Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Otitis Eksterna – Otot Sfingter)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Otitis Eksterna – Otot Sfingter) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Osgood-Schlatter – Otak Tengah). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Otitis Eksterna - Otot Sfingter)

– Pengertian Otitis Eksterna
Definisi Otitis eksterna adalah
peradangan pada bagian luar telinga yang mencakup hingga ke saluran pendengaran.

– Pengertian Otitis Media
Definisi Otitis media adalah
infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan radang telinga tengah. Kondisi ini biasanya terjadi bersamaan dengan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Gejala termasuk sakit telinga, demam, mual tinggi, muntah dan diare. Selain itu, gangguan pendengaran, kelumpuhan wajah dan meningitis dapat terjadi.

– Pengertian Otitis Media Serosa
Definisi Otitis media serosa adalah
suatu kondisi di mana cairan berada di telinga tengah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga atau kondisi lain di mana tabung pendengaran tidak dapat mengering dengan baik. Kondisi ini paling umum pada anak-anak dan terjadi dengan atau tanpa gejala. Gejala termasuk masalah pendengaran dan keseimbangan, sehingga dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan pada beberapa anak. Kondisi ini sering diobati dengan prosedur bedah yang disebut miringotomi.

– Pengertian Otopsi
Definisi Otopsi (post-mortem) adalah
pembedahan dan pemeriksaan organ-organ dan jaringan mayat untuk menemukan penyakit dan cedera yang menyebabkan atau berkontribusi terhadap kematian.

– Pengertian Otorinolaringologi
Definisi Otorinolaringologi adalah
spesialisasi medis yang berkaitan dengan studi, diagnosis, dan pengobatan gangguan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Sub-disiplin ilmu dalam otorinolaringologi meliputi: otologi/ neurotologi, audiologi, bedah kepala dan kanker leher; otorinolaringologi pediatrik, dan bedah plastik rekonstruksi wajah; otorhinolaringologi umum; dan otorinolaringologi medis.

– Pengertian Otosklerosis
Definisi Otosklerosis adalah
pertumbuhan tulang abnormal di telinga tengah dan terutama memengaruhi tulang stapes kecil. Kondisi ini menyebabkan gangguan pendengaran perlahan pada awalnya, tetapi terus memburuk secara bertahap.

– Pengertian Otoskop
Definisi Otoskop adalah
sebuah alat berlampu untuk memeriksa saluran eksternal telinga dan gendang telinga.

– Pengertian Otoskop Pneumatik
Definisi Otoskop pneumatik adalah
instrumen yang meniupkan hembusan udara ke telinga untuk menguji gerakan gendang telinga.

– Pengertian Otot
Definisi Otot adalah
jaringan tubuh yang terutama berfungsi sebagai sumber kekuatan. Ada tiga jenis otot dalam tubuh:
> Otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan anggota badan (ekstremitas) dan area luar tubuh yang disebut “otot rangka” atau “otot lurik”.
> Otot jantung yang disebut “otot kardiak.”
> Otot yang ada di dinding arteri dan usus yang disebut “otot polos.”

– Pengertian Otot Biartrodial
Definisi Otot biartrodial adalah
otot – otot yang terentang pada dua sendi dan memiliki fungsi atas sendi-sendi tersebut.

– Pengertian Otot Ekstraokular
Definisi Otot esktraokular adalah
enam otot yang mengontrol gerakan mata. Lima berasal dari belakang orbit, yang satunya berasal dari tepi bawah orbit. Empat menggerakkan mata ke atas, bawah, kiri dan kanan, dua lainnya mengontrol gerakan memutar dari mata saat kepala miring. Keenam otot bekerja secara serempak, ketika mereka tidak berfungsi dengan baik, kondisinya disebut strabismus.

– Pengertian Otot Interkostalis
Definisi Otot interkostalis adalah
otot yang berada di antara tulang rusuk; sering terluka oleh ketegangan otot.

– Pengertian Otot Jantung
Definisi Otot jantung adalah
suatu jenis otot dengan fitur unik yang hanya ditemukan di jantung. Otot jantung secara medis disebut miokardium (“mio” berarti otot dan “kardium” berarti jantung).

– Pengertian Otot Levator
Definisi Otot levator adalah
lembar otot yang terdiri dari otot iliokoksigeus, pubokoksigeus dan puborektalis, yang membentuk sebagian besar dasar panggul (diafragma pelvis) dan mendukung visera pelvis.

– Pengertian Otot Polos
Definisi Otot polos adalah
otot yang melakukan tugas-tugas otomatis, seperti konstriksi pembuluh darah, pencernaan, dll.

– Pengertian Otot Sfingter
Definisi Otot sfingter adalah
otot-otot melingkar yang membantu menjaga urin dari kebocoran dengan menutup erat-erat seperti sebuah gelang karet di sekitar pembukaan kandung kemih.

To top