Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Embolus – Endodontis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Embolus – Endodontis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Elektroda – Embolisme Udara). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Embolus - Endodontis)

– Pengertian Embolus
Embolus adalah
partikel abnormal seperti kolesterol, butiran platelet, bekuan darah, flek kalsium, gelembung udara, lemak, atau gabungan mereka yang beredar dalam darah. Jamak: emboli.

– Pengertian Embrio
Embrio adalah
tahapan awal dari pertumbuhan vertebrata (hewan bertulang punggung). Pada manusia, embrio adalah organisme yang berkembang dari waktu pembuahan sampai akhir minggu kedelapan kehamilan, ketika disebut janin. Beberapa definisi menggambarkan tahap embrio hanya mencakup dari implantasi sampai minggu kedelapan, dengan tahap-tahap awal disebut “pra-implantasi.”

– Pengertian Embriologi
Embriologi juga disebut
anatomi perkembangan (developmental anatomy), embriologi adalah spesialisasi medis yang berkaitan dengan studi tentang pertumbuhan dan perkembangan embrio dan janin selama kehamilan – dari pembuahan sel telur sampai kelahiran..Periode embrionik manusia (8 minggu pertama) dibagi menjadi 23 “Tahapan Carnegie”. (Meminjam nama Institut yang pertama kali mengumpulkan dan mengklasifikasikan embrio selama awal 1900-an). Tahapan-tahapan tersebut didasarkan pada perkembangan morfologi eksternal dan/ atau internal embrio, dan tidak langsung tergantung pada usia atau ukuran. Kriteria selain fitur morfologi meliputi usia dalam hari, jumlah somit, dan panjang embrio. Perkembangan embrio (0-8 minggu) diikuti oleh perkembangan janin (9-36 minggu, yaitu hingga saat persalinan). Selama tahap perkembangan janin, ada pertumbuhan yang pesat dalam ukuran dan massa, bersamaan dengan diferensiasi berkelanjutan sistem organ yang dimulai dalam periode embrio.

– Pengertian Emetropia
Emetropia adalah
istilah medis yang digunakan untuk penglihatan normal.

– Pengertian Emfisema
Emfisema adalah
kondisi di mana kantung udara di paru-paru Anda secara bertahap hancur, membuat napas Anda lebih pendek. Emfisema adalah salah satu dari beberapa penyakit yang secara kolektif dikenal sebagai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Merokok adalah penyebab utama emfisema..Emfisema membuat kantung udara yang terdiri dari balon-balon yang bergerombol seperti tandan buah anggur menjadi kantung udara dengan lubang-lubang menganga di dindingnya. Hal ini mengurangi luas permukaan paru-paru dan, pada gilirannya, jumlah oksigen yang mencapai aliran darah Anda. Emfisema juga perlahan-lahan menghancurkan serat-serat elastis yang membuka saluran udara kecil yang mengarah ke kantung udara. Hal ini memungkinkan saluran udara tersebut runtuh ketika Anda mengeluarkan napas, sehingga udara dalam paru-paru Anda tidak dapat keluar.

– Pengertian Eminensi alveolar
Eminensi alveolar (alveolar eminence) adalah
garis pada sisi tulang alveolar.

– Pengertian Emmetropia
Emmetropia adalah
kesalahan bias, di mana cahaya yang datang dari sebuah objek yang jauh daan memasuki mata berfokus pada retina sedangkan lensa mata dalam keadaan rileks (tertipis).

– Pengertian Empedu
Empedu adalah
cairan hijau kekuningan yang diproduksi oleh hati. Empedu mengandung garam empedu, deterjen alami yang berfungsi membantu pencernaan lemak dan melarutkan kolesterol.

– Pengertian Enamel
Enamel atau email adalah
lapisan terluar yang menutupi mahkota gigi, merupakan jaringan tubuh yang paling keras dari proses kalsifikasi kristal.

– Pengertian Enantema
Enantema adalah
erupsi selaput lendir, terutama yang berkaitan dengan salah satu eksantema.

– Pengertian Encopresis
Encopresis adalah
sembelit dan obstruksi usus (sumbatan) yang mengarah pada pelepasan tinja tanpa disengaja.

– Pengertian Endarterektomi Karotid
Endarterektomi karotid adalah
prosedur pembedahan untuk menghilangkan sumbatan dari arteri karotid, arteri yang terletak di leher yang memasok darah ke otak. Jika tidak ditangani, arteri karotid yang tersumbat dapat menyebabkan stroke.

– Pengertian Endemik
Endemik adalah
penyakit yang asli atau menyebar terbatas pada populasi, masyarakat atau wilayah tertentu. Sebagai contoh, polio endemik di wilayah Pakistan, Afghanistan, Nigeria dan India. Wabah polio di negara-negara seperti Republik Demokratik Kongo dan Niger terjadi hanya setelah orang yang terinfeksi virus polio melintasi perbatasan ke negara-negara tersebut dan, dengan demikian, polio tidak dianggap endemik di sana.

– Pengertian Endoderma
Endoderma adalah
salah satu dari tiga lapisan germinal embrio dasar yang antara lain meliputi organ pencernaan dan organ pernapasan.

– Pengertian Endodonti
Endodonti adalah
sebuah spesialisasi kedokteran gigi yang berhubungan dengan pulpa atau kompleks dentin gigi. Prosedur yang paling umum dilakukan dalam endodonti adalah terapi kanal akar gigi (root-canal therapy).

– Pengertian Endodontik
Endodontik adalah
pengobatan untuk akar gigi yang rusak. Pengobatan dilakukan dengan menghapus pulpa dan dentin gigi yang rusak, lalu membersihkan dan mensterilkan saluran akar. Hal ini untuk menghindari ekstraksi gigi.

– Pengertian Endodontis
Endodontis (endodontist) adalah
spesialis gigi yang khusus merawat penyakit dan cedera pulpa dan kondisi periradikular yang terkait.

To top