Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Endoftalmitis – Endorfin)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Endoftalmitis – Endorfin) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Embolus – Endodontis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Endoftalmitis - Endorfin)

– Pengertian Endoftalmitis
Definisi Endoftalmitis (endophthalmitis) adalah
peradangan di bagian dalam mata, termasuk rongga sentral mata yang berisi cairan vitreus. Peradangan juga mempengaruhi jaringan sekitarnya yang bertanggung jawab untuk penglihatan. Dalam kebanyakan kasus, peradangan dipicu oleh infeksi bakteri, jamur, virus atau parasit…Infeksi dapat terjadi setelah operasi mata, misalnya untuk mengobati katarak atau glaukoma, atau melalui luka yang menembus mata. Kurang sering, infeksi dari tempat lain dalam tubuh dapat melakukan perjalanan ke mata melalui darah. Kondisi ini disebut endoftalmitis hematogen.

– Pengertian Endoftalmitis Hematogen
Definisi Endoftalmitis hematogen (hematogenous endophthalmitis) adalah
infeksi yang menyebar melalui aliran darah dan menempel di mata, gejalanya dapat berkembang secara bertahap dan cukup halus. Misalnya, orang mungkin akan merasakan penurunan penglihatan yang ringan selama beberapa minggu, bersamaan dengan munculnya floater, bentuk bidang visi yang mengambang, gelap/ semi-transparan.

– Pengertian Endoftalmitis Pascaoperasi
Definisi Endoftalmitis pascaoperasi (postoperative endophthalmitis) adalah
endoftalmitis yang mengikuti prosedur operasi. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah infeksi bakteri setelah operasi katarak..Masalah serius ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Gejalanya berbeda-berbeda, tergantung pada apakah infeksi terjadi dini (enam minggu atau kurang) atau lambat (bulan atau tahun) setelah operasi. Gejala awalnya dapat termasuk penurunan penglihatan yang dramatis pada mata yang terkena, sakit mata yang memburuk setelah operasi, mata merah dan bengkak kelopak mata. Gejala akhir cenderung lebih ringan dari gejala awal dan mungkin termasuk penglihatan kabur, meningkatnya kepekaan terhadap cahaya terang (fotofobia) dan sakit mata ringan.

– Pengertian Endoftalmitis Pascatrauma
Definisi Endoftalmitis pascatrauma (posttraumatic endophthalmitis) adalah
peradangan mata setelah cedera trauma di wajah atau mata. Mata yang terkena dapat mengalami penurunan penglihatan yang dramatis, sakit yang progresif, mata merah dan bengkak kelopak mata.

– Pengertian Endogen
Definisi Endogen adalah
sesuatu yang dihasilkan oleh otak atau tubuh.

– Pengertian Endokarditis
Definisi Endokarditis adalah
infeksi lapisan dalam jantung (endokardium). Endokarditis biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain dari tubuh Anda, seperti mulut, menyebar melalui aliran darah dan menempel ke daerah-daerah yang rusak di dalam jantung Anda. Jika tidak diobati, endokarditis dapat merusak atau menghancurkan katup jantung dan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Pengobatan untuk endokarditis termasuk antibiotik dan, pada kasus berat, pembedahan..Endokarditis jarang pada orang dengan jantung yang sehat. Orang yang menghadapi risiko terbesar dari endokarditis adalah mereka yang memiliki katup jantung yang rusak, katup jantung buatan atau cacat jantung lainnya.

– Pengertian Endokarditis Bakterial
Definisi Endokarditis bakterial adalah
infeksi bakteri pada lapisan ruang jantung (disebut endokardium) atau katup jantung.

– Pengertian Endokardium
Definisi Endokardium adalah
membran serosa tipis yang melapisi bagian dalam jantung.

– Pengertian Endokrin
Definisi Endokrin adalah
kelenjar yang mengatur fungsi tubuh melalui hormon yang dikeluarkan ke dalam aliran darah. Sistem endokrin meliputi hipotalamus, kelenjar pituitari, tiroid, kelenjar adrenal, dan gonad (ovarium dan testis)

– Pengertian Endokrinologi
Definisi Endokrinologi adalah
spesialisasi medis yang berkenaan dengan studi kelenjar endokrin dan zat yang mereka hasilkan, dan juga diagnosis dan pengobatan gangguan sistem endokrin. Kelenjar endokrin memproduksi hormon yang mengatur banyak fungsi tubuh.

– Pengertian Endometriosis
Definisi Endometriosis
Suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim (endometrium) tumbuh di bagian lain dari tubuh. Seperti lapisan rahim, jaringan ini terbentuk dan berkembang mengikuti siklus hormon bulanan. Namun, tidak ada saluran alami untuk pembuangan dari implan ini. Sebaliknya, lapisan akan runtuh  ke organ sekitarnya, menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Iritasi ini berulang mengarah pada pengembangan jaringan parut dan perlengketan di daerah implan endometrium…Gejala endometriosis antara lain nyeri sebelum dan selama periode menstruasi, nyeri pada saat ovulasi, nyeri selama atau setelah aktivitas seksual, perdarahan haid berat atau tidak teratur, kelelahan, sakit dengan gerakan usus pada saat menstruasi dan nyeri saat buang air kecil. Ada banyak teori mengenai penyebab endometriosis. Teori yang paling diterima adalah bahwa selama menstruasi beberapa jaringan menstruasi melalui saluran tuba ke dalam perut, yang kemudian menjadi implan dan tumbuh. Teori lain menunjukkan bahwa endometriosis dapat menjadi proses genetik atau keluarga tertentu mungkin memiliki faktor predisposisi.

– Pengertian Endometrium
Definisi Endometrium adalah
lapisan rongga rahim, tempat implantasi embrio.

– Pengertian Endoneurium
Definisi Endoneurium adalah
jaringan fibrosa yang menyelubungi axon.

– Pengertian Endoprostesis
Definisi Endoprostesis adalah
prostesis yang ditempatkan di dalam tubuh misalnya menggantikan tulang paha.

– Pengertian Endorfin
Definisi Endorfin adalah
zat biokimia yang dibuat oleh tubuh yang dapat membantu mengurangi tingkat rasa sakit.

To top