Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kaceksia – Kalsium Sulfat)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kaceksia – Kalsium Sulfat) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Makrolida – Malformasi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kaceksia - Kalsium Sulfat)

– Pengertian Kaceksia
Definisi Kaceksia (cachexia) adalah
penurunan berat badan, massa otot dan kelemah ekstrim yang terkait dengan penyakit serius seperti kanker, AIDS, dan penyakit kronis lainnya.

– Pengertian Kadaver
Definisi Kadaver adalah
tubuh orang yang sudah mati (mayat)

– Pengertian Kafein
Definisi Kafein adalah
stimulan yang ditemukan secara alami pada biji kopi, daun teh, biji kakao (coklat) dan kacang kola (cola) dan ditambahkan ke minuman ringan, makanan, dan obat-obatan. Secangkir kopi memiliki 100-250 miligram kafein. Teh hitam yang diseduh selama 4 menit memiliki 40-100 miligram kafein. Teh hijau memiliki sepertiga kafein teh hitam.

– Pengertian Kaki Datar
Definisi Kaki datar (flat foot)
, atau secara medis disebut pes planus, adalah kondisi di mana tepi medial atau dalam dari telapak kaki lebih dekat ke tanah daripada normalnya.

– Pengertian Kaki Gajah
Kaki gajah atau elefantiasis adalah
sebuah sindrom obstruksi pembuluh limfatik jangka panjang yang menyebabkan pembengkakan dan kulit yang menebal. Hal ini menyebabkan kecacatan, terutama di kaki. Merupakan salah satu manifestasi filariasis limfatik.

– Pengertian Kala
Definisi Kala adalah
tahap dalam persalinan alami (partus). Proses persalinan terdiri dari 4 kala, yaitu: Kala 1: waktu dari pembukaan serviks sampai pembukaan lengkap 10 cm2.
Kala 2: periode pengeluaran janin, dari mulai his (mulas) ditambah dorongan dari mengejan sehingga janin keluar.
Kala 3: disebut juga kala uri adalah waktu pelepasan dan pengeluaran uri (plasenta).
Kala 4: dimulai dari lahirnya uri sampai 1-2 jam. Kala ini dimaksudkan untuk melakukan observasi karena perdarahan post partum paling sering terjadi pada 2 jam pertama. Perdarahan dianggap normal bila jumlahnya tidak melebihi 400-500 cc.

– Pengertian Kalazion
Definisi Kalazion (chalazion) adalah
kista yang terbentuk di dalam kelopak mata sebagai akibat dari penyumbatan pada satu atau lebih kelenjar meibom yang menghasilkan minyak yang membentuk lapisan luar air mata. Kalazion awalnya berupa bintik merah yang lunak (jawa:timbil). Tapi setelah beberapa hari, kalazion bisa menjadi benjolan yang lebih besar. Benjolan ini tidak mengandung bakteri hidup, tetapi mungkin menarik bakteri dan menyebabkan infeksi. Dalam kebanyakan kasus, kalazion hilang dalam beberapa bulan, meskipun satu kista kalazion bisa diikuti oleh yang lain dan mungkin membesar selama beberapa tahun.

– Pengertian Kalium
Definisi Kalium atau potasium adalah
mineral penting yang membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, dan saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat dan protein dan membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh. Mereka yang mendapatkan asupan kalium lebih tinggi cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dan orang dengan tingkat darah rendah kalium yang sedang menjalani operasi jantung berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan aritmia jantung. Asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan kebutuhan tubuh kalium.

– Pengertian Kalkulus
Definisi Kalkulus adalah
 Deposit keras seperti kalsium yang terbentuk pada gigi karena kurangnya pengendalian plak, seringkali bernoda kuning atau cokelat. Juga disebut “karang gigi” atau tartar.
Batu yang berkembang dalam tubuh, misalnya di ginjal atau empedu (bukan cabang matematika!)

– Pengertian Kalori
Definisi Kalori adalah
satuan ukuran untuk energi. Satu kalori secara resmi didefinisikan sebagai jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 cm2 air (atau 1 gram air) sebesar satu derajat Celcius. Untuk mengukur jumlah energi dalam makanan, ahli gizi umumnya menggunakan kilokalori (setara dengan 1.000 kalori), dan label pengukuran mencantumkan sebagai “kkal” atau sebagai “Kalori” dengan “K” besar. Satu kkal setara dengan sekitar 4,184 kalori.

– Pengertian Kalsifikasi
Definisi Kalsifikasi adalah
deposit garam kalsium dalam tubuh, yang terjadi biasanya pada gigi dan tulang, tetapi secara abnormal pada otot yang cedera dan arteri yang menyempit. Kalsifikasi katup aorta menyebabkan penyempitan bagian itu yang disebut stenosis aorta.

– Pengertian Kalsiotriol
Definisi Kalsiotriol (calcitriol) adalah
nama lain untuk vitamin D.

– Pengertian Kalsitonin
Definisi Kalsitonin adalah
hormon protein yang disekresikan oleh sel-sel di kelenjar tiroid. Hormon ini menghambat degradasi tulang dan merangsang penyerapan kalsium dan fosfat oleh tulang.

– Pengertian Kalsium
Definisi Kalsium adalah
mineral penting yang paling banyak dibutuhkan manusia. Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi dan diperlukan untuk pembekuan darah, transmisi sinyal pada sel saraf, dan kontraksi otot. Kalsium membantu mencegah osteoporosis. Dari semua kalsium yang terkandung dalam tubuh manusia, 99% terletak di tulang dan gigi..Kalsium juga tampaknya berperan dalam menurunkan tekanan darah, dan terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

– Pengertian Kalsium Sulfat
Definisi Kalsium sulfat merupakan
zat aditif makanan yang, antara lain, dapat digunakan sebagai agen pengental atau pengatur, dan meningkatkan jumlah kalsium dalam produk.

To top