Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ensefalitis – Eosinofil)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ensefalitis – Eosinofil) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (ERCP – Enkopresis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ensefalitis - Eosinofil)

– Pengertian Ensefalitis
Definisi Ensefalitis adalah
radang otak yang disebabkan oleh virus. Ensefalitis bisa menyebabkan kerusakan otak permanen atau kematian.

– Pengertian Ensefalokel
Definisi Ensefalokel (encephalocele) adalah
cacat tabung saraf yang langka di mana tengkorak bayi tidak menutup sepenuhnya. Sebagian otak bayi mungkin keluar melalui lubang di tengkorak. Kadang-kadang, bagian dari membran yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang (meninges) dan cairan serebrospinal juga keluar melalui pembukaan tengkorak..Ensefalokel dapat berada di dasar tengkorak, d daerah sinus hidung dan dahi, atau di puncak tengkorak.

– Pengertian Ensefalomyelitis
Definisi Ensefalomyelitis (encephalomyelitis) adalah
radang otak dan sumsum tulang belakang.

– Pengertian Ensefalopati
Definisi Ensefalopati adalah
sebuah istilah umum yang menggambarkan disfungsi otak. Contohnya termasuk ensefalitis, meningitis, kejang dan trauma kepala.

– Pengertian Ensefalopati Hepatik
Definisi Ensefalopati Hepatik adalah
gangguan fungsi otak akibat kerusakan hati tingkat lanjut. Hal ini terjadi ketika hati yang rusak tidak dapat lagi efektif menyaring racun dari aliran darah.

– Pengertian Enteritis
Definisi Enteritis adalah
peradangan usus (terutama usus kecil), yang disebabkan oleh iritasi, racun, infeksi virus atau bakteri, atau faktor lain yang tidak diketahui. Gejala enteritis sangat bervariasi tetapi biasanya meliputi diare yang mungkin disertai tinja berdarah dan kram perut yang menyakitkan.

– Pengertian Enterobacter sakazakii
Definisi Enterobacter sakazakii
Mikroorganisme jarang yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Enterobacter cloacae berpigmen kuning dan diakui sebagai suatu spesies terpisah pada tahun 1980. Bakteri ini terlibat dalam beberapa kasus neonatal meningitis dan sepsis. Pada sebagian besar kasus susu formula bayi telah dicurigai menjadi sumber infeksi. E. sakazakii telah ditemukan menjadi kontaminan susu formula bubuk, dan telah ditemukan pada produk susu formula yang tidak digunakan di 13 negara.

– Pengertian Enterokel
Definisi Enterokel adalah
herniasi usus kecil ke dalam vagina

– Pengertian Enterotoksin
Definisi Enterotoksin adalah
sitotoksin khusus untuk sel-sel mukosa usus.

– Pengertian Enuresis
Definisi Enuresis adalah
kebocoran urin (ngompol), terutama pada malam hari di tempat tidur. Istilah ini umumnya hanya digunakan untuk anak-anak yang belum bisa mengontrol waktunya berkemih/ buang air kecil. Pada orang dewasa, istilah yang dipakai adalah inkontinensia urin.

– Pengertian Enzim
Definisi Enzim adalah
molekul yang sebagian besar berupa protein yang berfungsi sebagai katalis biologis. Enzim memiliki tiga karakteristik utama. Pertama, meningkatkan laju reaksi seluler. Berkat enzim, kebanyakan reaksi seluler berlangsung satu juta kali lebih cepat daripada tanpa kehadiran enzim. Kedua, enzim bekerja secara khusus hanya dengan reaktan tertentu (disebut substrat) untuk menghasilkan produk. Enzim mengikat untuk sementara satu atau lebih reaktan untuk menurunkan jumlah energi aktivasi yang diperlukan sehingga mempercepat reaksi. Karakteristik ketiga dan yang paling luar biasa adalah enzim diatur dari keadaan aktivitas rendah ke aktivitas tinggi dan sebaliknya..Sebuah sistem hidup mengontrol aktivitasnya melalui enzim. Ada sekitar 3.000 enzim yang secara genetik diprogram untuk memelihara kelangsungan hidup. Jika satu enzim saja hilang atau rusak, dampaknya bisa terjadi bencana.

– Pengertian Enzim Biotransformasi
Definisi Enzim biotransformasi (fase I dan fase II) adalah
enzim yang terlibat dalam metabolisme dan eliminasi dari berbagai senyawa eksogen (obat, racun dan karsinogen) dan senyawa endogen (hormon steroid). Secara umum, enzim biotransformasi fase I, termasuk dari keluarga sitokrom P450, mengkatalisis reaksi yang meningkatkan reaktivitas senyawa yang larut dalam lemak dan mempersiapkan mereka untuk reaksi yang dikatalisis oleh enzim biotransformasi fase II. Reaksi yang dikatalisis oleh enzim fase II umumnya meningkatkan kelarutan air dan mempromosikan penghapusan senyawa.

– Pengertian Enzim Hati
Definisi Enzim hati
: lihat aminotransferase.

– Pengertian Enzootik
Definisi Enzootik adalah
sebuah penyakit yang selalu hadir dalam komunitas hewan, tetapi hanya pada sejumlah kecil kasus.

– Pengertian Eosinofil
Definisi Eosinofil atau granulosit eosinofil adalah
jenis sel darah putih yang diproduksi dalam sumsum tulang dan membentuk 1 sampai 3% dari jumlah sel darah putih. Eosinofil terlibat dalam perlindungan terhadap organisme multisel/parasit. Eosinofil memiliki inti dengan dua lobus yang dihubungkan oleh benang kromatin, dan sitoplasma yang berisi butiran kasar (granulosit). Eosinofil antara lain adalah jenis sel yang sering ditemukan pada lendir hidung yang mengindikasikan alergi.

loading...

Comments are closed.