Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (P53 – Pankreatitis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (P53 – Pankreatitis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Outlet Ganda Ventrikel Kanan – Oxygen Radical Absorbance Capacity). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (P53 - Pankreatitis)

– Pengertian P53
Definisi P53 adalah
gen supresor tumor yang bertindak menghentikan perkembangan tumor. Hal ini dilakukan dengan mengaktifkan beberapa protein yang memicu kematian sel-sel yang rusak sehingga sel-sel tersebut tidak mereplikasi dan membelah tak terkendali.

– Pengertian PAD
Definisi PAD (Bortezomib, Doksorubisin, Deksametason) adalah
kemoterapi yang menggunakan kombinasi obat bortezomib, doksorubisin dan deksametason. Digunakan dalam pengobatan pasien mieloma multipel (multiple myeloma /MM).

– Pengertian Paha Belakang
Definisi Paha belakang (hamstrings) adalah
otot-otot yang terletak di kompartemen posterior paha.

– Pengertian Pakimetri
Definisi Pakimetri (pachymetry) adalah
prosedur yang digunakan untuk menentukan ketebalan kornea mata, dengan menggunakan USG.

– Pengertian Palpitasi
Definisi Palpitasi adalah
sensasi detak jantung yang cepat / tidak menentu.

– Pengertian Pamisol
Definisi Pamisol adalah
obatan untuk kondisi kadar kalsium dalam darah terlalu tinggi yang disebabkan oleh kanker.

– Pengertian Pandangan Anteroposterior
Definisi Pandangan anteroposterior adalah
gambar anterior-posterior di mana tabung sinar-X ditempatkan di depan dan film di belakang. Sinar x-ray dilewatkan dari depan ke belakang.

– Pengertian Panel Estradiol
Definisi Panel Estradiol
Pria Sering salah dipahami sebagai “hormon perempuan”, estradiol juga hadir pada laki-laki. Panel estradiol pria adalah evaluasi kadar estradiol pada pria untuk membantu diagnosis penyakit degeneratif.

– Pengertian Panel Estradiol Wanita
Definisi Panel estradiol wanita adalah
tingkat estradiol yang digunakan untuk membantu mengevaluasi fungsi ovarium. Estradiol juga kadang-kadang digunakan untuk memonitor terapi sulih hormon menopause. Kegunaan utamanya adalah diagnosis banding amenore (misalnya, untuk menentukan apakah penyebabnya adalah menopause, kehamilan, atau masalah medis).

– Pengertian Panel Lipid
Definisi Panel Lipid adalah
sekelompok tes yang digunakan untuk menentukan risiko penyakit jantung koroner. Hasil panel lipid adalah Rasio Kol / HDL yang mengacu pada jumlah kolesterol total, kolesterol HDL (sering disebut kolesterol baik), kolesterol LDL (sering disebut kolesterol jahat), dan trigliserida.

– Pengertian Panel Metabolik Komprehensif
Definisi Panel Metabolik Komprehensif (Comprehensive Metabolic Panel/CMP) adalah
panel tes yang sering diinstruksikan dokter untuk memberikan informasi penting mengenai status ginjal, hati, dan elektrolit dan keseimbangan asam / basa serta gula darah dan protein darah. Hasil abnormal, dan terutama kombinasi beberapa hasil abnormal, dapat mengindikasikan masalah yang perlu ditangani. CMP biasanya adalah sekelompok 14 tes khusus yang telah disetujui, meskipun laboratorium dapat menyesuaikan jumlah tes lebih atau kurang dari itu. CMP meliputi tes mengenai glukosa, kalsium, protein (total protein, albumin), elektrolit (sodium, kalium, karbon dioksida/bikarbonat, klorida), tes fungsi ginjal (BUN, kreatinin), tes fungsi hati (ALP, ALT, AST, bilirubin).

– Pengertian Panggul
Definisi Panggul adalah
daerah di setiap sisi pinggang; terdiri dari tiga bagian: ilium, iskium, dan pubis, bagian atas femur (tulang kaki bagian atas) yang bertemu dengan pinggul melalui bola sendi dan soket; soket adalah tulang panggul berbentuk cangkir, yang disebut acetabulum, dan bola adalah kepala femur.

– Pengertian Panik
Definisi Panik adalah
ketakutan atau kecemasan yang ekstrim dan tidak masuk akal.

– Pengertian Pankreas
Definisi Pankreas adalah
organ kelenjar yang terletak di perut. Organ ini membuat cairan pankreas, yang mengandung enzim yang membantu pencernaan dan menghasilkan beberapa hormon, termasuk insulin. Pankreas dikelilingi oleh lambung, usus, dan organ lainnya.

– Pengertian Pankreatektomi
Definisi Pankreatektomi adalah
pembedahan untuk menghapus semua atau sebagian dari pankreas. Dalam pankreatektomi total, sebagian lambung, sebagian dari usus kecil, saluran empedu, kandung empedu, limpa, dan kelenjar getah bening di dekatnya juga dihapus.

– Pengertian Pankreatitis
Definisi Pankreatitis adalah
peradangan pada pankreas. Kondisi ini dapat akut atau kronis. Penyebab paling umum dari pankreatitis akut adalah batu empedu, diikuti oleh konsumsi alkohol yang berlebihan.

To top