Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Geraniol – Gigi sensitif)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Geraniol – Gigi sensitif) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gejala – Gerak Artrokinematik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Geraniol - Gigi sensitif)

– Pengertian Geraniol
Definisi Geraniol adalah
alkohol primer yang ditemukan di geranium, serai, lemon, dan minyak lainnya. Digunakan terutama pada wewangian.

– Pengertian GERD
Definisi GERD adalah singkatan gastroesophageal reflux disease. GERD adalah
kondisi di mana asam dan isi perut berbalik arah sehingga keluar ke kerongkongan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kegagalan sfingter esofagus bagian bawah untuk menutup dengan benar. Juga dikenal sebagai refluks asam.

– Pengertian Geriatri
Definisi Geriatri adalah
cabang kedokteran yang berkenaan dengan diagnosa dan pengobatan – atau kadang-kadang hanya pengelolaan – dari kondisi dan gangguan yang terjadi pada usia tua..Istilah geriatri juga mengacu pada perawatan medis untuk orang tua pada umumnya. Geriatri berbeda, namun terkait, dengan bidang lain yaitu gerontologi (yang melibatkan studi tentang perubahan yang terjadi dalam pikiran dan tubuh selama proses penuaan). Geriatri penting karena orang dewasa tua mungkin bereaksi terhadap penyakit dan kondisi secara berbeda dengan orang dewasa muda. Ada juga beberapa kondisi yang secara khusus terkait dengan penuaan. Misalnya, masalah kesehatan yang biasanya ditemukan di usia tua mencakup inkontinensia, sering terjatuh, masalah memori, dan efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

– Pengertian Germisida
Definisi Germisida adalah
agen yang menghancurkan mikroorganisme, terutama organisme patogen. Istilah lainnya dengan akhiran “-sida” (misalnya, virusida, fungisida, bakterisida, tuberkulosida, sporisida) menunjukkan agen yang menghancurkan mikroorganisme yang diidentifikasi oleh awalan. Germisida dapat digunakan untuk menonaktifkan mikroorganisme dalam atau pada jaringan hidup (antiseptik) atau pada permukaan lingkungan (disinfektan).

– Pengertian Gerontologi
Definisi Gerontologi adalah
studi tentang perubahan pikiran dan tubuh yang terjadi selama proses penuaan dan masalah serta tantangan yang terkait..Bandingkan gerontologi dengan bidang terkait, geriatri, yang berkaitan dengan studi tentang gangguan yang terjadi pada usia tua dan perawatannya. Para peneliti di gerontologi umumnya menyelidiki aspek perubahan tubuh pada tahap penuaan lanjut (sekitar pasca-60, meskipun tidak ada titik tolak yang secara formal didefinisikan usia berlakunya gerontologi).Studi gerontologi mencakup beberapa bidang medis dan sosiologis.

– Pengertian Gestasi
Definisi Gestasi adalah
periode waktu bayi berada di dalam rahim; lama penuh periode gestasi adalah antara 38 dan 42 minggu (dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir/ HPMT).

– Pengertian Getah Bening
Definisi Getah bening adalah
cairan yang ditemukan dalam pembuluh getah bening dari sistem limfatik. Cairan ini terutama terdiri dari air, protein plasma dan sel darah.

– Pengertian GGPT
Definisi GGTP atau GGT adalah
singkatan Gamma glutamil transpeptidase, enzim yang diukur sebagai bagian dari tes fungsi hati. Enzim ini sangat sensitif terhadap perubahan fungsi hati dan dapat menunjukkan beberapa kondisi seperti obstruksi empedu, alkoholisme, sirosis, kanker hepatitis, dan penyakit kuning (ikterus). Tes ini harus digunakan dengan tes fungsi hati lain seperti ALT dan AST. Interval referensi: 0-65 U / L (atau 30-60 IU / L).

– Pengertian Ghrelin
Definisi Ghrelin adalah
enzim yang diproduksi oleh sel-sel selaput lambung yang merangsang nafsu makan, sebuah hormon yang dibuat oleh lambung yang meningkatkan keinginan untuk makan. Ghrelin adalah peptida asam amino 28 dan hormon yang diproduksi terutama oleh sel-sel yang melapisi fundus lambung manusia dan sel-sel pankreas yang merangsang hun.

