Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor – Nutrisi Parenteral Total)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor – Nutrisi Parenteral Total) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Emissions – Nuchal Translucency). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor - Nutrisi Parenteral Total)

– Pengertian Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor
Definisi Nucleoside reverse transcriptase inhibitor (NRTI) adalah
obat antiretroviral pertama yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV. Obat ini bekerja menghentikan perbanyakan virus dengan menghentikan perpanjangan rantai DNA baru.

– Pengertian Nukleotida
Definisi Nukleotida adalah
unit struktural dasar asam nukleat (DNA atau RNA).

– Pengertian Nukleus
Definisi Nukleus
(jamak: nuklei) dalam arti umum adalah inti atau bagian tengah yang dikelilingi bagian-bagian lain dalam kelompok atau kumpulan. Dalam biologi seluler, nukleus memiliki arti khusus yaitu inti sel, bagian dari sel yang mengandung kromosom (materi genetik atau DNA).

– Pengertian Nukleus Genikulatum Lateralis
Definisi Nukleus genikulatum lateralis adalah
bagian dari talamus yang merelai sinyal dari mata ke korteks visual. Bagian ini juga menerima sinyal kembali dari korteks.

– Pengertian Nukleus Genikulatum
Definisi Medialis Nukleus genikulatum medialis adalah
nukleus dari posterior, dorsal thalamus yang menerima input pendengaran dari kolikulus inferior dan merelai informasi ini ke korteks pendengaran primer (area Brodmann 41 & 42) di girus temporalis superior.

– Pengertian Nukleus Kaudatus
Definisi Nukleus kaudatus (caudate nucleus) adalah
bagian dari ganglia basal yang berekor dan dibatasi di satu sisi oleh ventrikel lateralis dan dibagi menjadi kepala, tubuh dan ekor. Bagian ini berisi endorfin, zat kimia yang antara lain menghasilkan keadaan emosional positif.

– Pengertian Nukleus Lentikularis
Definisi Nukleus lentikularis,
disebut juga nukleus lentiformis, adalah massa berbentuk kerucut besar abu-abu yang membentuk inti pusat dari belahan otak. Dasar kerucut, yang berorientasi lateral dan rostral, dibentuk oleh putamen yang bersama-sama dengan nukleus kaudatus membentuk striatum, bagian apikal, berorientasi medial dan kaudal, terdiri dari dua segmen dari globus palidus. Nukleus lentikularis adalah ventral dan lateral terhadap talamus dan nukleus kaudatus, dipisahkan oleh kapsula interna, dan bersama-sama dengan nukleus kaudatus membentuk korpus striatum.

– Pengertian Nuklir
Definisi Nuklir adalah
berkaitan dengan inti atom. Biasanya digunakan untuk menggambarkan radioisotop dan penggunaannya.

– Pengertian Nulipoten
Definisi Nulipoten adalah
tidak mampu melakukan diferensiasi seperti dalam sel kanker agresif.

– Pengertian Number Needed to Harm
Definisi Number Needed to Harm (NNH) adalah
jumlah orang yang diperlukan untuk mengambil perawatan selama jangka waktu tertentu sebelum suatu hasil buruk dari pengobatan terjadi. Jumlah yang dibutuhkan untuk menyakiti (NNH) untuk pengobatan dapat diketahui hanya jika uji klinis pengobatan telah dilakukan.

– Pengertian Number Needed to Treat
Definisi Number Needed to Treat (NNT) adalah
jumlah orang yang perlu menjalani perawatan dalam jangka waktu tertentu untuk mempromosikan satu hasil tambahan yang baik (atau mencegah satu hasil buruk tambahan). Jumlah yang diperlukan untuk mengobati (NNT) suatu pengobatan dapat diketahui hanya jika uji klinis pengobatan telah dilakukan.

– Pengertian Nutrisi
Definisi Nutrisi adalah
zat yang diambil oleh sebuah sel dari lingkungannya dan digunakan dalam reaksi katabolik atau anabolik untuk kehidupan. Nutrisi terdiri dari dua tipe dasar: Bahan anorganik yang diserap oleh organisme autotrofik seperti tanaman dan mikroorganisme tertentu untuk digunakan dalam reaksi sintetis dan metabolisme. Biomassa yang dicerna sebagai makanan oleh binatang (termasuk manusia) dan mikroorganisme heterotrofik.

– Pengertian Nutrisi Enteral
Definisi Nutrisi enteral,
juga disebut asupan tabung, adalah cara untuk memberikan makanan melalui tabung yang ditempatkan di hidung, perut, atau usus kecil. Sebuah tabung dalam hidung disebut tabung nasogastrik atau nasoantral. Sebuah tabung yang masuk melalui kulit ke dalam perut disebut tabung gastrostomi atau gastrostomi endoskopi perkutan (PEG). Sebuah tabung ke dalam usus kecil disebut tabung jejunostomi atau jejunostomi endoskopi perkutan. Kontras dengan nutrisi parenteral.

– Pengertian Nutrisi Parenteral
Definisi Nutrisi parenteral adalah
suatu bentuk nutrisi yang disampaikan melalui pembuluh darah. Nutrisi parenteral tidak menggunakan sistem pencernaan. Nutrisi ini dapat diberikan kepada orang yang tidak mampu menyerap nutrisi melalui saluran pencernaan karena muntah yang tidak berhenti, diare berat, atau penyakit usus. Nutrisi ini juga dapat diberikan kepada mereka yang menjalani kemoterapi dosis tinggi atau radiasi dan transplantasi sumsum tulang. Juga disebut hiperalimentasi atau nutrisi parenteral total.

– Pengertian Nutrisi Parenteral Total
Definisi Nutrisi Parenteral Total adalah
diet khusus untuk membantu pengobatan kanker, yang terdiri dari campuran glukosa, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang diberikan melalui jalur intravena (IV) ke pembuluh darah. Banyak orang menyebutnya “pemberian makan melalui infus.”


Comments are closed.