Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Osgood-Schlatter – Otak Tengah)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Osgood-Schlatter – Otak Tengah) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (0rgasme – Oseointegrasi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Osgood-Schlatter - Otak Tengah)

– Pengertian Osgood-Schlatter
Definisi Osgood-Schlatter adalah
suatu peradangan yang menyakitkan pada bagian atas tulang kering (tibia), tepat di bawah lutut, di mana tendon dari tempurung lutut (patela) menempel. Paling sering hanya satu lutut yang terpengaruh.

Osgood-Schlatter biasanya menyerang remaja aktif di sekitar awal ledakan pertumbuhan mereka, periode sekitar 2-tahun di mana mereka tumbuh paling cepat. Ledakan pertumbuhan ini dapat dimulai antara usia 8 dan 13 untuk anak perempuan, atau 10 dan 15 untuk laki-laki.

Osgood-Schlatter diduga disebabkan oleh cedera karena gerakan berulang pada daerah yang belum selesai tumbuh tersebut. Otot paha depan adalah otot besar yang kuat pada bagian depan kaki bagian atas. Ketika otot ini kontraksi, lutut melurus. Ketika otot paha depan banyak digunakan dalam kegiatan olahraga selama percepatan pertumbuhan anak, daerah tersebut teriritasi atau bengkak dan menyebabkan rasa sakit. Hal ini umum pada remaja yang bermain sepak bola, basket, voli, dan senam. Osgood-Schlatter lebih banyak memengaruhi anak laki-laki daripada perempuan.

– Pengertian Osifikasi
Definisi Osifikasi (ossification) adalah
proses pembentukan tulang dari tulang rawan (kartilago). Dalam proses ini lapis demi lapis osteoblas diletakkan. Ada dua jenis osifikasi: osifikasi intramembran dan osifikasi endokondral. Kebanyakan tulang terbentuk melalui kombinasi keduanya. Dikenal juga sebagai osteogenesis.

– Pengertian Osifikasi Endokondral
Definisi Osifikasi endokondral (endochondral ossification) adalah
penggantian bertahap tulang rawan (kartilago) oleh tulang selama pengembangan janin. Proses ini bertanggung jawab untuk pembentukan sebagian besar kerangka hewan vertebrata. Dalam proses ini, sel-sel pembentuk (osteoblas) muncul di daerah tulang rawan yang disebut pusat osifikasi. Osteoblas kemudian berkembang menjadi osteosit, sel-sel tulang dewasa yang melekat pada bagian keras tulang yang dikenal sebagai matriks.

– Pengertian Osifikasi Intramembran
Definisi Osifikasi intramembran (intramembranous ossification) adalah
transformasi mesenkim, sel-sel embrio, menjadi tulang. Selama perkembangan awal hewan vertebrata, embrio terdiri dari tiga lapisan utama: ektoderma, mesoderma dan endoderma. Sel mesenkim merupakan bagian dari mesoderma embrio dan berkembang menjadi jaringan ikat seperti tulang dan darah. Tulang tengkorak berasal langsung dari sel mesenkin oleh osifikasi intramembran.

– Pengertian Osteoartritis
Definisi Osteoartritis (OA) adalah
peradangan sendi yang menyebabkan nyeri, pembengkakan dan gerakan berkurang pada sendi Anda. Semua sendi dapat terpengaruh oleh OA, tetapi terutama persendian pada tangan, lutut, pinggul atau tulang belakang. OA adalah bentuk paling umum dari artritis yang disebabkan oleh pecahnya tulang rawan di sendi Anda. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi. Tulang rawan yang sehat berperan sebagai peredam kejut gerakan. Bila Anda kehilangan tulang rawan, tulang-tulang Anda bergesekan. Seiring waktu, gesekan ini secara permanen dapat merusak sendi.
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan osteoartritis termasuk:
> kelebihan berat badan
> penuaan
> cedera
>Perawatan yang dapat mengurangi rasa sakit osteoarthritis dan meningkatkan fungsi sendi termasuk olahraga, kontrol berat badan, istirahat, penghilang rasa sakit, terapi alternatif dan operasi.

– Pengertian Osteoblas
Definisi Osteoblas adalah
sel-sel tulang yang membentuk lapisan tulang baru selama tahap pembentukan dalam proses remodeling tulang. Sel-sel ini mengisi rongga dan terowongan yang dibuat oleh osteoklas.

– Pengertian Osteodistrofi Ginjal
Definisi Osteodistrofi ginjal adalah
pelemahan tulang yang disebabkan oleh kurang bekerjanya ginjal. Osteodistrofi ginjal adalah masalah umum pada orang-orang yang menjalani dialisis dan memiliki tingkat fosfat tinggi atau kekurangan suplemen vitamin D.

– Pengertian Osteoklas
Definisi Osteoklas adalah
sel-sel penghilang tulang yang melarutkan dan mengikis tulang selama tahap-tahap dari proses resorpsi remodeling tulang.

– Pengertian Osteomielitis
Definisi Osteomielitis adalah
peradangan tulang akut atau kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Osteomielitis dapat terlokalisasi atau menyebar melalui periosteum, korteks, sumsum, dan jaringan kanselus.

