Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keraunofobia – Kesehatan Reproduksi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keraunofobia – Kesehatan Reproduksi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keratin – Keratotomi Radial). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keraunofobia - Kesehatan Reproduksi)

– Pengertian Keraunofobia
Definisi Keraunofobia adalah
takut petir

– Pengertian Kernig’s Sign
Definisi Kernig’s sign adalah
dalam iritasi meningeal, pelurusan kaki terbatasi ketika fleksi pinggul (pinggul tertekuk). (Lihat juga Brudzinski’s sign). Catatan: dalam kasus hernia diskus lumbosakralis, kaki lurus dengan fleksi pinggul mungkin terbatasi pada sisi yang terkena.

– Pengertian Kernikterus
Definisi Kernikterus adalah
kondisi di mana peningkatan bilirubin (ikterus) menyebabkan kerusakan otak. Hal ini dapat menyebabkan masalah pendengaran, visi dan gigi dan kadang-kadang cacat intelektual permanen. Deteksi dini dan manajemen ikterus dapat mencegah kernikterus.

– Pengertian Kerongkongan
Definisi Kerongkongan atau esofagus adalah
tabung yang menghubungkan faring (tenggorokan) dengan lambung. Kerongkongan terletak di antara trakea (pipa udara) dan tulang belakang, melewati bawah leher, menembus diafragma sedikit di sebelah kiri garis tengah, dan bergabung dengan ujung atas perut. Pada orang dewasa, kerongkongan memiliki panjang sekitar 25 cm. Ketika seseorang menelan, otot dinding kerongkongan berkontraksi untuk mendorong makanan ke dalam lambung. Kelenjar lapisan lendir kerongkongan menjaga lorong tetap lembab dan memudahkan menelan.

– Pengertian Kerontokan Rambut
Definisi Kerontokan rambut adalah
penipisan rambut di kulit kepala. Istilah medis untuk kerontokan rambut adalah alopesia (alopecia). Alopecia dapat sementara atau permanen. Bentuk kerontokan rambut yang paling umum terjadi secara bertahap dan disebut sebagai alopesia androgenetik (androgenetic alopecia), yang berarti bahwa kombinasi hormon (androgen adalah hormon laki-laki) dan keturunan (genetika) diperlukan untuk mengembangkan kondisi tersebut.Jenis lain dari kerontokan rambut termasuk alopesia areata (kebotakan kecil/pitak yang biasanya tumbuh kembali), telogen efluvium (kerontokan cepat setelah melahirkan, demam, atau penurunan berat badan tiba-tiba), dan alopesia marginalis atau alopesia traksi (penipisan rambut karena dikepang ketat atau ekor kuda).

– Pengertian Kertas Artikulasi
Definisi Kertas artikulasi (articulating paper) adalah
 kertas karbon yang ditempatkan di antara gigi atas dan bawah untuk menandai kontak.

– Pengertian Kerusakan Otak
Definisi Kerusakan otak (brain damage) adalah
kematian atau kerusakan sel-sel otak yang mengakibatkan penurunan kemampuan mental.

– Pengertian Kerutan Makula
Definisi Kerutan makula (macular pucker) adalah
jaringan parut yang terbentuk pada makula mata, yang terletak di pusat peka cahaya di jaringan mata yang disebut retina. Makula menyediakan penglihatan sentral yang tajam. Sebuah kerutan makula dapat menyebabkan penglihatan sentral kabur dan terdistorsi.

– Pengertian Kesadaran Anestesi
Definisi Kesadaran anestesi atau “kesadaran intra-operasi” adalah
kesadaran yang terjadi selama anestesi umum, ketika seorang pasien lumpuh oleh relaksan otot tapi tidak cukup anestesi umum atau analgesik untuk membuat ketidaksadaran atau, yang lebih penting, menghilangkan sensasi rasa sakit dan ingatan peristiwa.

