Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Glaukoma – Gliserin)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Glaukoma – Gliserin) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gigitan – GCS). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Glaukoma - Gliserin)

– Pengertian Glaukoma
Definisi Glaukoma adalah
penyakit pada saraf utama mata, yang disebut saraf optik. Saraf optik menerima impuls saraf dari retina dan memancarkannya ke otak, di mana kita mengubah sinyal-sinyal listrik itu sebagai gambar. Glaukoma ditandai oleh kerusakan progresif pada saraf optik yang umumnya dimulai dengan kehilangan penglihatan samping halus (peripheral vision). Jika glaukoma tidak didiagnosis dan diobati maka dapat berkembang menjadi kehilangan penglihatan sentral dan kebutaan. Glaukoma biasanya, tetapi tidak selalu, berhubungan dengan tekanan tinggi di mata (tekanan intraokuler). Secara umum, tekanan mata tinggi ini mengarah ke kerusakan saraf mata (saraf optik). Dalam beberapa kasus, glaukoma dapat terjadi pada tekanan mata normal namun ada gangguan pengaturan aliran darah ke saraf optik. Belum ada obat untuk glaukoma. Namun, obat atau operasi dapat memperlambat atau mencegah perkembangan kehilangan penglihatan. Pengobatan yang tepat tergantung pada jenis glaukoma dan faktor-faktor lainnya. Deteksi dini sangat penting untuk menghentikan perkembangan penyakit ini. Jenis glaukoma yang paling umum adalah glaukoma sudut terbuka. Jenis utama lainnya adalah glaukoma sudut tertutup.

– Pengertian Glaukoma Kongenital
Definisi Glaukoma kongenital adalah
suatu bentuk yang jarang dari glaukoma yang terjadi pada bayi dan anak-anak muda. Kondisi ini bisa diwariskan dan merupakan hasil perkembangan yang tidak benar atau lengkap dari saluran drainase mata selama masa kehamilan.

– Pengertian Glaukoma Sudut Terbuka
Definisi Glaukoma sudut terbuka adalah
bentuk glaukoma yang biasanya berkembang sangat lambat karena saluran drainase mata secara bertahap menjadi tersumbat. Tidak ada tanda-tanda peringatan dini untuk glaukoma sudut terbuka, sehingga sering disebut “pencuri yang diam-diam mengambil penglihatan”.

– Pengertian Glaukoma Sudut Tertutup
Definisi Glaukoma Sudut Tertutup (angle-closure glaucoma) adalah
jenis glaukoma yang disebabkan oleh kenaikan tekanan mata mendadak dan berat. Hal ini terjadi ketika pupil membesar terlalu banyak atau terlalu cepat, dan tepi luar dari iris menyumbat kanal drainase mata. Glaukoma ini dapat akut atau kronis.

– Pengertian Glenn Shunt
Definisi Glenn shunt adalah
bedah koneksi antara vena kava superior dan arteri pulmonalis yang sesuai, yang memungkinkan darah miskin oksigen (biru) darah mengalir ke paru-paru.

– Pengertian Glenohumeral
Definisi Glenohumeral adalah
sendi bahu.

– Pengertian Glenoid
Definisi Glenoid adalah
daerah tulang belikat yang membentuk bola-bola dan soket dari sendi bahu.

– Pengertian Glikemia
Definisi Glikemia adalah
konsentrasi glukosa dalam darah.

– Pengertian Glikogen
Definisi Glikogen adalah
karbohidrat yang tersimpan dalam jaringan tubuh. Hati mengubah glukosa dari makanan menjadi glikogen dan menyimpannya untuk digunakan kemudian. Jika diperlukan, hati mengubah glikogen menjadi glukosa kembali.

– Pengertian Glikolisis
Definisi Glikolisis adalah
sebuah proses di mana glukosa (gula) sebagian dipecah oleh sel-sel dalam reaksi enzim yang tidak membutuhkan oksigen. Glikolisis adalah salah satu metode yang digunakan sel untuk menghasilkan energi. Ketika glikolisis berhubungan dengan reaksi enzim lain yang menggunakan oksigen, pemecahan glukosa lebih mungkin dan lebih banyak.

– Pengertian Glikosaminoglikan
Definisi Glikosaminoglikan adalah
jenis molekul polisakarida panjang yang tidak bercabang. Glikosaminoglikan merupakan komponen struktural utama dari tulang rawan dan juga ditemukan dalam kornea mata.

– Pengertian Glioblastoma Multiforma
Definisi Glioblastoma multiforma (GBM) adalah
tumor otak yang kadang-kadang disebut artrositoma derajat tinggi atau kelas IV, yang tumbuh dengan cepat, menyerang jaringan di dekatnya, dan mengandung sel-sel yang sangat ganas.

– Pengertian Glioma
Definisi Glioma adalah
kategori besar tumor otak primer yang berasal dari sel-sel glia. Ada banyak jenis glioma, seperti astrositoma, glioblastoma, glioma campuran dan glioma saraf optik.

– Pengertian Gliosis
Definisi Gliosis adalah
proses yang mengarah ke bekas luka dalam sistem saraf pusat yang melibatkan produksi jaringan fibrosa padat neuroglia (pendukung sel) di daerah kerusakan. Gliosis adalah fitur yang menonjol dari banyak penyakit sistem saraf pusat, termasuk multiple sclerosis dan stroke. Setelah stroke, neuron mati dan menghilang dengan gliosis sebagi pengganti.

– Pengertian Gliserin
Definisi Gliserin adalah
polisakarida kental manis yang larut dalam air dan alkohol dan merupakan produk sampingan dari saponifikasi (proses pembuatan sabun). Gliserin merupakan humektan (menarik uap air dari udara ke kulit Anda), dan sering ditambahkan ke lotion dan produk perawatan kulit untuk melembabkan.


Comments are closed.