– Pengertian Osteopati
Definisi Osteopati adalah
sistem dan filosofi perawatan kesehatan yang terpisah dari tradisional (alopatik) praktek medis sekitar satu abad lalu sejak didirikan pada tahun 1890 oleh Dr Andrew Taylor. Nama osteo mengacu pada tulang dan pati mengacu pada penyakit. Sistem terapi ini didasarkan pada konsep bahwa tubuh memiliki kekuatan untuk menemukan pengobatannya sendiri terhadap penyakit bila tubuh berada dalam hubungan struktural yang normal, memiliki lingkungan yang normal dan mendapatkan gizi yang baik. Osteopati melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi kekuatan itu. Saat ini, disiplin osteopati dan pengobatan alopatik telah banyak menyatu (konvergen). Selain mengambil pendekatan “holistik” untuk perawatan medis, osteopati juga mencakup pengetahuan medis modern, termasuk obat-obatan, pembedahan, radiasi, dan kemoterapi bila diperlukan. Osteopati sangat menekankan untuk mempertahankan hubungan yang benar antara tulang, otot, dan jaringan ikat serta pada mengobati keseluruhan individu, bukan hanya penyakitnya. Praktek osteopati sering mencakup siropraksi (chiropractic) seperti penyesuaian struktur rangka. Terapi kraniosakral, praktek di mana tulang dan jaringan pada kepala dan leher dimanipulasi, juga berkembang dalam osteopati. Holistik, osteopati, pengobatan alternatif

– Pengertian Osteopenia
Definisi Osteopenia adalah
suatu kondisi yang berarti kepadatan mineral tulang (BMD/Bone Mineral Density) Anda lebih rendah dari puncak BMD normal tetapi tidak cukup rendah untuk diklasifikasikan sebagai osteoporosis. Kepadatan mineral tulang adalah pengukuran tingkat mineral dalam tulang, yang menunjukkan kepadatan dan kekuatannya. Jika BMD Anda lebih rendah dibandingkan dengan BMD puncak normal, Anda dikatakan mempunyai osteopenia. Risiko Anda lebih besar, dengan berjalannya waktu, untuk mengembangkan BMD yang sangat rendah dibandingkan normal, yang dikenal sebagai osteoporosis.. Tes kepadatan mineral tulang, disebut DEXA test, dapat membantu menentukan massa tulang dan menentukan apakah Anda memiliki kepadatan mineral tulang yang normal, osteopenia atau osteoporosis. Tes ini memberikan T-score yang membandingkan kepadatan mineral tulang (BMD) Anda dengan BMD optimal dari orang dewasa sehat berusia 30 tahun. T-score -1,0 ke atas menunjukkan kepadatan tulang yang normal. T-score antara -2.5 dan -1.0 menunjukkan bahwa Anda memiliki massa tulang yang rendah (osteopenia). Sebuah skor di bawah -2,5 menunjukkan Anda osteoporosis.

– Pengertian Osteoporosis
Definisi Osteoporosis adalah
sebuah penyakit di mana tulang menjadi kehilangan kepadatan, sangat berpori, mudah patah, dan pulih dengan lambat yang terjadi terutama pada wanita menopause. Pada sekitar usia 40, tingkat resorpsi tulang pada manusia mulai melebihi tingkat pembentukan tulang. Wanita mengalami pengeroposan tulang yang lebih cepat setelah menopause, ketika tingkat estrogen menurun. Ketika massa tulang turun di bawah ambang batas tertentu, patah tulang terjadi dengan sedikit atau tanpa trauma. Pencegahan dimulai dengan asupan kalsium yang cukup di masa muda, ketika massa tulang dibangun dan kemudian sepanjang hidup. Latihan beban dan vitamin D juga penting di segala usia. Obat-obatan dapat menghambat resorpsi tulang atau mencegah kehilangan massa tulang pada pasien yang berisiko untuk mengembangkan osteoporosis.

– Pengertian Osteosarkoma
Definisi Osteosarkoma (osteosarcoma) adalah
jenis yang paling umum dari kanker yang berasal dalam tulang. Meskipun paling sering terjadi pada orang antara usia 10 dan 30, sekitar 10% kasus berkembang pada orang berusia 60-an dan 70-an dari kelainan tulang sekunder. Tumor ini berkembang paling sering pada tulang-tulang lengan, kaki, dan panggul dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

– Pengertian Ostium
Definisi Ostium (jamak: ostia) adalah
pembukaan ke dalam sinus untuk pertukaran bebas udara dan lendir. Lapisan ostium memiliki epitel bersilia (sel rambut halus) yang membantu memindahkan lendir ke hidung. Jika udara atau cairan terjebak dalam ostium yang tersumbat, dapat menyebabkan tekanan pada dinding sinus, yang mengakibatkan rasa sakit.

– Pengertian Otak
Definisi Otak adalah
bagian dari sistem saraf pusat yang terletak di tengkorak. Fungsinya adalah mengontrol proses mental dan tindakan fisik manusia.

– Pengertian Otak Besar
Definisi Otak besar adalah
bagian terbesar dari otak yang terletak di atas. Otak besar dibagi menjadi dua belahan otak, yang membentuk lapisan terluar korteks serebri. Belahan otak kanan mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh dan sebaliknya.

– Pengertian Otak Kecil
Definisi Otak kecil (serebelum) adalah
bagian otak yang terletak tepat di atas batang otak pada sisi belakang otak. Hal ini membuatnya relatif lebih terlindungi dari trauma dibandingkan dengan lobus frontal dan temporal dan batang otak. Otak kecil terlibat dalam koordinasi gerakan motorik sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh.

– Pengertian Otak Tengah
Definisi Otak tengah (mesencephalon/ midbrain ) adalah
aspek rostral (tengah) batang otak yang terletak antara pons dan otak kecil. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis. Bagian atas (dorsal) otak tengah adalah lobus optikus yang mengatur refleks mata dan menjadi pusat pendengaran.

To top