Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hematrosis – Hemostasis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hematrosis – Hemostasis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Helminth – Hematopoietik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hematrosis - Hemostasis)

– Pengertian Hematrosis
Definisi Hematrosis adalah
perdarahan di dalam sendi.

– Pengertian Hematuria
Definisi Hematuria adalah
setiap kondisi di mana urin mengandung darah atau sel-sel darah merah. Keberadaan darah dalam urin biasanya akibat perdarahan di suatu tempat di sepanjang saluran kemih. Hematuria dapat disebabkan oleh penyakit, iritasi, bakteri, atau kanker. Hematuria yang dapat Anda lihat dengan mata telanjang disebut gross hematuria.

– Pengertian Heme
Definisi Heme adalah
pigmen berbasis besi dalam sel darah merah, unsur hemoglobin yang dilepaskan ketika sel-sel darah merah dipecah.

– Pengertian Hemiplegia
Definisi Hemiplegia adalah
kelumpuhan setengah sisi tubuh.

– Pengertian Hemisfer
Definisi Hemisfer atau belahan otak adalah
dua sisi simetris yang membagi otak besar. Pada kebanyakan orang, hemisfer kiri adalah khusus untuk berbicara, menulis, dan berpikir; hemisfer kanan adalah khusus untuk kemampuan spasial dan pengenalan pola.

– Pengertian Hemodialisa
Definisi Hemodialisa
Lihat hemodialisis.

– Pengertian Hemodialisis
Definisi Hemodialisis atau cuci darah adalah
sebuah prosedur medis yang menggunakan mesin khusus (mesin dialisis) untuk menyaring produk limbah dari darah dan mengembalikan kandungan normal darah. Proses pencucian unsur-unsur darah dilakukan berdasarkan perbedaan dalam tingkat difusi melalui membran semipermeabel (membran dialisis). Walaupun dapat dilakukan untuk gagal ginjal akut, hemodialisis lebih sering digunakan untuk penyakit ginjal kronis. Hemodialisis sering dilakukan untuk mengobati stadium akhir penyakit ginjal. Dalam keadaan tersebut, dialisis ginjal biasanya dikelola dengan menggunakan jadwal yang tetap tiga kali per minggu.

– Pengertian Hemodinamik
Definisi Hemodinamik adalah
berkaitan dengan aspek fisik dari sirkulasi darah.

– Pengertian Hemofilia
Definisi Hemofilia adalah
suatu penyakit keturunan di mana seseorang tidak menghasilkan faktor pembekuan darah yang cukup dan rentan terhadap perdarahan berkepanjangan.

– Pengertian Hemoglobin A1c
Definisi Hemoglobin A1c (juga disebut tes HbA1c) adalah
tes yang menunjukkan jumlah rata-rata gula dalam darah selama tiga bulan terakhir. Hasilnya akan menunjukkan apakah tingkat gula darah terkendali.

– Pengertian Hemoglobin Glikosilasi
Hemoglobin glikosilasi adalah
hemoglobin yang terikat glukosa. Hemoglobin glikosilasi diuji untuk memantau kontrol jangka panjang diabetes mellitus.

– Pengertian Hemoglobin
Definisi Hemoglobin adalah
pigmen pembawa oksigen dan protein utama dalam sel darah merah. Hemoglobin membentuk ikatan reversibel yang tidak stabil dengan oksigen. Dalam keadaan kaya oksigen, hemoglobin disebut oksihemoglobin dan berwarna merah terang. Dalam keadaan kurang oksigen disebut deoksihemoglobin dan berwarna ungu kebiruan.

– Pengertian Hemokromatosis
Definisi Hemokromatosis adalah
penyakit kelebihan zat besi, sebuah penyakit di mana besi tidak dimetabolisme dengan benar dan menumpuk di jaringan di seluruh tubuh, terutama di hati.

– Pengertian Hemolisis
Definisi Hemolisis adalah
kerusakan atau penghancuran sel darah merah karena gangguan integritas membran sel darah merah yang menyebabkan pelepasan hemoglobin.

– Pengertian Hemopoietik
Definisi Hemopoietik adalah
berkenaan atau terkait dengan pembentukan sel darah.

– Pengertian Hemoptisis
Definisi Hemoptisis adalah
meludahkan darah yang berasal dari paru-paru atau saluran bronkial sebagai akibat dari perdarahan paru atau bronkus.

– Pengertian Hemoragik
Definisi Hemoragik adalah
menunjukkan bukti perdarahan; infeksi tertentu (demam berdarah) mengakibatkan hilangnya darah dan cairan tubuh.

– Pengertian Hemoroid
Definisi Hemoroid (juga disebut ambeien atau wasir) adalah
pembengkakan vena di dalam anus atau rektum bawah. Ada dua jenis hemoroid, internal dan eksternal. Hemoroid internal terletak di dalam anus atau rektum bawah, di bawah lapisan anus atau dubur. Hemoroid eksternal berada di luar pembukaan anus. Kedua jenis dapat hadir pada waktu yang sama.

– Pengertian Hemostasis
Definisi Hemostasis adalah
penghentian perdarahan.

To top