Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Skala Depresi Gertiatrik – Skrining Serum Maternal)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Skala Depresi Gertiatrik – Skrining Serum Maternal) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sistin – Sitotoksin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Skala Depresi Gertiatrik - Skrining Serum Maternal)

– Pengertian Skala Depresi Gertiatrik
Definisi Skala depresi deriatrik (geriatric depression scale/ GDS) adalah
laporan penilaian diri 30 item yang dirancang khusus untuk mengidentifikasi depresi pada orang tua. Setiap item dapat dijawab ya atau tidak, yang dianggap lebih sederhana daripada jawaban berskala untuk setiap item. Skala ini umumnya direkomendasikan sebagai bagian rutin dari evaluasi geriatri komprehensif. Satu poin diberikan untuk setiap jawaban. Nilai 10 atau 11 atau lebih rendah adalah ambang batas untuk membedakan pasien stress dengan depresi. Namun, diagnosis depresi klinis tidak boleh dilakukan hanya dengan hasil GDS saja. Meskipun memiliki reliabilitas dan validitas yang espon harus dipertimbangkan dalam hubungannya dengan hasil diagnostik lain secara komprehensif. Sebuah versi pendek dari GDS hanya berisi 15 pertanyaan.

– Pengertian Skaling
Definisi Skaling (scaling) adalah:

Pada kedokteran gigi: pembersihan gigi di atas gusi untuk menghilangkan plak, kalkulus, dan noda gigi.
Pada kedokteran kulit: pelepasan lapisan atas kulit (stratum korneum) yang abnormal atau berakumulasi sehingga membuat kulit menjadi bersisik.

– Pengertian Skapula
Definisi Skapula adalah
tulang belikat, tulang yang menghubungkan humerus (tulang lengan) dengan klavikula (tulang selangka).

– Pengertian Skar Hipertrofik
Definisi Skar hipertrofik adalah
bekas luka yang menonjol keluar seperti benjolan keras. Para hipertrofi berarti “pembesaran” atau “berlebih”.

– Pengertian Skar Jerawat
Definisi Skar jerawat adalah
bekas luka karena jerawat parah, yang berkisar dari lubang dalam sampai bekas luka yang berbentuk seperti gelombang.

– Pengertian Skar Kontraktur
Definisi Skar kontraktur adalah
suatu jenis bekas luka di mana pengetatan permanen kulit terjadi, seringkali sebagai respon luka bakar. Jenis skar ini dapat memengaruhi otot dan tendon yang mendasari, membatasi mobilitas dan kemungkinan merusak saraf.

Pengertian Skarifikasi
Definisi Skarifikasi adalah
pembuatan sejumlah sayatan dangkal di kulit. Ini adalah teknik yang digunakan untuk mengelola vaksin tularemia dan cacar.

– Pengertian Skintigrafi Hepatobiliari
Definisi Skintigrafi Hepatobiliari adalah
teknik pencitraan hati, saluran empedu, kandung empedu, dan bagian atas dari usus kecil.

– Pengertian Skizofrenia
Definisi Skizofrenia adalah
gangguan pikiran yang signifikan. Untuk mendiagnosis Skizofrenia, psikiater mencari dua atau lebih dari gejala berikut: delusi, halusinasi, bicara tidak teratur, perilaku yang sangat tidak teratur, perilaku katatonik (tidak ada gerakan sama sekali), emosi sedikit (dibandingkan dengan orang normal), kesulitan bicara, atau kurangnya perilaku bertujuan (kesulitan mendapatkan hal-hal untuk dilakukan). Karena masalah-masalah lain dapat menyebabkan gejala-gejala yang sama, psikiater mencari masalah yang bertahan enam bulan atau lebih sebelum mereka mendiagnosis skizofrenia. Skizofrenia mungkin dapat sebagian dikendalikan dengan obat, namun biasanya tidak menyembuhkan.

– Pengertian Sklera
Definisi Sklera adalah
bagian terluar mata yang melindungi, kuat dan berwarna putih.

– Pengertian Skleroderma
Definisi Skleroderma
berarti “kulit keras”, penyakit yang menyebabkan jaringan parut (fibrosis) pada kulit. Skleroderma dapat berkisar dari lokal di kulit sampai sistemik sehingga dan memengaruhi organ-organ internal.

– Pengertian Sklerosis Lateral Amiotropik
Definisi Sklerosis lateral amiotropik (amyotrophic lateral sclerosis) adalah
gangguan neurologis yang ditandai dengan degenerasi terminal progresif sel-sel motorik di sumsum tulang belakang dan otak. Saraf di otak yang mengontrol gerakan otot menyusut dan fungsi otot secara bertahap menghilang; juga disebut penyakit Lou Gehrig.

– Pengertian Skoliosis
Definisi Skoliosis adalah
tulang punggung melengkung ke samping, membentuk kurva berbentuk S atau C dan mungkin menyebabkan pinggul dan bahu miring. Skoliosis adalah kondisi yang umum pada masa anak-anak dan remaja awal, ketika mereka tumbuh cepat (dikenal sebagai juvenile scoliosis). Anak perempuan lebih mungkin untuk memilikinya daripada anak laki-laki. Skoliosis dapat disebabkan oleh cacat lahir, kejang otot, peradangan atau memiliki panjang kaki yang berbeda. Kondisi ini bisa bersifat permanen atau sementara. Skoliosis berat mungkin perlu koreksi bila menimbulkan gangguan penampilan dan fungsi tubuh.

– Pengertian Skrining
Definisi Skrining atau penapisan adalah penggunaan tes atau metode diagnosis lain untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau kondisi tertentu sebelum menyebabkan gejala apapun. Untuk banyak penyakit (misalnya, kanker) pengobatan dini mengarahkan hasil yang lebih baik. Tujuan skrining adalah menemukan penyakit ini sehingga pengobatan dapat dimulai sedini mungkin.

– Pengertian Skrining Genetik
Definisi Skirining genetik atau penapisan genetik adalah
setiap uji laboratorium yang digunakan untuk langsung mendeteksi kelainan, cacat, atau kekurangan dalam gen atau kromosom manusia.

– Pengertian Skrining Obat
Definisi Skrining obat adalah
penggunaan sel dan jaringan di laboratorium untuk mengidentifikasi obat dengan fungsi tertentu.

– Pengertian Skrining Serum Maternal
Definisi Skrining serum maternal
mengacu pada proses pengujian darah wanita untuk tanda-tanda cacat lahir pada janinnya. Hal ini biasanya dilakukan pada minggu ke-16 s.d. ke-18 kehamilan.

loading...

Comments are closed.