Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kuadran Perut – KY Jelly)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kuadran Perut – KY Jelly) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kriopreservasi – Kryoterapi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kuadran Perut - KY Jelly)

– Pengertian Kuadran Perut
Definisi Kuadran perut adalah
pembagian perut menjadi 4 kuadran yang dipisahkan oleh dua garis imajiner yang berpusat di pusar. Satu garis vertikal membagi perut menjadi kiri dan kanan. Jalur lain membagi perut menjadi atas (superior) dan bawah (inferior). Adapun penamaan masing-masing dari keempat kuadran adalah kuadran kiri atau kanan atas, kuadran kiri atau kanan bawah.

– Pengertian Kuldosentesis
Definisi Kuldosentesis adalah
 aspirasi jarum cairan intraperitoneal atau darah melalui tusukan dari formiks vag1na posterior ke dalam cul de sac.

– Pengertian Kuldoskopi
Definisi Kuldoskopi adalah
pemeriksaan visual visera pelvis wanita melalui endoskopi yang dimasukkan ke dalam rongga panggul melalui forniks posterior vag1na.

– Pengertian Kulit
Definisi Kulit adalah
organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba..

– Pengertian Kulit Terkeratinisasi
Definisi Kulit terkeratinisasi adalah
ketika sel-sel kulit mati menumpuk dan menutupi kulit baru, yang menyebabkan kulit kusam. Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi ini lebih sering terjadi. Ada banyak cara untuk menghapus lapisan luar kulit mati ini.

– Pengertian Kultur Sel
Definisi Kultur sel adalah
proses pertumbuhan sel-sel di laboratorium (in vitro) dalam media buatan untuk penelitian atau perawatan medis.

– Pengertian Kultur Tinja
Definisi Kultur tinja (stool culture) adalah
pemeriksaan keberadaan bakteri abnormal dalam tinja yang dapat menyebabkan diare dan / atau masalah lainnya. Sebuah sampel kecil tinja diambil dan dikirim ke laboratorium untuk keperluan ini.

– Pengertian Kulup
Definisi Kulup adalah
kulit khitan, lipatan kulit di atas kepala penis ((glans penis).

– Pengertian Kuret Endoserviks
Definisi Kuret endoserviks adalah
suatu prosedur yang menggunakan instrumen pipih yang disebut kuret untuk mengikis lapisan kanal endoserviks. Jenis biopsi ini biasanya diselesaikan bersamaan dengan biopsi kolposkopi.

– Pengertian Kuretase
Definisi Kuretase adalah
penghapusan pertumbuhan atau bahan lain dari rongga dinding atau permukaan lainnya dengan sebuah kuret. Kuret adalah instrumen berbentuk sendok dengan ujung yang tajam. Kata “kuret” berasal dari bahasa Perancis yang berarti pengikis.

– Pengertian Kurva Suhu Bifasik
Definisi Kurva suhu bifasik adalah
sebuah grafik yang menunjukkan kenaikan suhu basal tubuh pada fase luteal lebih tinggi dari fase folikuler dan menunjukkan ovulasi.

– Pengertian Kuspa
Definisi Kuspa (cusp) adalah
tonjolan atau gundukan pada bagian mahkota gigi yang membuat pemisahan pada permukaan oklusal. Pada manusia, kuspa terbentuk pada gigi posterior yaitu geraham dan premolar. Susunan kuspa di rahang atas dan rahang bawah harus mengkompensasi satu sama lain sehingga terjadi oklusi yang benar atau dapat menyebabkan gesekan.

– Pengertian Kutil Kelamin
Definisi Kutil kelamin (genital warts)
atau juga disebut kondiloma akuminata adalah kutil pada kulit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus. Biasanya, kutil kelamin pertama kali muncul sebagai benjolan kecil, keras, tanpa rasa sakit di daerah vag1na, penis, atau sekitar anus.

– Pengertian Kutu
Definisi Kutu adalah
serangga parasit kecil yang dapat menempati kepala dan tubuh manusia, termasuk daerah kemaluan. Kutu manusia bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Tiga jenis kutu yang hidup pada manusia adalah: Pedikulus humanus capitis (kutu kepala, kutu rambut), Pedikulus humanus korporis (kutu tubuh, kutu pakaian), Ptirus pubis (kutu “kepiting”, kutu kemaluan). Hanya kutu tubuh yang dapat menyebarkan penyakit.
Infestasi kutu (pedikulosis dan ptiriasis) menyebar melalui kontak dekat orang-ke-orang. Anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya tidak berperan dalam penularan kutu manusia. Kutu bergerak dengan merangkak, mereka tidak bisa melompat atau terbang.

– Pengertian Kwashiorkor
Definisi Kwashiorkor adalah
salah satu dari tiga bentuk kekurangan gizi (malnutrisi) ketika tidak ada cukup protein dalam diet. Gejalanya antara lain adalah perubahan pigmen kulit, penurunan massa otot, diare, kegagalan untuk mendapatkan kenaikan berat badan dan tumbuh, kelelahan, perubahan rambut (warna atau tekstur), infeksi meningkat dan lebih parah karena sistem kekebalan tubuh rusak, perut buncit, kelesuan atau apatis, ruam (dermatitis), syok (tahap akhir) dan pembengkakan (edema).

– Pengertian KY Jelly
Definisi KY Jelly adalah
sebuah pelumas larut air yang diterapkan pada kondom untuk mengurangi gesekan dengan lubang vag1na atau anus selama hubungan seksual.

To top