Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Aglikon – Ahli Patologi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Dalam Kesehatan (Aglikon – Ahli Patologi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca di MenurutParaAhli.com. Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Istilah Dalam Kesehatan (Aglikon - Ahli Patologi)

– Pengertian Aglikon
Definisi Aglikon (aglycone) adalah komponen non gula dari suatu glikosida. Pembelahan ikatan glikosidik dari glikosida menghasilkan suatu bentuk gula dan aglikon.

– Pengertian Aglutinasi
Definisi Aglutinasi adalah penggumpalan sel-sel atau partikel.

– Pengertian Agonis
Definisi Agonis adalah Sekelompok otot yang menghasilkan gerakan tubuh ke arah tertentu. Ketika gerakan apapun terjadi, ada dua set otot yang bekerja pada sendi. Otot-otot pada satu sisi sendi harus mengendur (rileks) sehingga otot-otot di sisi lain dapat mengencang (kontraksi). Agonis mengacu pada sekelompok otot yang berkontraksi. Sebagai contoh, ketika seseorang menekuk lengannya pada siku, bisep dan trisep bekerja dengan cara ini. Otot bisep adalah agonis. Sebuah ligan yang mengikat reseptor dan mengubah keadaan reseptor sehingga menghasilkan respon biologis.

– Pengertian Agonis Andregenik Alfa-2
Definisi Agonis andregenik alfa-2 (alpha 2-adrenergik agonist) adalah kelas obat yang memiliki efek terhadap sistem saraf pusat (SSP). Ada dua sistem dalam SSP yang memiliki efek berlawanan. Salah satu sistem bertindak untuk meningkatkan denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah selama masa stres. Sistem ini dikendalikan oleh suatu neurotransmiter yang disebut norepinefrin. Agonis andregenik alfa-2 menurunkan aktivitas norepinefrin sehingga menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

– Pengertian Agonis Parsial
Definisi Agonis parsial adalah agonis yang menghasilkan respon maksimal kurang dari respon maksimal yang dihasilkan oleh agonis lain yang bekerja pada reseptor yang sama pada jaringan yang sama, sebagai akibat dari aktivitas intrinsik yang lebih rendah.

– Pengertian Agonis Penuh
Definisi Agonis penuh adalah agonis yang menghasilkan respon maksimal terbesar dari setiap agonis yang diketahui bekerja pada reseptor yang sama.

– Pengertian Agonis Terbalik
Definisi Agonis terbalik (inverse) adalah ligan yang mengikat sebuah reseptor sehingga mengurangi proporsi jumlah reseptor dalam konformasi aktif, yang mengurangi aktivitas basal. Hal ini dapat terjadi jika beberapa reseptor dalam bentuk aktif dengan tidak ada agonis konvensional.

– Pengertian Agorafobia
Definisi Agorafobia adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa takut yang kuat sehubungan dengan berada di situasi di mana melarikan diri mungkin akan sulit atau memalukan (misalnya, berada di bus atau kereta api), atau di mana bantuan mungkin tidak tersedia pada saat terjadi serangan atau gejala panik.

– Pengertian Agregasi
Definisi Agregasi adalah berkumpulnya atau bergabungnya bagian-bagian yang terpisah.

– Pengertian Agregasi Familial
Definisi Agregasi familial adalah materi atau massa yang mengumpul/ menggumpal.

– Pengertian Ahli Anestesi
Definisi Ahli anestesi adalah seorang dokter spesialis yang mengkhususkan diri dalam praktek anestesiologi, cabang kedokteran yang melibatkan penggunaan obat atau agen lain yang menyebabkan ketidakpekaan terhadap rasa sakit.

– Pengertian Ahli Bedah
Definisi Ahli bedah adalah seorang dokter yang merawat penyakit, cedera, atau cacat dengan metode operasi atau pembedahan. Definisi dari “ahli bedah” telah mulai kabur dalam beberapa tahun terakhir karena ahli bedah telah mulai meminimalkan pemotongan, menggunakan teknologi baru yang “invasif minimal,” menggunakan laparoskop, dll.

– Pengertian Ahli Bedah Mulut
Definisi Ahli bedah mulut adalah penyedia layanan kesehatan mulut yang melakukan berbagai jenis prosedur bedah di dalam dan di sekitar wajah, mulut, dan daerah rahang.

– Pengertian Ahli Bedah Onkologi
Definisi Ahli Bedah Onkologi adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam menggunakan operasi untuk mengobati kanker.

– Pengertian Ahli Bedah Saraf
Definisi Ahli bedah saraf adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam operasi untuk mengobati gangguan sistem saraf.

– Pengertian Ahli Gizi
Definisi Ahli gizi (dietitian) adalah seorang profesional medis yang mengkhususkan diri dalam dietetika, studi tentang gizi dan penggunaan diet khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit.

– Pengertian Ahli Onkologi Medis
Definisi Ahli onkologi medis adalah seorang dokter yang secara khusus dilatih untuk mendiagnosa dan mengobati kanker dengan kemoterapi dan obat lain.

– Pengertian Ahli Ortopedi
Definisi Ahli ortopedi adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengevaluasi dan mengobati masalah tulang dan struktur terkait, seperti sendi, saraf, otot, tendon, dan ligamen. Juga disebut ahli bedah ortopedi.

– Pengertian Ahli Ortopedi Pediatrik
Definisi Ahli ortopedi pediatrik (pediatric orthopaedist) adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam kedokteran ortopedi untuk anak-anak. Juga disebut ahli bedah ortopedi anak.

– Pengertian Ahli Patologi
Definisi Ahli patologi adalah dokter yang mengidentifikasi penyakit dengan mempelajari sel dan jaringan di bawah mikroskop.

loading...

Comments are closed.