Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Obat – Obstetri)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Obat – Obstetri) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Isoimunisasi – IVP). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Obat - Obstetri)

– Pengertian Obat
Definisi Obat adalah
senyawa kimia yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, atau mengobati kondisi. Beberapa obat memerlukan resep dari seorang dokter dan obat-obatan lain tidak perlu resep.

– Pengertian Obat Bebas
Definisi Obat bebas atau over the counter (OTC) adalah
istilah yang digunakan untuk obat-obatan yang dapat dibeli tanpa resep.

– Pengertian Obat Bermerek
Definisi Obat bermerek adalah
obat yang diproduksi oleh perusahaan farmasi yang telah memilih untuk mematenkan rumus obat dan mendaftarkan nama merek. Kontras dengan obat generik. Disebut juga obat paten.

– Pengertian Obat Generik
Definisi Obat generik adalah
obat resep yang memiliki formula bahan aktif yang sama dengan obat bermerek. Obat generik hanya dikenal dengan nama rumus dan formula yang tersedia untuk setiap perusahaan farmasi, sama aman dan efektifnya dengan obat bermerek namun biasanya lebih murah.

– Pengertian Obat Genetik
Definisi Obat Generik adalah
obat yang tidak dilindungi oleh hak paten dan dapat diproduksi oleh setiap produsen.

– Pengertian Obat Lini Kedua
Definisi Obat lini kedua adalah
obat yang diresepkan jika penyakit pasien tidak lagi sensitif atau responsif terhadap obat lini pertama. Di daerah dengan prevalensi dan resistensi penyakit yang tinggi, obat lini kedua digunakan secara teratur dan seringkali dalam kombinasi dengan obat lain. Obat ini umumnya lebih mahal dan mungkin memiliki efek samping lebih dibandingkan obat lini pertama.

– Pengertian Obat Lini Pertama
Definisi Obat lini pertama adalah
obat-obatan yang biasanya diresepkan untuk suatu penyakit, terutama di daerah di mana prevalensi dan resistensinya rendah. Obat ini cenderung lebih murah dan memiliki lebih sedikit efek samping dibandingkan obat lain yang tersedia untuk penyakit tersebut. Di daerah di mana prevalensi dan resistensi tinggi, obat lini kedua dan/atau kombinasi obat yang umumnya digunakan.

– Pengertian Obat Prokinetik
Definisi Obat prokinetik adalah
obat-obatan yang menyebabkan otot-otot dalam sistem pencernaan untuk menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan secara lebih cepat.

– Pengertian Obat Spektrum Luas
Definisi Obat spektrum luas adalah
agen kemoterapi yang efektif untuk berbagai jenis patogen.

– Pengertian Obesitas
Definisi Obesitas adalah
kondisi kronis di mana terdapat jumlah lemak tubuh berlebihan. Sejumlah tertentu lemak tubuh diperlukan untuk menyimpan energi, menginsulasi panas, meredam goncangan, dan fungsi lainnya. Jumlah normal lemak tubuh (dinyatakan sebagai persentase persentase lemak tubuh) adalah antara 25% -30% pada wanita dan 18% -23% pada pria. Wanita dan pria yang memiliki lemak tubuh masing-masing lebih dari 30% dan 25% dianggap mengalami obesitas.. Perhitungan indeks massa tubuh (IMT) juga telah digunakan dalam definisi obesitas. IMT sama dengan berat badan dalam kilogram (kg) dibagi tinggi badan dalam meter (m) kuadrat. Karena IMT menggambarkan berat badan relatif terhadap tinggi maka sangat berkorelasi dengan kandungan lemak total pada tubuh orang dewasa. Obesitas didefinisikan sebagai IMT 30 ke atas.

– Pengertian Obesitas Berat Klinis
Definisi Obesitas berat klinis adalah
istilah lain untuk obesitas morbid.

– Pengertian Obesitas Morbid
Definisi Obesitas morbid adalah
indeks massa tubuh 40 atau lebih, yang kira-kira setara dengan 45 kilogram atau lebih dari berat badan ideal, tingkat berat badan yang membahayakan jiwa.

– Pengertian Observasi
Definisi Observasi adalah
pemantauan ketat kondisi pasien tanpa pengobatan sampai gejalanya muncul atau berubah.

– Pengertian Obsesi
Definisi Obsesi adalah
pemikiran, dorongan, atau gambaran berulang dan terus-menerus yang terasa mengganggu, menekan dan diakui sebagai sesuatu yang berlebihan dan tidak masuk akal, meskipun ia merupakan produk dari pikiran yang bersangkutan. Pikiran, dorongan, atau gambaran ini tidak dapat dihapuskan oleh logika atau penalaran.

– Pengertian Obsesif-Kompulsif
Definisi Obsesif-kompulsif adalah
sebuah gangguan kecemasan yang umumnya dicirikan oleh kebutuhan obsesif seseorang untuk melakukan tugas atau serangkaian tugas tertentu.

– Pengertian Obstetri
Definisi Obstetri (kebidanan) adalah
spesialisasi medis yang berkenaan dengan perawatan wanita selama kehamilan, melahirkan, dan selama 4-8 minggu setelah melahirkan (masa nifas, periode di mana organ-organ reproduksi pulih dari kehamilan dan kembali ke kondisi biasa mereka). Bandingkan dengan obsteri dengan ginekologi, embriologi dan pediatri. Perhatikan perbedaan antara dokter, perawat, dan bidan: Seorang dokter medis yang memiliki spesialisasi dalam kebidanan disebut dokter kandungan. Seorang perawat yang memiliki spesialisasi dalam perawatan wanita hamil, termasuk manajemen persalinan normal disebut bidan. Dalam kasus kehamilan normal, bidan adalah penyedia utama perawatan. Namun, dalam kasus yang lebih rumit, berbagai ketrampilan khusus mungkin diperlukan sehingga memerlukan dokter kandungan dan profesional untuk perawatan medis lain yang mungkin terkait.

loading...

Comments are closed.