Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Saraf – Scan Pengosongan Lambung)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Saraf – Scan Pengosongan Lambung) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Sakit Leher – Sanatorium). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Saraf - Scan Pengosongan Lambung)

– Pengertian Saraf
Definisi Saraf adalah
bundelan serat yang menggunakan sinyal kimia dan listrik untuk mengirimkan informasi sensorik dan motorik dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain.

– Pengertian Saraf Koklea
Definisi Saraf koklea atau saraf pendengaran adalah
saraf yang menghubungkan koklea dengan inti koklea di batang otak. Saraf ini terdiri dari dua jenis serat saraf: tipe I yang melintasi sel rambut dalam dan tipe II melintasi sel rambut luar.

– Pengertian Saraf Kranial
Definisi Saraf kranial adalah
salah satu dari 12 saraf berpasangan yang muncul dari permukaan bawah otak yang bersisian melewati bukaan di tengkorak ke periferi tubuh. Saraf tersebut adalah saraf penciuman (I), optik (II), okulomotor (III) , troklearis (IV), trigeminus (V) yang mencakup oftalmik (V1), rahang (V2), dan mandibula (V3), abdusens (VI), wajah (VII), vestibulokokhlear (VIII), glosofaringeal (IX), dan vagus (X).

– Pengertian Saraf Optik
Definisi Saraf optik adalah
bundel serat saraf yang menghubungkan mata ke otak. Ini adalah bagian dari jalur visual. Saraf optik membawa impuls yang dibentuk oleh retina ke otak, yang menafsirkannya sebagai gambar. Juga disebut nervus optikus.

– Pengertian Saraf Tulang Belakang
Definisi Saraf tulang belakang (spinal cord) adalah
sebuah kolom jaringan saraf yang menjalar dari dasar tengkorak ke punggung. Saraf ini dikelilingi oleh tiga selaput pelindung (meninges tulang belakang) dan terlindung di dalam vertebra (tulang belakang). Saraf tulang belakang dan otak membentuk apa yang disebut sistem saraf pusat.

– Pengertian Saraf Ulnaris
Definisi Saraf ulnaris adalah
saraf yang mengontrol otot-otot di tangan, lengan bawah dan jari.

– Pengertian Saraf Vagus
Definisi Saraf vagus adalah
saraf yang melayani banyak fungsi, termasuk mengatur asam lambung.

– Pengertian Sarin
Definisi Sarin adalah
racun syaraf yang merupakan inhibitor kolinesterase yang sangat kuat ireversibel.

– Pengertian Sarkoidosis
Definisi Sarkoidosis adalah
penyakit yang penyebabnya tidak diketahui yang menyebabkan benjolan-benjolan kecil (granuloma) akibat peradangan kronis yang muncul di berbagai jaringan tubuh. Sarkoidosis dapat muncul pada hampir semua organ tubuh, tetapi paling sering dimulai di paru-paru atau kelenjar getah bening. Penyakit ini juga mempengaruhi mata, hati, kulit, limpa, tulang, sendi, otot rangka, jantung dan sistem saraf pusat.

– Pengertian Sarkoma
Definisi Sarkoma adalah
tumor ganas yang tumbuh dari jaringan ikat, seperti tulang rawan, lemak, otot, atau tulang.

– Pengertian Sarkoma Ewing
Definisi Sarkoma Ewing (Ewing’s sarcoma) adalah
kanker yang paling sering timbul di bagian tengah tulang panjang kaki dan tangan tetapi juga bisa terjadi pada panggul dan tulang lainnya. Sarkoma Ewing terbentuk dalam rongga tulang. Kanker ini biasanya muncul pada anak-anak dan remaja dan jarang pada orang dewasa yang lebih tua dari 30.

– Pengertian Sarkoma Kaposi
Definisi Sarkoma Kaposi adalah
tumor kanker di jaringan ikat dan seringkali terkait dengan AIDS. Tumor muncul sebagai luka merah-kebiruan atau lesi ungu di kulit. Warna tersebut berasal dari fakta bahwa mereka kaya akan pembuluh darah. Lesi pertama mungkin muncul di kaki atau pergelangan kaki, paha, lengan, tangan, wajah, atau bagian lain tubuh. Mereka juga dapat muncul di bagian dalam tubuh.

– Pengertian Satuan Internasional
Definisi Satuan internasional (international unit/ IU) adalah
unit pengukuran yang terutama digunakan pada label nutrisi untuk vitamin A. Satu IU setara dengan 0,3 mcg retinol, 0,6 mcg beta-karoten, atau 1,2 mcg provitamin A karotenoid lainnya.

– Pengertian Scabies
Definisi Scabies atau kudis adalah
ruam sangat gatal yang disebabkan oleh tungau kecil yang hidup di kulit. Karena sangat kecil, tungau kudis hampir mustahil untuk dilihat tanpa perbesaran. Ruam biasanya melibatkan tangan, pergelangan tangan, payudara, daerah genital, dan pinggang. Dalam kasus yang parah, kudis dapat menyebar ke hampir seluruh tubuh, tetapi jarang di wajah.

– Pengertian Scan Pengosongan Lambung
Definisi Scan pengosongan lambung (gastric emptying scan) adalah
pemindaian yang mengukur kecepatan dan kesempurnaan pengosongan lambung. Tingkat pengosongan lambung dapat meningkat atau menurun dalam kondisi penyakit yang berbeda.

To top