Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hipersensitivitas – Hipnoterapi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hipersensitivitas – Hipnoterapi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hipermetropia – Hiperprolaktinemia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hipersensitivitas - Hipnoterapi)

– Pengertian Hipersensitivitas
Definisi Hipersensitivitas adalah
reaksi nyeri gigi yang tajam atau tiba-tiba saat terkena panas, dingin, manis, asin atau rangsangan mekanik. Kondisinya disebut gigi sensitif.

– Pengertian Hipersomnia
Definisi Hipersomnia adalah
kantuk berlebihan, terlihat dari tidur malam yang berkepanjangan, sulit mempertahankan keadaan terjaga pada siang hari, atau episode tidur yang tidak diinginkan pada siang hari.

– Pengertian Hiperstimulasi Ovarium Terkontrol
Definisi Hiperstimulasi ovarium terkontrol (controlled ovarium hyperstimulation) adalah
pemberian obat hormon untuk merangsang ovarium agar menghasilkan telur ganda.

– Pengertian Hipertensi
Definisi Hipertensi adalah
istilah yang mengacu pada tekanan darah terlalu tinggi. Sebuah tekanan darah sistolik lebih dari 140 mm Hg merkuri adalah definisi yang diterima untuk hipertensi sistolik, sedangkan tekanan lebih dari 90 mm Hg sering didefinisikan sebagai hipertensi diastolik. Tingkat tekanan darah harus konsisten, bukan sekadar rekaman sporadis. Untuk menentukan apakah hipertensi hadir, yang terbaik adalah mengukur tekanan darah Anda sendiri, yang diperoleh di luar ruang dokter. Hal ini menghilangkan kemungkinan “sindrom jas putih” (tekanan darah berubah-ubah karena stress dan kecemasan saat bertemu dokter). Hipertensi, jika berkelanjutan, bisa menyebabkan stroke, gagal ginjal, dan gagal jantung.

– Pengertian Hipertensi Maligna
Definisi Hipertensi maligna juga disebut hipertensi darurat/hipertensi emerjensi, adalah
tekanan darah sangat tinggi yang datang tiba-tiba dan cepat. Tekanan diastolik yang biasanya sekitar 80 mmHg, seringkali melonjak sampai di atas 130 mmHg. Kondisi ini secara khas disertai dengan gejala papiledema..Hipertensi maligna dapat merusak organ-organ internal, terutama yang terkait dengan sistem saraf pusat, sistem kardiovaskuler, dan sistem ginjal, sehingga harus segera ditangani.

– Pengertian Hipertensi Okular
Definisi Hipertensi okular adalah
tekanan fluida tinggi di mata. Tekanan yang normal adalah sekitar 10 sampai 20 mmHg, dengan mayoritas orang memiliki antara 13 dan 19. Lebih dari 20 dianggap “mencurigakan”, lebih dari 24 “hati-hati memprihatinkan” dan perlu segera diselidiki, dan di atas 30 dianggap “mendesak” dan situasi potensial darurat.

– Pengertian Hipertensi Portal
Definisi Hipertensi portal adalah
tekanan darah tinggi pada vena portal, vena yang membawa darah ke hati. Biasanya disebabkan oleh gumpalan darah.

– Pengertian Hipertensi Pulmonar Persisten Neonatus
Definisi Hipertensi pulmonar persisten neonatus. (Persistent Pulmonary Hypertension of the Newborn/PPHN) adalah
kondisi ketika sistem sirkulasi bayi yang baru lahir tidak beradaptasi dengan bernapas di luar rahim..Ketika di dalam rahim, janin menerima oksigen melalui tali pusat, sehingga paru-paru hanya memerlukan suplai darah yang kecil. Ada tekanan darah yang tinggi di paru-paru, sehingga darah di arteri paru dapat dikirim dari paru-paru ke organ lain melalui pembuluh darah janin, yang disebut duktus arteriosus. Biasanya, ketika bayi sudah lahir dan mulai bernapas, tekanan darah di paru-paru anjlok dan aliran darah ke paru-paru meningkat. Oksigen dan karbon dioksida dipertukarkan di paru-paru, sehingga darah kembali ke jantung dan dipompa kembali ke dalam tubuh. Duktus arteriosus menyempit dan menutup secara permanen di hari pertama kehidupan. Pada bayi dengan hipertensi polmunar persisten, tekanan dalam paru-paru tetap tinggi dan duktus arterious tetap terbuka, sehingga darah akan mengalir menjauhi paru-paru. PPHN adalah kondisi yang jarang namun mengancam jiwa yang muncul paling sering pada bayi cukup bulan atau postmatur yang memiliki infeksi atau asfiksia oleh kelahiran yang sulit.

– Pengertian Hipertermia Maligna
Definisi Hipertermia maligna adalah
sebuah reaksi bawaan terhadap gas-gas anestesi tertentu yang melibatkan kontraksi otot intens, denyut jantung cepat dan tidak teratur, kesulitan bernapas dan demam tinggi. Hipertermia maligna adalah kondisi darurat dan harus dikelola dengan cairan, oksigen dan administrasi injeksi intravena bubuk dantrium.

– Pengertian Hipertiroidisme
Definisi Hipertiroidisme adalah
istilah medis untuk tanda-tanda dan gejala yang berhubungan dengan produksi hormon tiroid yang berlebihan..Pada orang sehat, tiroid membuat jumlah yang tepat dari dua hormon, T4 dan T3, yang memiliki berperan penting di seluruh tubuh. Hormon-hormon ini mengatur banyak aspek metabolisme yang akhirnya mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar, pengaturan suhu tubuh, dan pengendalian berat tubuh. Hormon ini juga berefek langsung pada sebagian besar organ, termasuk jantung, yang berdenyut lebih cepat dan lebih keras di bawah pengaruh hormon tiroid. Hipertiroidisme mengakibatkan semua sel dalam tubuh meningkatkan aktivitas mereka.

– Pengertian Hipertonik
Definisi Hipertonik adalah
memiliki tekanan osmotik lebih tinggi dari cairan atau media sekitarnya.

– Pengertian Hipertrofi
Definisi Hipertrofi adalah
peningkatan ukuran jaringan.

– Pengertian Hipertrofi Turbinat
Definisi Hipertrofi turbinat (turbinate hypertophy) adalah
pembesaran turbinat- turbinat di hidung sehingga berpotensi menghalangi aliran udara. Turbinat adalah struktur kecil di dalam hidung yang membersihkan dan melembabkan udara saat melewati lubang hidung Anda ke dalam paru-paru.

– Pengertian Hipertropia
Definisi Hipertropia adalah
strabismus di mana salah satu mata menyimpang ke atas, dan mata lainnya tetap menunjuk lurus ke depan.

– Pengertian Hiperurikemia
Definisi Hiperurikemia adalah
tingkat asam urat dalam darah yang abnormal tinggi. Batas atas normal tingkat asam urat dalam darah adalah 360 µmol/L (6 mg/dL) untuk wanita dan 400 µmol/L (6,8 mg/dL) untuk pria.

– Pengertian Hipnoterapi
Definisi Hipnoterapi adalah
induksi keadaan seperti tidur untuk mengobati nyeri kronis atau memfasilitasi perubahan perilaku atau kecenderungan perilaku.


Comments are closed.