Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemantauan Biologis – Pemeriksaan Kesehatan)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemantauan Biologis – Pemeriksaan Kesehatan) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (PCT – Pemahkotaan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pemantauan Biologis - Pemeriksaan Kesehatan)

– Pengertian Pemantauan Biologis
Definisi Pemantauan biologis (biologic monitoring) adalah
mengukur bahan berbahaya dalam bahan biologis (seperti darah, rambut, urin, atau napas) untuk menentukan apakah paparan telah terjadi. Tes darah untuk timbal adalah contoh dari pemantauan biologis.

– Pengertian Pemantauan Ovarium
Definisi Pemantauan ovarium adalah
penggunaan USG dan/ atau tes darah atau tes urin untuk memantau perkembangan folikel ovarium.

– Pengertian Pemantauan pH esofagus
Definisi Pemantauan pH esofagus (esophageal pH monitoring) adalah
pengukuran keasaman di dalam esofagus. Prosedur yang membantu evaluasi penyakit gastroesophageal reflux(GERD) ini melibatkan penempatan sebuah tabung plastik kecil ke dalam lubang hidung, dipandu ke tenggorokan dan masuk ke kerongkongan. Tabung berhenti tepat di atas sfingter esofagus bawah, yang memisahkan esofagus dengan perut. Pada ujung tabung di dalam kerongkongan terdapat sensor yang mengukur pH, atau keasaman. Ujung lain dari tabung di luar tubuh terhubung ke monitor yang mencatat tingkat pH selama 12 sampai 24 jam. Aktivitas normal disarankan selama pemantauan, dan buku harian digunakan untuk mencatat gejala atau aktivitas yang mungkin mencurigakan untuk refluks, seperti tersedak atau batuk. Pembacaan pH dievaluasi dan dibandingkan dengan aktivitas pasien selama jangka waktu tersebut.

– Pengertian Pembalikan Ligasi Tuba
Definisi Pembalikan ligasi tuba (reversal of tubal ligation) adalah
bedah rekonstruksi untuk penyambungan kembali tuba pada wanita yang telah menjalani bedah ligasi tuba.

– Pengertian Pembatasan Kalori
Definisi Pembatasan kalori (caloric restriction) adalah
pola makan dengan asupan kalori berkurang, dibandingkan dengan diet ad libitum (makan sebanyak yang Anda suka), tanpa pengurangan kebutuhan gizi (protein, air, vitamin, atau mineral).

– Pengertian Pembawa
Definisi Pembawa (carrier) adalah
individu terinfeksi yang merupakan sumber potensial infeksi bagi orang lain.

– Pengertian Pembelahan Sel
Definisi Pembelahan sel adalah
metode di mana satu sel membelah menjadi dua sel. Ada dua jenis utama pembelahan sel, tergantung pada apa yang terjadi pada kromosom: mitosis dan meiosis.

– Pengertian Pembentukan Tulang
Definisi Pembentukan tulang (bone formation) adalah
tahap kedua dari proses remodeling tulang di mana tulang baru terbentuk. Osteoblas mengisi rongga dan terowongan (yang dibuat oleh osteoklas) dengan tulang baru sampai permukaan tulang dipulihkan.

– Pengertian Pembersihan Akar
Definisi Pembersihan akar (root planing) adalah
sebuah prosedur yang menghilangkan racun bakteri, kalkulus, dan sementum atau dentin yang sakit pada permukaan akar dan kantung gigi.

– Pengertian Pembesaran Prostat Jinak
Definisi Pembesaran prostat jinak (benign prostatic hyperplasia) adalah
sebuah kondisi di mana prostat membesar sebagai bagian dari proses penuaan.

– Pengertian Pembukaan
Definisi Pembukaan adalah
ukuran sejauh mana leher rahim telah membuka dalam persiapan untuk melahirkan. Hal ini diukur dalam sentimeter, dengan pembukaan penuh pada 10 cm.

– Pengertian Pembuluh Limfatik Aferen
Definisi Pembuluh limfatik aferen adalah
pembuluh yang membawa getah bening ke kelenjar getah bening untuk penyaringan.

– Pengertian Pembusukan Gigi Botol Bayi
Definisi Pembusukan gigi botol bayi (baby bottle tooth decay) adalah
kerusakan pada bayi dan anak-anak, paling sering mempengaruhi gigi depan atas, yang disebabkan oleh cairan manis yang diberikan dan dibiarkan menempel ke gigi untuk waktu yang lama (misalnya, dalam botol atau dot).

– Pengertian Pembutaan
Definisi Pembutaan (blinding) adalah
metode untuk melakukan uji klinis di mana peserta tidak tahu siapa yang mengambil pengobatan eksperimental, pengobatan standar (kontrol), atau plasebo. Dalam studi buta, para relawan tidak tahu apa pengobatan (jika ada) yang mereka terima. Dalam sebuah studi double-blind, baik relawan maupun peneliti pemberian pengobatan tidak tahu siapa menerima apa. Pembutaan dilakukan untuk mengurangi bias dalam uji obat. Bila diperlukan secara medis, studi mungkin unblinded untuk mengungkapkan siapa yang menerima perawatan apa.

– Pengertian Pemeriksaan Colok Dubur
Definisi Pemeriksaan colok dubur atau digital rectal examination adalah
pemeriksaan rektum bagian bawah. Dokter menggunakan jari dalam sarung tangan yang dilumasi untuk memeriksa adanya kelainan. Dokter pertama-tama akan mengamati bagian luar anus untuk memeriksa bila ada wasir atau luka. Kemudian dokter akan mengenakan sarung tangan lateks yang dilumasi dan memasukkan ke dalam rektum. Pada pasien wanita, pemeriksaan ini dapat dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul. Dokter akan meminta Anda untuk mencoba untuk bersantai sebelum pemeriksaan dan mengambil napas dalam-dalam selama penyisipan sebenarnya dari jari ke dalam rektum. Pemeriksaan ini dilakukan untuk berbagai tujuan. Pada pria, tes ini umumnya digunakan untuk memeriksa prostat, mencari pembesaran abnormal atau tanda-tanda lain dari kanker prostat.

– Pengertian Pemeriksaan Kesehatan
Definisi Pemeriksaan kesehatan adalah
pemeriksaan status kesehatan oleh dokter atau teknisi medis yang memenuhi syarat.

To top