Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tulang Hioid – Tumor Jinak)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tulang Hioid – Tumor Jinak) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Trombus – Tulang Enkondral). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Tulang Hioid - Tumor Jinak)

– Pengertian Tulang Hioid
Definisi Tulang hioid adalah tulang yang berbentuk seperti huruf U, terletak di antara laring dan mandibula. Tulang hioid berfungsi sebagai tempat melekatnya beberapa otot mulut dan lidah.

– Pengertian Tulang Kerangka
Definisi Tulang kerangka (skeletal bones) adalah kerangka tubuh manusia yang terdiri dari 206 tulang. Tulang kerangka terdiri dari:
Kerangka aksial: yang terdiri dari 80 tulang kepala dan tubuh
Kerangka apendikular: yang terdiri dari 126 tulang anggota gerak atas dan bawah.

– Pengertian Tulang Kompak
Definisi Tulang kompak adalah bagian tulang yang tampaknya sangat keras ketika dilihat oleh mata normal, tetapi sangat hampa pada tingkat mikroskopis. Tulang ini memiliki kanal-kanal kecil yang disebut kanalikuli, yang dipenuhi dengan pembuluh darah dan bergabung ke kanal besar yang disebut kanal Haversian. Tulang kompak juga kaya dengan saraf. Kekerasan tulang dibuat oleh struktur seperti laba-laba ostesit, sel-sel tulang dewasa, yang mengelilingi kanalikuli dan Heversian.

– Pengertian Tulang Martil
Definisi Tulang martil (malleus) adalah satu dari tiga tulang kecil yang berada di telinga bagian dalam. Tulang ini bergetar merespon suara dan kemudian mengirimkan suara ke tulang kecil lain yang disebut tulang landasan (inkus). Kedua tulang itu bersama dengan tulang ketiga yaitu sanggurdi diperlukan untuk konduksi suara dan setiap kerusakan pada tulang-tulang ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

– Pengertian Tulang Rawan Artikular
Definisi Tulang rawan artikular adalah sebuah permukaan halus berkilau yang menutupi ujung tulang yang berartikulasi satu sama lain untuk membentuk sendi.

– Pengertian Tulang Rusuk
Definisi Tulang rusuk (kosta) adalah tulang-tulang yang melengkung dan membentuk bagian besar dari kerangka dada. Ada 12 tulang rusuk di setiap sisi dan berjejer ke bawah sedemikian rupa, diselingi spasi yang disebut ruang antar-kosta. Tujuh tulang pertama (1-7) disebut tulang rusuk sejati atau tulang rusuk vertebro-sternalis. Mereka terhubung di belakang dengan kolom tulang belakang, dan di depan dengan sternum (tulang dada), melalui kartilago kosta. Tiga tulang rusuk berikutnya (8-10) disebut tulang rusuk palsu atau tulang rusuk vertebro-kondral. Tulang-tulang rusuk ini memiliki kartilago kosta yang melekat pada tulang rawan dari tulang rusuk sejati di atasnya. Dua tulang rusuk yang terakhir (11-12) hanya melekat pada tulang punggung sehingga disebut tulang rusuk mengambang atau tulang rusuk vertebral.

– Pengertian Tulang Spons
Definisi Tulang spons adalah bagian berongga yang terletak menjelang tengah tulang. Di dalam tulang spons terdapat sumsum tulang merah dan sumsum tulang kuning. Sumsum tulang merah membuat sel darah merah. Sebagian dari sumsum tulang merah pada orang dewasa terletak di kepala dan femur hemerus. Sumsum tulang kuning menyimpan lemak.

– Pengertian Tulang Tengkorak
Definisi Tulang tengkorak adalah kelompok tulang di kepala, yang terdiri dari tulang kranium (tempurung kepala) dan tulang wajah.

– Pengertian Tulang Toraks
Definisi Tulang toraks adalah kandang yang membungkus dan melindungi organ-organ utama respirasi dan sirkulasi. Tulang ini memiliki bentuk kerucut, yang sempit di bagian atas dan lebih luas di bagian bawah, dan lebih panjang di belakang daripada di depan.
Tulang toraks terdiri dari tulang: tulang dada (sternum) dan tulang rusuk (costa).

– Pengertian Tulang Wajah
Definisi Tulang wajah adalah sekelompok 14 tulang terdiri dari dua rahang atas (maksila), rahang bawah (mandibula), dua tulang pipi (zigomatikus), dua tulang hidung (nasal), dua tulang air mata (lakrimal), dua tulang langit-langit (palatinus), dua tulang konka nasalis inferior dan tulang vomer. Anatomi tulang wajah adalah kompleks, namun elegan dan harmonis untuk melayani banyak fungsi seperti makan, ekspresi wajah, pernapasan, menangis, dan berbicara.

– Pengertian Tumor
Definisi Tumor adalah sebuah benjolan atau massa jaringan abnormal. Tumor bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Ada puluhan jenis tumor. Nama mereka biasanya mencerminkan jenis jaringan di mana mereka muncul, dan juga mungkin menunjukkan bentuk mereka atau bagaimana mereka tumbuh. Sebagai contoh, medulloblastoma adalah tumor yang muncul dari sel embrio (blastoma) di bagian dalam otak (medula). Diagnosis tergantung pada jenis dan lokasi dari tumor. Tes penanda tumor dan pencitraan dapat digunakan, beberapa tumor dapat dilihat (misalnya, tumor pada bagian luar kulit) atau teraba dengan tangan.

– Pengertian Tumor Ganas
Definisi Tumor ganas adalah tumor kanker, yang mungkin telah menembus jaringan atau organ serta berpindah ke situs lain (metastasis).

– Pengertian Tumor Jaringan Lunak Maligna
Definisi Tumor jaringan lunak maligna adalah tumor ganas jaringan lunak yang diklasifikasikan sebagai sarkoma. Tumor ini diduga berasal dari jaringan penghubung selain tulang, seperti otot, tendon, ligamen, lemak, dan tulang rawan. Tumor ini secara teknis berbeda dengan kanker yang jauh lebih umum atau karsinoma, yang muncul dari organ atau jaringan kelenjar (misalnya payudara, prostat, usus, hati, ginjal, paru-paru, kelenjar tiroid, dll). Tumor jaringan lunak maligna dapat terjadi pada hampir semua usia, tetapi paling umum pada orang antara 50 dan 70 tahun. Jenis-jenisnya termasuk histiositoma fibrosa maligna, liposarkoma, dan sarkoma sinovial, neurosarkoma, rhabdomiosarkoma, fibrosarkoma, hemangioperisitoma, dan angiosarkoma, tetapi ada banyak jenis lainnya.

– Pengertian Tumor Jinak
Definisi Tumor jinak adalah sebuah tumor yang bukan kanker

To top