Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Serangan Jantung – Serum Klorida)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Serangan Jantung – Serum Klorida) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sensitivitas – Sequela). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Serangan Jantung - Serum Klorida)

– Pengertian Serangan Jantung
Definisi Serangan jantung
, juga disebut infark miokard, adalah kematian otot jantung akibat hilangnya suplai darah. Hilangnya suplai darah biasanya disebabkan oleh penyumbatan lengkap sebuah arteri koroner, pembuluh darah yang memasok nutrisi dan oksigen ke otot jantung. Hilangnya suplai ini menyebabkan kematian otot jantung, yang ditandai oleh nyeri dada dan ketidakstabilan listrik pada jaringan otot jantung. Serangan jantung adalah kondisi serius yang berpotensi mematikan. Komplikasi serius dari serangan jantung antara lain mencakup fibrilasi ventrikel dan embolisme paru.

– Pengertian Serangan Panik
Definisi Serangan panik (panic attact) adalah
kecemasan atau panik yang intens dan tiba-tiba, disertai dengan peningkatan detak jantung, berkeringat dan sesak napas. Serangan panik dapat berlangsung dari detik sampai jam. Sebagian besar serangan panik dialami oleh orang yang memiliki gangguan kecemasan, namun penderita fobia spesifik, fobia sosial, atau orang yang telah menggunakan atau mengonsumsi zat tertentu, seperti kokain, juga dapat mengalaminya.

– Pengertian Serapan Biologis
Definisi Serapan biologis (biologic uptake) adalah
pengalihan zat dari lingkungan ke tanaman, hewan, dan manusia.

– Pengertian Serat Diet
Definisi Serat diet (dietary fiber) adalah
serat yang berasal dari dinding sel tebal tanaman. Zat ini adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna. Serat dibagi menjadi dua kategori umum: larut air dan tidak larut air. Serat larut air telah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Namun, dalam banyak studi, tingkat pengurangan kolesterol cukup rendah. Untuk alasan yang tidak diketahui, diet tinggi serat larut telah terbukti berkorelasi lebih baik dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dalam percobaan manusia. Serat larut juga dapat menurunkan tingkat gula darah, dan beberapa dokter percaya bahwa serat mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin pada penderita diabetes. Serat tidak larut bertindak sebagai pelunak tinja, yang mempercepat pencernaan melalui saluran usus. Untuk alasan ini, serat tidak larut adalah pengobatan yang efektif untuk sembelit. Pengurangan dalam “waktu transit” juga diduga berperan dalam hubungan antara diet tinggi serat dan penurunan risiko kanker usus besar.

– Pengertian Seri GI Atas
Definisi Seri GI atas adalah
tes diagnostik yang memeriksa anatomi bagian atas sistem pencernaan, yang mencakup esofagus, perut dan duodenum (bagian pertama usus kecil).

– Pengertian Serokonversi
Definisi Serokonversi adalah
pengembangan antibodi terhadap patogen, perubahan dalam status antibodi seseorang dari negatif ke positif.

– Pengertian Serokonversi HBeAg
Definisi Serokonversi HBeAg adalah
penanda yang digunakan untuk menunjukkan kesuksesan pengobatan kronis HBV dengan hilangnya HBeAg (antigen “e”) dan pengembangan HBeAb (antibodi “e”).

– Pengertian Seronegatif
Definisi Seronegatif adalah
ketiadaan antibodi terhadap patogen dalam darah.

– Pengertian Seropositif
Definisi Seropositif adalah
adanya antibodi terhadap patogen dalam darah.

– Pengertian Serostatus
Definisi Serostatus adalah
ada-tidaknya antibodi terhadap patogen dalam darah.

– Pengertian Serotipe
Definisi Serotipe adalah
bentuk suatu zat yang dibedakan dengan beberapa jenis tes laboratorium; berbagai bentuk zat dalam serum darah yang memicu reaksi kekebalan tubuh yang berbeda.

– Pengertian Serotonin
Definisi Serotonin adalah
neurotransmiter, zat kimia yang digunakan untuk membawa pesan antar neuron. Meskipun hanya sekitar 1% dari serotonin tubuh berada di otak, serotonin memiliki efek mendalam pada fungsi otak. (99% sisanya membantu membawa pesan di tempat lain di tubuh, seperti sumsum tulang belakang dan otot.). Efek serotonin sangat kompleks dan tidak dipahami sepenuhnya. Terlalu sedikit serotonin dapat menyebabkan depresi, dan obat-obatan yang meningkatkan kadar serotonin otak (selective serotonin reuptake inhibitor, atau SSRI) dapat mengurangi depresi. Namun, obat-obatan tersebut juga dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, kecemasan dan hilangnya libido.

– Pengertian Serum
Definisi Serum adalah
cairan bening yang dipisahkan dari sel-sel darah menggunakan sentrifus. Serum berbeda dari plasma, bagian cairan dari darah yang normalnya berisi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Serum juga tidak memiliki faktor pembekuan karena diperoleh dari darah yang telah dibiarkan menggumpal.

– Pengertian Serum Akut
Definisi Serum akut adalah
serum yang diperoleh dari seseorang yang terinfeksi virus akut, yang sering menunjukkan peningkatan antibodi imunoglobulin M terhadap virus.

– Pengertian Serum Alfa Fetoprotein Maternal
Definisi Serum alfa fetoprotein maternal
mengacu pada kadar protein yang diproduksi terutama oleh janin (alfa fetoprotein) yang ditemukan dalam darah ibu (serum). Pada orang dewasa fungsi protein ini sebagian besar tidak diketahui, namun pada janin digunakan untuk mengikat hormon tertentu dan mengangkutnya dalam darah. Tingkat alfa fetoprotein dalam sirkulasi ibu dapat berubah dalam kasus cacat tabung saraf janin atau sindrom Down. Pada orang yang tidak hamil, tingkat protein ini naik dalam beberapa jenis kanker.

– Pengertian Serum Klorida
Definisi Serum klorida adalah
klorida yang hadir dalam darah. Klorida adalah elektrolit yang terlibat dalam mempertahankan jumlah normal air dan keseimbangan asam-basa dalam cairan tubuh. Secara umum, tingkat serum klorida sangat erat kaitannya dengan tingkat natrium. Tingkat abnormal mungkin berhubungan dengan penyakit pada kelenjar adrenal, ginjal dan saluran pencernaan.

To top