Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rentang Gerak – Reseptor Progesteron)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rentang Gerak – Reseptor Progesteron) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rekombinan – Renin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Rentang Gerak - Reseptor Progesteron)

– Pengertian Rentang Gerak
Definisi Rentang gerak (range of motion) adalah
seberapa jauh sendi dapat bergerak bebas. Rentang gerak normal siku, misalnya, adalah lengan bawah melalui setengah lingkaran. Rentang gerak pasif diuji ketika anggota badan rileks oleh lain yang menggerakan sendi. Rentang gerak aktif diuji dengan gerakan yang dikontrol oleh pasien.

– Pengertian Replikasi
Definisi Replikasi adalah
pelipatgandaan atau reproduksi, khusus digunakan ketika mengacu pada virus.

– Pengertian Reproduksi Aseksual
Definisi Reproduksi aseksual adalah
tipe reproduksi di mana suatu organisme mereplikasi sendiri, dengan tunas atau pembelahan, tanpa keterlibatan dari organisme lain.

– Pengertian Reproduksi Berbantuan Medis
Definisi Reproduksi berbantuan medis (medically assisted reproduction) adalah
reproduksi yang dihasilkan melalui induksi ovulasi, stimulasi ovarium terkontrol, pemicuan ovulasi (ovulation triggering), prosedur teknologi reproduksi berbantuan, dan inseminasi intrauterin, intraservikal, atau intravag1nal dengan sperma dari suami / pasangan atau donor.

– Pengertian Reseksi Abdominoperineal
Definisi Reseksi abdominoperineal adalah
pembedahan untuk mengangkat anus, rektum, dan bagian dari usus sigmoid melalui sayatan yang dibuat di perut. Ujung usus dilekatkan pada sebuah lubang di permukaan perut dan limbah tubuh dikumpulkan dalam kantong sekali pakai di luar tubuh. Pembukaan ini disebut kolostomi. Pembedahan ini juga dapat untuk menghapus kelenjar getah bening yang mengandung kanker.

– Pengertian Reseksi Endometrium
Definisi Reseksi endometrium adalah
prosedur untuk menghapus dinding rahim (endometrium).

– Pengertian Reseksi Ginjal
Definisi Reseksi ginjal adalah
istilah lain untuk nefrektomi atau bedah pengangkatan ginjal.

– Pengertian Reseksi Hepatik
Definisi Reseksi hepatik adalah
operasi pengangkatan sebagian dari hati, dapat dilakukan untuk mengobati kanker hati.

– Pengertian Reseksi Lengkap
Definisi Reseksi lengkap adalah
di mana semua tumor telah benar-benar dihapus selama operasi, sebagai lawan dari reseksi tidak lengkap.

– Pengertian Reseksi Radikal
Definisi Reseksi radikal adalah
bedah reseksi atau penghapusan organ atau bagian tubuh, yang juga mengambil sistem suplai darah dan sistem getah bening yang memasok organ.

– Pengertian Reseptor
Definisi Reseptor adalah:
Sebuah sel sensoris khusus yang merespon jenis stimulus tertentu seperti cahaya, suara, atau molekul bau, dan mengirimkan informasi tersebut ke sistem saraf pusat. Molekul khusus pada permukaan sel yang merespon sinyal eksternal. Ketika reseptor menerima utusan kimia atau obat pengikat reseptor, berbagai fungsi sel diaktifkan atau dihambat. Virus harus mengikat reseptor dalam rangka untuk memasuki sel.

– Pengertian Reseptor HER2
Definisi Reseptor HER2 adalah
protein pada sel yang memungkinkan faktor pertumbuhan untuk mengikat ke sel. HER2 mempengaruhi seberapa cepat sel tumbuh. HER2 juga disebut HER2-neu atau c-ERBB2.

– Pengertian Reseptor Hormon
Definisi Reseptor hormon adalah
protein dalam sel yang memungkinkan hormon untuk mengikat ke sel. Reseptor hormon mempengaruhi apakah pertumbuhan sel dipengaruhi oleh hormon.

– Pengertian Reseptor Hormon Negatif
Definisi Reseptor hormon negatif adalah
istilah untuk menggambarkan sel-sel kanker tanpa reseptor estrogen dan/ atau reseptor progesteron. Kanker payudara dengan reseptor hormon negatif tidak merespon terapi hormon.

– Pengertian Reseptor Hormon Steroid
Definisi Reseptor hormon steroid adalah
protein dalam sel yang mengikat hormon steroid tertentu. Pengikatan hormon steroid mengubah bentuk protein reseptor dan mengaktifkan transkripsi gen. Dengan cara ini, suatu hormon steroid dapat mengaktifkan sintesis protein tertentu.

– Pengertian Reseptor Progesteron
Definisi Reseptor progesteron adalah
sebuah protein yang mungkin hadir pada sel-sel tertentu yang dapat melampirkan molekul progesteron. Istilah “RP positif” mengacu pada sel-sel tumor yang mengandung protein reseptor progesteron. Sel-sel ini umumnya sensitif terhadap terapi hormon seperti tamoxifen dan kelas baru obat yang disebut inhibitor aromatase yang menghambat efek progesteron.

To top