Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asfiksia – Asites Ganas)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asfiksia – Asites Ganas) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asam Nitrat – Asetilsistein). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asfiksia - Asites Ganas)

– Pengertian Asfiksia
Definisi Asfiksia adalah
 kematian mendadak akibat kekurangan oksigen seperti yang terjadi bila dibekap, dicekik, dan lainnya. Gagasan umum dari asfiksia adalah gangguan mekanis yang menghalangi pernapasan.

– Pengertian Asfiksia Mekanik
Definisi Asfiksia mekanik adalah
pemahaman umum dari istilah asfiksia, yaitu gangguan mekanis terhadap pernapasan, termasuk terbekap, tersedak, tercekik tangan, gantung diri. Sebagai kontras, penekanan parah terus-menerus pada dada (dan perut) disebut asfiksia traumatik.

– Pengertian Asfiksiofilia
Definisi Asfiksiofilia (sphyxiophilia) adalah
parafilia di mana gairah seksuoerotik dan fasilitasi atau pencapaian orgasme responsif terhadap dan bergantung pada diri tercekik dan sesak napas hingga, tetapi tidak selalu, kehilangan kesadaran. Penderita gangguan ini membutuhkan sesak napas parsial, karena digantung, dicekik, dibekap tas plastik atau disumbat, untuk mencapai atau mempertahankan gairah seksual atau untuk memfasilitasi atau meningkatkan orgasme. Lihat juga hipoksifilia.

– Pengertian Asidifikasi
Definisi Asidifikasi adalah
proses pembentukan atau menjadi asam. Asam adalah zat yang melepaskan ion hidrogen dalam air dan membentuk garam ketika bergabung dengan logam tertentu.

– Pengertian Asiditas
Definisi Asiditas atau keasaman adalah
tingkat asam dalam suatu zat. Asiditas diukur pada skala yang disebut skala pH. Pada skala ini, nilai pH 7 adalah netral, dan nilai pH kurang dari 0 sampai 7 menunjukkan peningkatan keasaman.

– Pengertian Asidosis
Definisi Asidosis adalah
terlalu banyak asam dalam cairan tubuh (darah dan cairan tubuh lainnya). Kondisi adalah kebalikan dari alkalosis, yaitu cairan tubuh terlalu basa (alkali). Menurut penyebabnya, asidosis dapat diklasifikasikan sebagai asidosis respiratorik (pernapasan) dan asidosis metabolik.

– Pengertian Asidosis Laktik
Definisi Asidosis laktik adalah
asidosis yang disebabkan oleh penumpukan asam laktat dalam tubuh. Sel-sel membuat asam laktat ketika mereka menggunakan glukosa untuk energi. Jika terlalu banyak asam laktat yang menetap dalam tubuh, keseimbangan terganggu. Tanda-tanda asidosis laktik adalah pernapasan dangkal dan cepat (takipnea), muntah, dan nyeri perut. Asidosis laktik bisa disebabkan oleh alkohol, kanker, berolahraga terlalu keras, gagal hati, hipoglikemia, obat-obatan, gangguan genetik, dan kekurangan oksigen parah.

– Pengertian Asidosis Metabolik
Definisi Asidosis metabolik terjadi
ketika terlalu banyak asam diproduksi atau ginjal tidak mampu membuang asam secara memadai dari tubuh. Ada beberapa jenis asidosis metabolik, di antaranya:
> Asidosis diabetik (juga disebut ketoasidosis diabetik) terjadi ketika zat bersifat asam yang disebut keton menumpuk dalam darah karena diabetes yang tidak terkontrol.
> Asidosis hiperkloremik, disebabkan oleh kehilangan natrium bikarbonat terlalu banyak dari tubuh, biasanya karena diare berat.
> Asidosis laktik, penumpukan asam laktat yang mungkin disebabkan oleh alkohol, kanker, olahraga berat, dll.
> Asidosis tubulus renalis (distal atau proksimal), karena penyakit ginjal.

– Pengertian Asidosis Respiratorik
Definisi Asidosis respiratorik adalah
kondisi yang terjadi ketika paru-paru tidak dapat membuang semua karbon dioksida yang diproduksi tubuh sehingga cairan tubuh, terutama darah, menjadi terlalu asam. Nama lain untuk asidosis respiratorik atau asidosis pernapasan adalah asidosis hiperkapnia dan asidosis karbon dioksida. Asidosis respiratorik bisa kronis atau akut dan dapat disebabkan oleh penyakit saluran napas (seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis), penyakit dada (seperti sarkoidosis), penyakit yang mempengaruhi saraf dan otot-otot yang mengatur pernapasan, obat yang menekan pernapasan, atau obesitas parah.

– Pengertian Asidosis Tubulus Renalis
Definisi Asidosis tubulus renalis (renal tube acidosis/ RTA) adalah
cacat pada ginjal yang menghalangi ekskresi normal asam ke urin sehingga menyebabkan darah terlalu asam. Ada tiga jenis asidosis tubulus renalis, yaitu asidosis tubulus renalis distal, asidosis tubulus renalis proksimal dan asidosis tubulus renalis hiperkalemik.

– Pengertian Asidosis Tubulus Renalis Distal
Definisi Asidosis tubulus renalis distal (tipe I) disebabkan
oleh cacat dalam tabung ginjal sehingga asam tidak cukup dilepaskan ke dalam urin, menyebabkan penumpukan asam dalam aliran darah. Penyebab kondisi ini termasuk: amiloidosis, penyakit Fabry, kalsium darah terlalu tinggi, anemia sel sabit, sindrom Sjogren, lupus eritematosus sistemik, penyakit Wilson dan obat-obatan tertentu seperti amfoterisin B, litium, dan analgesik.

– Pengertian Asidosis Tubulus Renalis Proksimal
Definisi Asidosis tubulus renalis proksimal (tipe II) adalah
kondisi yang terjadi ketika bikarbonat tidak diserap dengan benar oleh sistem penyaringan ginjal, menyebabkan asam menumpuk di cairan tubuh, terutama darah. Ini adalah jenis asidosis tubulus renalis yang kurang umum daripada tipe I yang umumnya terjadi pada bayi, dan dapat menghilang sendiri. Penyebab kondisi ini meliputi: sistinosis (cystinosis), obat-obatan kemoterapi, antibiotik aminoglikosida, sindrom Fanconi, intoleransi fruktosa, myeloma, hiperparatiroidisme primer, sindrom Sjogren, penyakit Wilson dan kekurangan vitamin D.

– Pengertian Asimilasi Aperseptif
Definisi Asimilasi aperseptif adalah
pembelajaran informal berdasarkan keakraban dan pengalaman.

– Pengertian Asimtomatik
Definisi Asimtomatik berarti
tanpa gejala nyata dari suatu penyakit.

– Pengertian Asinus
Definisi Asinus adalah
dilatasi kecil seperti kantung, misalnya di unit dasar pertukaran gas paru-paru, setiap asinus dipasok oleh terminal bronkiolus tunggal.

– Pengertian Asites Ganas
Definisi Asites ganas adalah
sebuah kondisi di mana cairan yang mengandung sel-sel kanker terkumpul dalam perut.

loading...

Comments are closed.