Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Plasmid – Pneumotoraks)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Plasmid – Pneumotoraks) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pireksia – Plasmasitoma). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Plasmid - Pneumotoraks)

– Pengertian Plasmid
Definisi Plasmid adalah
penentu herediter ekstrakromosomal. Plasmid merupakan molekul melingkar DNA mereplikasi diri yang ditemukan dalam berbagai bakteri, spesies archaea, jamur, alga, dan tanaman.

– Pengertian Plasmid Konjugatif
Definisi Plasmid konjugatif (conjugative plasmid) adalah
plasmid yang membawa gen untuk pili seks dan dapat mentransfer salinan dirinya ke bakteri lain selama konjugasi.

– Pengertian Plastisitas
Definisi Plastisitas adalah
kemampuan untuk berubah dari satu jenis sel ke jenis yang lain. Sebagai contoh, dari sebuah sel batang mesenchymal (jaringan ikat) menjadi osteoblas (sel progenitor tulang).

– Pengertian Platelet
Definisi Platelet adalah
potongan kecil dari sebuah sel yang ditemukan dalam darah yang terlepas dari sel besar yang ditemukan di sumsum tulang. Platelet membantu menyembuhkan luka dan mencegah perdarahan dengan membentuk gumpalan darah. Juga disebut trombosit.

– Pengertian Pleksus Brakialis
Definisi Pleksus brakialis adalah
jaringan saraf di leher dan bahu.

– Pengertian Pleksus Koroid
Definisi Pleksus koroid (choroid plexus) adalah
bagian otak yang memproduksi cairan serebrospinal (CSF). Struktur ini terdiri dari bed kapiler yang kaya, pia mater, dan sel-sel epitel koroid dan terletak di bagian-bagian tertentu dari sistem ventrikel otak. Pleksus koroid yang menghasilkan sekitar 400-500 ml cairan setiap hari atau sekitar 0,3 cc per menit. Total volume CSF pada tengkorak pada waktu tertentu adalah sekitar 140 ml. Hal ini berarti tubuh memproduksi, menyerap dan mengisi ulang total volume CSF sekitar 3-4 kali sehari.

– Pengertian Pleura
Definisi Pleura adalah
lapisan tisu tipis yang menutupi paru-paru dan melapisi dinding bagian dalam rongga dada. Melindungi dan membantali paru-paru, jaringan ini mengeluarkan sejumlah kecil cairan yang bertindak sebagai pelumas, yang memungkinkan paru-paru untuk bergerak dengan lancar di rongga dada saat bernapas.

– Pengertian Pleurisi
Definisi Pleurisi adalah
peradangan pleura.

– Pengertian Plexus Brakhialis
Definisi Plexus brakialis adalah
jaringan saraf yang berasal dari servikus vertabrae dan memanjang ke bahu, lengan, dan jari.

– Pengertian Pluripoten
Definisi Pluripoten adalah
potensi dari sel induk yang menggambarkan kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi semua jenis sel khusus dalam tubuh. Secara ilmiah, sebuah sel disebut pluripoten jika mampu membuat turunan dari ketiga lapisan (dasar) germinal: endoderma (jaringan usus), mesoderma (termasuk darah, otot, dan pembuluh), dan ektoderma (seperti kulit dan saraf) .

– Pengertian Pneumonektomi
Definisi Pneumonektomi adalah
pembedahan untuk menghapus keseluruhan dari salah satu paru-paru. Dalam pneumonektomi parsial, satu atau lebih lobus dari paru-paru dikeluarkan.

– Pengertian Pneumonia
Definisi Pneumonia adalah
radang paru-paru, biasanya disebabkan oleh infeksi. Tiga penyebab umum pneumonia adalah bakteri, virus dan jamur. Pneumonia juga dapat disebabkan oleh menghirup cairan atau bahan kimia. Pnemonia aspirasi (atau inhalasi) adalah pembengkakan dan iritasi paru-paru yang disebabkan oleh asap dari bahan kimia seperti semprotan serangga, pembersih kolam renang, bensin, atau zat lain. Dalam semua kasus, kantung udara paru-paru berisi nanah, dahak/lendir, dan cairan lain dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Oksigen tidak dapat sepenuhnya mencapai darah dan sel-sel tubuh. Gejala pneumonia antara lain adalah demam, menggigil, kekakuan otot, nyeri dada, batuk, sesak napas, denyut jantung cepat dan kesulitan bernafas.. Orang yang paling berisiko pneumonia adalah lansia lebih dari 65 tahun atau bayi di bawah 2 tahun, atau mereka yang memiliki masalah kesehatan (misalnya AIDS).

– Pengertian Pneumonia Eosinofilik
Definisi Pneumonia eosinofilik,
juga disebut infiltrat paru dengan sindrom eosinofilia sindrom, adalah sekelompok penyakit paru-paru di mana eosinofil (sejenis sel darah putih) berakumulasi di paru-paru dan mungkin juga aliran darah. Gejala pneumonia eosinofilik termasuk batuk, bersin, atau sesak napas, dan beberapa orang mengembangkan kegagalan pernapasan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, bahan kimia, jamur, atau parasit.

– Pengertian Pneumonia Interstisial Akut
Definisi Pneumonia interstisial akut (AIP) adalah
kondisi pernapasan langka yang ditandai dengan pembentukan membran hialin di paru-paru.

– Pengertian Pneumonitis
Definisi Pneumonitis adalah
radang paru-paru. Biasanya disebabkan oleh reaksi alergi hipersensitif terhadap pemaparan berulang terhadap partikel organik seperti cetakan, debu sekam, dan bahan kimia.

– Pengertian Pneumoperitoneum
Definisi Pneumoperitoneum adalah
kehadiran udara dalam rongga peritoneal.

– Pengertian Pneumotoraks
Definisi Pneumotoraks adalah
udara yang terperangkap di dalam rongga pleura (daerah antara paru-paru dan dinding dada), yang menyebabkan paru-paru mengempis.

loading...

Comments are closed.