Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Globulin – Glutathione)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Globulin – Glutathione) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Glaukoma – Gliserin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Globulin - Glutathione)

– Pengertian Globulin
Definisi Globulin adalah
kelompok protein yang digunakan untuk produksi antibodi. Protein dibuat dari asam amino dan menjadi bagian penting dari semua sel dan jaringan. Ada berbagai macam protein dalam tubuh dengan fungsi yang berbeda. Contoh protein adalah enzim-enzim, beberapa hormon, hemoglobin (transportasi oksigen), LDL (transportasi kolesterol), fibrinogen (pembekuan darah), kolagen (struktur tulang dan tulang rawan), dan imunoglobulin (antibodi).

– Pengertian Globus Palidus Interna
Definisi Globus palidus interna adalah
inti di otak yang mengatur kerja otot-otot; bagian dari ganglia basal.

– Pengertian Glomeruli
Definisi Glomeruli adalah
sekelompok kecil dari pembuluh darah melingkar di ginjal di mana darah disaring dan produk-produk limbah dibuang. Tunggal: glomerulus.

– Pengertian Glomerulonefritis Akut
Definisi Glomerulonefritis akut (GNA) adalah
suatu reaksi imunologi pada ginjal terhadap infeksi bakteri atau virus tertentu. Kuman yang paling sering dikaitkan dengan kondisi ini adalah bakteri streptococcus beta-hemolyticus golongan A..Gejala GNA mencakup:
> urin berwarna gelap kecoklatan, yang menandakan hematuria
> urin berbusa (karena kelebihan protein, proteinuria)
> edema, mulai dari edema mata, wajah, kaki atau perut sampai anasarka.
> sekitar 60-70% GNA disertai dengan hipertensi.
> Peradangan ginjal mempengaruhi fungsi glomerulus, bagian ginjal yang menyaring darah untuk membuat urin dan menghilangkan limbah. Akibatnya, darah dan protein muncul dalam urin, dan kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh.
Penyakit ini sering ditemui pada anak usia 3-7 tahun, namun dapat juga mengenai orang dewasa.

– Pengertian Glomerulonefritis Membranoproliferatif
Definisi Glomerulonefritis membranoproliferatif adalah
sebuah penyakit yang terjadi terutama pada anak-anak dan dewasa muda. Peradangan secara bertahap menyebabkan jaringan parut dalam glomeruli, menyebabkan proteinuria, hematuria, dan kadang-kadang penyakit ginjal kronis atau stadium akhir penyakit ginjal.

– Pengertian Glomerulonefritis
Definisi Glomerulonefritis adalah
jenis penyakit ginjal di mana bagian dari ginjal yang membantu menyaring limbah dan cairan dari darah (glomerulus) mengalami kerusakan. Kerusakan ini menyebabkan darah dan protein lolos ke dalam urin…Kondisi ini dapat berkembang dengan cepat, dengan kehilangan fungsi ginjal terjadi selama beberapa minggu dan bulan (disebut glomerulonefritis progresif cepat). Glomerulonefritis dapat disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh tertentu. Seringkali, penyebab pasti dari glomerulonefritis tidak diketahui.

– Pengertian Glukagon
Definisi Glukagon adalah
hormon yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Diproduksi oleh pankreas dan dilepaskan ketika tingkat glukosa dalam darah rendah (hipoglikemia), glukagon menyebabkan hati dapat mengubah glikogen menjadi glukosa melepaskannya ke dalam aliran darah.

– Pengertian Glukosa 6 Fosfat Dehidrogenase
Definisi Glukosa 6 Fosfat Dehidrogenase (G6PD) adalah
enzim sel darah merah manusia. Defisiensi G6PD dapat menyebabkan anemia berat.

– Pengertian Glukosa Darah Tinggi
Definisi Glukosa darah tinggi adalah
suatu kondisi yang terjadi pada orang dengan diabetes bila kadar glukosa darah mereka terlalu tinggi.

– Pengertian Glukosa
Definisi Glukosa adalah
gula sederhana (monosakarida) yang berfungsi sebagai sumber utama energi di dalam tubuh. Glukosa adalah gula utama yang dibuat tubuh. Tubuh membuat glukosa dari protein, lemak dan, terutama, karbohidrat. Glukosa dihantarkan ke setiap sel melalui aliran darah. Namun, sel-sel itu tidak dapat menggunakan glukosa tanpa bantuan insulin. Glukosa juga dikenal dengan dekstrosa.

– Pengertian Glukosamin
Definisi Glukosamin adalah
senyawa yang ditemukan secara alami dalam tubuh yang menyediakan blok bangunan untuk tulang rawan di dalam tubuh. Glokosamin mengandung gula dan protein dan merupakan bentuk gula amino.. Glukosamin digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak seperti tulang rawan, katup jantung, selaput lendir dan cairan sinovial (zat seperti jeli yang mengisi sendi). Senyawa ini juga hadir dalam darah untuk memproduksi asam hialuronik yang penting untuk menyembuhkan luka kulit.

– Pengertian Glukosida
Definisi Glukosida adalah
salah satu dari sejumlah senyawa, biasanya diekstrak dari tanaman, yang dapat dihidrolisis menjadi dekstrosa.

– Pengertian Glukosuria
Definisi Glukosuria adalah
keberadaan glukosa dalam urin.

– Pengertian Glutamin
Definisi Glutamin adala
h asam amino yang digunakan dalam terapi gizi dan sedang dipelajari untuk pengobatan diare yang disebabkan oleh terapi radiasi ke panggul.

– Pengertian Glutathione
Definisi Glutathione adalah
antioksidan alami yang ditemukan dalam tubuh.

To top