Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asam Nitrat – Asetilsistein)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asam Nitrat – Asetilsistein) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anosmia – Anti-Inflamasi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asam Nitrat - Asetilsistein)

– Pengertian Asam Nitrat
Definisi Asam nitrat adalah
cairan asam toksik yang korosif dan tidak berwarna yang digunakan untuk membuat pupuk, pewarna, bahan peledak, dan bahan kimia lainnya.

– Pengertian Asam Palmitat
Definisi Asam palmitat
, juga disebut asam heksadekanoik, adalah asam lemak jenuh utama dalam produk daging dan susu. Asam palmitat merupakan komponen utama minyak dari pohon kelapa (minyak sawit dan minyak kelapa). Retinil palmitat merupakan antioksidan dan sumber vitamin A yang ditambahkan ke dalam susu rendah lemak.

– Pengertian Asam Pantotenat
Definisi Asam Pantotenat (vitamin B5) adalah
anggota vitamin b kompleks yang digunakan oleh tubuh dalam pertumbuhan, reproduksi dan fungsi fisiologis sehari-hari. Asam pantotenat memungkinkan tubuh untuk memproses karbohidrat dan membuat hormon. Selain itu, juga membantu untuk mengatur gula darah Anda, melindungi saraf dan otak.

– Pengertian Asam Ribonukleat
Definisi Asam ribonukleat (ribonucleic acid/ RNA) adalah
materi genetik yang terdiri dari untaian tunggal asam nukleat. Fungsi utamanya adalah sintesis protein.

– Pengertian Asam Salisilat
Definisi Asam salisilat adalah
obat keratolitik (obat yang menghilangkan lapisan luar kulit) yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

– Pengertian Asam Urat
Definisi Asam urat adalah
zat kimia hasil metabolisme purin. Purin adalah protein yang ditemukan dalam banyak makanan dan minuman, seperti jeroan, melinjo dan bayam. Asam urat biasanya dibawa dalam darah, melewati ginjal dan dikeluarkan dalam urin. Jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak membuangnya secara cukup, Anda bisa terkena artritis gout. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh disebut hiperurikemia.

– Pengertian Asbestosis
Definisi Asbestosis adalah
penyakit paru-paru serius progresif jangka panjang yang disebabkan oleh inhalasi serat asbes selama jangka waktu lama.

– Pengertian Aseksual
Definisi Aseksual adalah
seseorang yang tidak memiliki dorongan seksual.

– Pengertian Asetaminofen
Definisi Asetaminofen (acetaminophen)
, juga dikenal sebagai parasetamol, adalah obat analgesik yang digunakan untuk meredakan sakit kepala ringan atau nyeri otot dan sendi dan untuk mengurangi demam. Asetaminofen mengurangi rasa sakit dengan menghambat sintesis prostaglandin dalam sistem saraf pusat dan mengurangi demam dengan bertindak pada pusat pengatur suhu di otak. Tidak seperti aspirin, obat ini tidak memiliki efek anti-inflamasi dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengiritasi lambung dan menyebabkan tukak lambung.

– Pengertian Asetat
Definisi Asetat adalah
suatu bentuk asam asetat (asam yang ditemukan dalam cuka).

– Pengertian Asetil
Definisi Asetil adalah
gugus molekul kecil yang tersusun dari dua atom karbon, tiga atom hidrogen, dan satu atom oksigen. Gugus asetil ditambahkan atau dihapus dari molekul lain untuk mempengaruhi tindakan molekul di dalam tubuh.

– Pengertian Asetilasi
Definisi Asetilasi adalah
penambahan kelompok asetil (-COCH3) dalam molekul.

– Pengertian Asetilasi
Definisi Asetilasi adalah
reaksi kimia di mana molekul-molekul kecil yang disebut gugus asetil ditambahkan ke molekul lain. Asetilasi protein dapat mempengaruhi tindakan mereka dalam tubuh. Asetiliasi

– Pengertian Asetilkolin
Definisi Asetilkolin (acetylcholine) adalah
zat kimia yang dibuat oleh beberapa jenis sel saraf untuk mengirim pesan ke sel lain, termasuk sel-sel saraf lainnya, sel-sel otot, dan sel-sel kelenjar (sebagai neurotransmiter). Asetilkolin membantu mengatur memori di otak dan mempengaruhi tindakan otot rangka dan otot polos di sistem saraf perifer. Efek asetilkolin berlawanan dengan dopamin.

– Pengertian Asetil-L-Karnitin
Definisi Asetil-L-karnitin (ALCAR) adalah
bentuk karnitin alami yang sedang dipelajari manfaatnya untuk mencegah kerusakan jaringan yang disebabkan oleh kemoterapi. Karnitin (carnitine) dibuat dalam otot dan jaringan hati dan ditemukan dalam makanan tertentu, seperti daging, unggas, ikan, dan beberapa produk susu. Zat ini digunakan oleh banyak sel dalam tubuh untuk membuat energi dari lemak. Juga disebut asetil-L-karnitin hidroklorida.

– Pengertian Asetilsistein
Definisi Asetilsistein (acetylcysteine) adalah
obat yang biasanya digunakan untuk mengurangi kepekatan lendir dan mempermudah penghapusannya. Asetilsistein jug dapat digunakan untuk menetralisir toksisitas asetaminofen dosis tinggi. Juga disebut N-asetil-L-sistein dan N-asetilsistein​​.

To top