– Pengertian Kesalahan
Definisi Kesalahan
Ada dua jenis kesalahan (error) dalam tes: positif palsu atau negatif palsu. Kesalahan dapat disebabkan oleh berbagai sumber, termasuk kesalahan manusia (misalnya, asisten laboratorium menukar tanpa sengaja dua sampel atau label, atau menginput hasil yang salah pada komputer) dan kondisi medis (misalnya, tes HIV positif dari penyakit rematologis dan penyakit hati yang tidak ada hubungannya dengan HIV). Kesalahan dapat dikurangi, tetapi tidak sepenuhnya dihilangkan, dan mereka bahkan mungkin diperlukan untuk adaptasi dan kelangsungan hidup, seperti pada kesalahan menyalin DNA (mutasi).

– Pengertian Kesalahan Refraksi
Definisi Kesalahan refraksi (refraction error) adalah
kondisi di mana cahaya yang diterima oleh mata tidak terfokus pada retina, sehingga menghasilkan gambar yang kabur di retina. Contoh kesalahan refraksi adalah miopia, hiperopia dan astigmatisme yang dapat dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi refraksi.

– Pengertian Kesehatan
Definisi Kesehatan adalah
keadaan fisik, mental, dan sosial yang sejahtera dan bukan hanya ketiadaaan penyakit. Kesehatan memiliki banyak dimensi (anatomis, fisiologis, dan mental) dan sebagian besar didefinisikan secara budaya. Perhatian relatif terhadap berbagai kecacatan/kesakitan berbeda tergantung pada lingkungan budaya dan peran individu yang terkena dalam budaya itu. Sebagian besar upaya pengukurannya telah dinilai dalam hal morbiditas dan mortalitas.

– Pengertian Kesehatan Integratif
Definisi Kesehatan integratif adalah
sebuah bentuk perawatan kesehatan di mana perawatan Barat atau perawatan ilmiah dikombinasikan dengan pendekatan-pendekatan sistem pengobatan dan penyembuhan lain, seperti naturopati, Pengobatan Cina, terapi pijat, osteopati, terapi energi, obat herbal. Hal ini dapat dikombinasikan dalam praktik seorang praktisi, atau kerjasama beberapa praktisi untuk membantu pasien tunggal.

– Pengertian Kesehatan Kerja
Definisi Kesehatan kerja adalah
kegiatan yang dilakukan untuk melindungi dan mempromosikan kesehatan dan keselamatan karyawan di tempat kerja, termasuk meminimalkan paparan zat berbahaya, evaluasi praktik kerja, dan lingkungannya untuk mengurangi cedera, dan mengurangi atau menghilangkan ancaman kesehatan lainnya.

– Pengertian Kesehatan Masyarakat
Definisi Kesehatan masyarakat adalah
kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat secara kolektif untuk menjamin kondisi di mana orang-orang dapat tetap sehat. Termasuk di dalamnya adalah upaya masyarakat untuk mencegah, mengidentifikasi, meminimalkan dan menghilangkan ancaman yang merugikan kesehatan umum.

– Pengertian Kesehatan Mental
Definisi Kesehatan mental adalah
 lebih dari sekedar bebas dari penyakit mental. Individu yang memiliki kesehatan mental cenderung memiliki kesehatan tubuh, produktivitas,dan hubungan sosial yang lebih.

– Pengertian Kesehatan Reproduksi
Definisi Kesehatan reproduksi
mengacu pada keadaan fisik, mental, dan kesejahteraan sosial dalam semua hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya pada semua tahap kehidupan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mencapai kesehatan reproduksi yang baik diperlukan perhatian atas: perkembangan seksual, kematangan, dan kesehatan dengan referensi khusus untuk remaja; perencanaan kesuburan (yaitu, keluarga berencana), kesehatan ibu, kesehatan perinatal, aborsi yang tidak aman; infertilitas ; infeksi saluran reproduksi, termasuk HIV / AIDS, infeksi menular seksual lainnya, dan kanker serviks, kekerasan dan konsekuensinya pada kesehatan seksual dan reproduksi; dan mutilasi alat kelamin perempuan dan praktik berbahaya lainnya.

To top