekakuan dan kehilangan fungsi. Hal ini mungkin sekunder dari trauma sebelumnya atau sebagai akibat dari penggunaan yang terlalu sering.

– Pengertian Penyakit Serebrovaskuler
Definisi Penyakit serebrovaskuler adalah
penyakit yang melibatkan pembuluh darah yang memasok otak, termasuk cedera serebrovaskuler (CVA), juga dikenal sebagai stroke.

– Pengertian Penyakit Tiroid
Definisi Penyakit tiroid adalah
abnormalitas kelenjar tiroid dan produksi hormon tiroid.

– Pengertian Penyakit Trofoblastik Gestasional
Definisi Penyakit trofoblastik gestasional (gestational trophoblastic disease/ GTN) adalah
kehamilan abnormal dengan pertumbuhan kistik plasenta. Ditandai dengan perdarahan selama kehamilan awal dan tengah.

loading...

Comments are closed.