Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Impotensi – Imunoglubulin G)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Impotensi – Imunoglubulin G) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ileum – Implantasi Gigi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Impotensi - Imunoglubulin G)

– Pengertian Impotensi
Definisi Impotensi adalah 
sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidakmampuan yang konsisten untuk mempertahankan ereksi yang cukup untuk melakukan hubungan seksual atau ketidakmampuan untuk mencapai ejakulasi, atau keduanya. Impotensi dapat bervariasi dari ketidakmampuan total untuk mencapai ereksi atau ejakulasi, kemampuan yang tidak konsisten untuk melakukannya, atau kecenderungan untuk mempertahankan ereksi hanya dalam waktu sangat singkat..Risiko impotensi meningkat dengan usia. Risiko empat kali lipat lebih tinggi pada pria di usia 60-an dibandingkan dengan mereka yang berusia 40-an menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Urology (2000; 163:460-463). Pria berpendidikan rendah juga lebih mungkin untuk mengalami impotensi, mungkin karena mereka cenderung memiliki gaya hidup kurang sehat, makan makanan yang kurang sehat, dan kurang berolahraga. Latihan fisik cenderung mengurangi risiko impotensi.

– Pengertian Impregnasi
Definisi Impregnasi adalah
membuat wanita hamil yaitu proses hubungan seksual dan fertilisasi berikutnya.

– Pengertian Imun Toleran
Definisi Imun Toleran adalah
sebuah fase HBV kronis ketika tingkat DNA HBV tinggi, tetapi tingkat ALT rendah. Hal ini menunjukkan bahwa ada sedikit kerusakan hati yang terjadi.

– Pengertian Imunisasi
Definisi Imunisasi adalah
proses di mana seseorang atau hewan menjadi terlindungi terhadap penyakit. Istilah ini sering digunakan bergantian dengan vaksinasi atau inokulasi.

– Pengertian Imunitas
Definisi Imunitas adalah
penurunan kerentanan terhadap penyakit tertentu. Imunitas diperoleh melalui paparan bentuk ringan dari bakteri, virus, atau parasit, yang mungkin sebagai hasil dari vaksinasi atau paparan alami. Vaksin memperkenalkan agen yang mati, lemah atau sedikit menular ke host potensial, yang menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk merespon pada paparan berikutnya.

– Pengertian Imunitas Humoral
Definisi Imunitas humoral adalah
kekebalan yang dihasilkan dari aktivitas unsur-unsur dalam darah dan jaringan limfoid, seperti antibodi, bukan sel.

– Pengertian Imunitas yang Dimediasi Antibodi
Definisi Imunitas yang dimediasi antibodi (antibody mediated immunity) adalah
bagian dari sistem kekebalan tubuh di mana imunitas dihasilkan sebagai respon antibodi terhadap antigen asing. Juga disebut imunitas humoral.

– Pengertian Imunitas yang Dimediasi Sel
Definisi Imunitas yang dimediasi sel (cell mediated immunity) adalah
imunitas yang dihasilkan dari respon yang tidak melibatkan antibodi, tetapi melibatkan aktivasi makrofag, sel pembunuh alami (NK dan K) dan sel T. Respon ini sangat penting untuk menghancurkan bakteri intraseluler, menghilangkan infeksi virus dan menghancurkan sel tumor. Juga disebut imunitas sel.

– Pengertian Imunodefisiensi
Definisi Imunodefisiensi adalah
ketidakmamupuan memberikan respon imun normal. Imunodefisiensi dapat disebabkan oleh penyakit genetik atau diperoleh seperti pada AIDS karena HIV.

– Pengertian Imunoglobulin
Definisi Imunoglobulin (Ig) adalah
protein yang ditemukan dalam cairan dan darah yang diproduksi oleh sel-sel dari sistem kekebalan tubuh untuk mengumpulkan zat dalam tubuh yang dikenali sebagai antigen asing (misalnya virus atau bakteri) untuk dihancurkan. Juga dikenal sebagai antibodi.

– Pengertian Imunoglobulin A
Definisi Imunoglobulin A (IgA) adalah
antibodi yang ditemukan di daerah tubuh seperti hidung, saluran pernapasan, saluran pencernaan, telinga, mata, dan vagina. Antibodi IgA melindungi permukaan tubuh yang terkena zat asing dari luar. Jenis antibodi ini juga ditemukan di air liur, air mata, dan darah. Sekitar 10% sampai 15% dari antibodi di dalam tubuh adalah antibodi IgA. Sejumlah kecil orang tidak membuat antibodi IgA.

– Pengertian Imunoglobulin D
Definisi Imunoglobulin D (IgD) adalah
antibodi yang ditemukan dalam jumlah kecil di jaringan yang melapisi perut atau dada. Sampai sekarang tidak jelas bagaimana antibodi ini bekerja.

– Pengertian Imunoglobulin E
Definisi Imunoglobulin E (IgE) adalah
antibodi yang ditemukan di paru-paru, kulit, dan selaput lendir. IgE menyebabkan tubuh bereaksi terhadap zat asing seperti serbuk sari, spora jamur, dan bulu binatang. Kadar antibodi IgE seringkali tinggi pada penderita alergi.

– Pengertian Imunoglobulin Hepatitis B
Definisi Imunoglobulin hepatitis B (HBIG) adalah
preparat antibodi yang diberikan sebagai perlindungan jangka pendek (profilaksis) terhadap hepatitis B. Imunisasi HBIG juga diberikan kepada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi HBV bersama dengan vaksin bayi lain yang mengurangi risiko infeksi kronis.

– Pengertian Imunoglobulin Intravena
Definisi Imunoglobulin intravena (intravenous immunoglobulin/ IVIG) adalah
preparat antibodi yang diberikan secara intravena untuk mengobati penyakit pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya sendiri tidak menghasilkan antibodi yang cukup.

– Pengertian Imunoglobulin M
Definisi Imunoglobulin M (IgM) adalah
adalah antibodi terbesar. IgM ditemukan dalam darah dan cairan getah bening dan merupakan jenis pertama dari antibodi yang dibuat sebagai respons terhadap infeksi. IgM juga menyebabkan sel-sel lain dalam sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan zat asing. Antibodi IgM berkisar antara 5% sampai 10% dari semua antibodi dalam tubuh..Kehadiran IgM dalam serum darah biasanya menunjukkan infeksi akut.

– Pengertian Imunoglubulin G
Definisi Imunoglubulin G (IgG) adalah
antibodi yang ditemukan di semua cairan tubuh. Ini adalah antibodi terkecil namun paling umum (75% sampai 80% dari semua antibodi). Antibodi IgG sangat penting dalam memerangi infeksi bakteri dan virus dan merupakan satu-satunya jenis antibodi yang dapat melintasi plasenta pada wanita hamil untuk membantu melindungi bayi (janin)..IgG selalu tersedia untuk membantu menangkal infeksi dan juga siap untuk mereproduksi dan menyerang ketika zat-zat asing memasuki tubuh. Kehadiran IgG dalam serum darah biasanya mengindikasi infeksi baru atau remote. IgG paling umum sekitar 3 minggu setelah infeksi dimulai. IgG dibagi menjadi empat subklas yang berbeda dari IgG1 sampai IgG4.

Comments are closed.