– Pengertian Giadiasis
Definisi Giadiasis adalah
penyakit usus yang disebabkan oleh protozoaGiardia lamblia.

– Pengertian Giardia
Definisi Giardia atau lengkapnya Giardia lamblia, Giardia intestinalis, atau Giardia lamblia intestinalis duodenalis adalah
parasit protozoa ber-flagela yang berkoloni di usus manusia dan hewan. Infeksi giardia pada manusia dapat menyebabkan kondisi yang disebut giardiasis.

– Pengertian Giardiasis
Definisi Giardiasis adalah
penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit yang disebut Giardia intestinalis. Gejala penyakit ini adalah diare, muntah, kram perut, kembung dan kentut berbau busuk. Giardiasis biasanya tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan dan dapat dengan mudah diobati..Penularan giardiasis adalah jalur fekal-oral. Protozoa ini ketika di dalam usus membentuk cangkang pelindung keras yang dikenal sebagai kista Giardia. Kista dapat keluar dari tubuh penderita melalui feses (tinja). Setelah di luar tubuh, giardia biasanya ditularkan melalui air minum yang telah terkontaminasi oleh tinja yang terinfeksi.

– Pengertian Gigi Berlebih
Definisi Gigi berlebih (supernumerary teeth) adalah
sebuah kejadian genetik di mana terdapat gigi yang melebihi jumlah biasanya. Gigi-gigi ini dapat erupsi ektopik atau cacat.

– Pengertian Gigi Bungsu
Definisi Gigi bungsu (wisdom tooth) adalah
gigi molar (geraham) ketiga; gigi kedelapan dari pusat mulut.

– Pengertian Gigi Natal
Definisi Gigi natal (natal teeth) adalah
gigi-geligi yang hadir di sekitar waktu lahir, tetapi tidak pada waktu kelahiran.

– Pengertian Gigi Neonatal
Definisi Gigi neonatal adalah
gigi-geligi yang hadir saat kelahiran.

– Pengertian Gigi Non Vital
Definisi Gigi non vital adalah
setiap gigi yang tidak memiliki suplai darah.

– Pengertian Gigi Palsu
Definisi Gigi palsu (denture) adalah
seperangkat gigi pengganti buatan untuk setiap gigi yang hilang. Ada gigi palsu parsial, yang menggantikan hanya beberapa gigi dan mencegah gigi lain berubah posisi, dan ada juga gigi palsu lengkap, yang menggantikan semua gigi di mulut.

– Pengertian Gigi Palsu Parsial
Definisi Gigi palsu parsial adalah
alat lepasan yang menggantikan beberapa gigi baik rahang atas atau bawah.

– Pengertian Gigi Sensitif
Definisi Gigi sensitif adalah
gigi yang terasa nyeri bila dipicu oleh panas, dingin, makanan manis atau asam, atau bahkan hanya menghirup udara dingin. Rasa sakit dapat tajam, tiba-tiba, dan menusuk jauh ke ujung saraf gigi Anda..Gigi sensitif terjadi ketika lapisan yang melandasi gigi Anda (dentin) menjadi terbuka akibat jaringan gusi yang menyurut (resesi gingiva). Akar yang tidak terlindungi oleh enamel keras itu berisi ribuan tubulus kecil (tubulus dentinalis) yang mengarah ke pusat saraf gigi (pulpa). Tubulus dentinalis ini meneruskan rangsangan misalnya, makanan panas, dingin, atau manis untuk mencapai saraf di gigi Anda, yang menghasilkan rasa sakit. Kerusakan email (enamel) juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Kerusakan tersebut biasanya adalah hasil dari pembusukan gigi, trauma gigi, keausan gigi akibat kebersihan mulut yang buruk atau cedera mulut (misalnya karena menggigit terlalu keras, menggosok gigi terlalu keras dan bruxisme) dan dampak setelah prosedur gigi rutin seperti pembersihan atau restorasi gigi. Masalah sensitivitas gigi karena prosedur gigi ini bersifat sementara, biasanya menghilang dalam 4 sampai 6 minggu.

loading...

Comments are closed.