Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dermis – Diabetes Tipe 2)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dermis – Diabetes Tipe 2) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dermatitis – Dermatosis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dermis - Diabetes Tipe 2)

– Pengertian Dermis
Definisi Dermis adalah
lapisan tengah kulit (di bawah epidermis) yang mengandung serat kolagen, serat elastis, asam hialuronik, pembuluh darah dan pembuluh limfatik, folikel rambut, saraf, kelenjar, dan banyak lainnya..Ini adalah “otak” dari kulit, juga disebut kutis. Dermis terdiri dari dua lapisan: stratum papilare dan stratum retikulare.

– Pengertian DES
Definisi DES (diethylystilbestrol) adalah
estrogen sintetik non-steroid. Perempuan yang rahimnya terekspos zat ini memiliki peningkatan risiko karsinoma vagina dan serviks.

– Pengertian Desibel
Definisi Desibel (dB) adalah
unit logaritmik yang digunakan untuk menentukan tingkat tekanan suara relatif terhadap tekanan suara referensi yang menjadi patokan. Angka nol desibel pada Audiometer ditetapkan menurut tekanan suara referensi untuk frekuensi tertentu.

– Pengertian Desidua
Definisi Desidua (decidua) adalah
sebuah membran mukosa yang melapisi rahim (endometrium), yang berubah selama kehamilan dan diluruhkan pada saat nifas atau menstruasi.

– Pengertian Deskuamasi
Definisi Deskuamasi adalah
istilah yang diberikan untuk kulit yang bersisik atau mengelupas.

– Pengertian Desmosom
Definisi Desmosom adalah
struktur yang menempel erat pada keratinosit yang berdekatan, bukan seperti semen di antara batu bata.

– Detasemen Retina
Definisi Detasemen retina
, lihat ablasi retina.

– Pengertian Detoksifikasi
Definisi Detoksifikasi adalah
penghapusan toksik (zat beracun) dari tubuh. Detoksifikasi darah adalah fungsi penting dari hati.

– Pengertian Deviasi Septum Hidung
Definisi Deviasi Septum hidung
yang ideal berada tepat di garis tengah, memisahkan sisi kiri dan kanan hidung dengan ukuran yang sama. Namun, pada 80 persen orang, septum hidung tidak berada di tengah. Deviasi septum hidung terjadi ketika septum ini bergeser terlalu jauh dari garis tengah..Deviasi atau dislokasi septum hidung dapat hadir pada saat lahir atau terjadi kemudian karena trauma. Kondisi ini dapat menyebabkan obstruksi jalan napas. Gejala yang paling umum dari septum yang terlalu menyimpang atau bengkok adalah kesulitan bernapas melalui hidung. Gejala biasanya memburuk pada satu sisi. Dalam beberapa kasus septum yang bengkok dapat mengganggu drainase sinus, sehingga menyebabkan infeksi sinus (sinusitis) berulang.

– Pengertian DEXA
Definisi DEXA atau DXA (dual absorptiometri x-ray) adalah
metode referensi untuk penentuan kepadatan tulang, massa non-lemak dan lemak.

– Pengertian DEXA Scan
Definisi DEXA Scan adalah
pemeriksaan kepadatan tulang dengan Dual energy X-ray absorptiometry (DEXA) yang memanfaatkan sinar-X gelombang ganda untuk membedakan jaringan lunak (tisu) dan tulang. Hasil DEXA scan dapat digunakan untuk menegakkan diagnosis osteoporosis.

– Pengertian Diabetes Anak-Anak
Definisi Diabetes anak-anak (juvenile diabetes) adalah
 istilah lama untuk diabetes tipe 1.

– Pengertian Diabetes Gestasional
Definisi Diabetes gestasional adalah
jenis diabetes mellitus yang berkembang hanya selama kehamilan dan biasanya menghilang pada saat persalinan, tetapi meningkatkan risiko sang ibu akan mengembangkan diabetes kemudian.

– Pengertian Diabetes Insipidus
Definisi Diabetes Insipidus adalah
gangguan mirip yang dengan diabetes mellitus dalam hal menyebabkan gejala seperti rasa haus dan produksi urin yang meningkat, tapi berbeda penyebab, frekuensi, pengobatan, dan komplikasi yang terkait. Diabetes insipidus adalah akibat dari kurangnya produksi arginin vasopresin (hormon antidiuretik/ADH) oleh hipofisis atau kurangnya respon ginjal terhadap ADH, menyebabkan ketidakmampuan ginjal untuk menahan air. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan serum natrium tinggi jika tidak diobati. Diabetes inspididus adalah kondisi yang jauh lebih jarang daripada diabetes mellitus.

– Pengertian Diabetes Labil
Definisi Diabetes labil adalah
istilah yang digunakan untuk menunjukkan bila gula/glukosa darah seseorang seringkali berubah cepat dari tinggi ke rendah dan dari rendah ke tinggi. Juga disebut diabetes rapuh (brittle diabetes).

– Pengertian Diabetes Mellitus
Definisi Diabetes mellitus adalah
gangguan metabolik kronis yang ditandai oleh kurangnya sekresi insulin dan/atau peningkatan resistensi seluler terhadap insulin, sehingga kadar darah gula sederhana (glukosa) meningkat dan dapat menciptakan komplikasi yang melibatkan kerusakan pada mata, ginjal, sistem saraf dan sistem vaskular.

– Pengertian Diabetes Tipe 1
Definisi Diabetes tipe 1 atau insuline-dependent diabetes 
dulu pernah disebut sebagai diabetes anak-anak karena pertamakali didiagnosis biasanya pada anak-anak. Belakangan istilah ini dinilai kurang tepat karena diabetes tipe 1 juga bisa terdiagnosis pertamakali pada usia yang lebih dewasa..Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Karena insulin diperlukan untuk memasukkan glukosa ke sel-sel tubuh, penderita diabetes tipe 1 harus mengambil suntikan insulin setiap hari.

– Pengertian Diabetes Tipe 2
Definisi Diabetes Tipe 2 adalah
jenis kedua diabetes yang lebih umum, di mana pankreas dapat memproduksi insulin, tetapi tidak cukup. Insulin mungkin harus disuntikkan pada beberapa orang untuk mengubah gula menjadi energi. Kadang-kadang diabetes tipe 2 dapat dikelola dengan baik dengan tetap berdisiplian dengan diet yang tepat dan rutinitas olahraga.


Comments are closed.