Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pica – Piramida Makanan)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pica – Piramida Makanan) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Permukaan Anterior – Photoaging). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Pica - Piramida Makanan)

– Pengertian Pica
Definisi Pica adalah
istilah yang mengacu pada keinginan memakan zat yang bukan makanan. Bahan yang dikonsumsi oleh penderita pica termasuk kotoran, tanah liat, lem, pasir, kapur, lilin lebah, permen karet, pati binatu, dan rambut.

– Pengertian Pielonefritis
Definisi Pielonefritis adalah
radang pada ginjal dan saluran kemih bagian atas. Sebagian besar kasus pielonefritis adalah komplikasi dari infeksi kandung kemih (sistitis). Bakteri masuk ke dalam tubuh dari kulit di sekitar uretra, kemudian bergerak dari uretra ke kandung kemih. Kadang-kadang, penyebaran bakteri berlanjut dari kandung kemih dan uretra sampai ke ureter dan salah satu atau kedua ginjal. Infeksi ginjal yang dihasilkan disebut pielonefritis.

– Pengertian Pigmen
Definisi Pigmen adalah
sebuah zat yang memberi warna pada jaringan. Pigmen bertanggung jawab untuk warna kulit, mata, dan rambut.

– Pengertian Pijat Drainase Limfa
Definisi Pijat drainase limfa adalah
teknik pijat yang digunakan oleh ahli kecantikan atau terapis pijat untuk merangsang aliran getah bening untuk meningkatkan kesehatan klien.

– Pengertian Pijat Maternal
Definisi Pijat maternal adalah
memijat janin di dalam rahim.

– Pengertian Pil Oral
Definisi Pil oral (oral pills) atau pil KB adalah
sebuah metode kontrasepsi yang menghasilkan perubahan hormon untuk mencegah pelepasan telur setiap bulan, sehingga mencegah kehamilan. Pil harus rutin dikonsumsi untuk hasil yang efektif. Konsumsi pil oral tidak tanpa efek samping karena mengubah keadaan hormon alami tubuh.

– Pengertian Pilek
Definisi Pilek adalah
penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Pilek adalah penyakit yang sembuh sendiri (self-limiting) yang disebabkan oleh salah satu dari 200-an virus. Subtipe yang paling umum adalah kelompok yang tinggal di saluran hidung yang dikenal sebagai “rhinovirus.” Virus pilek lainnya yang kurang umum termasuk coronavirus, adenovirus, dan RSV. Pilek biasa menghasilkan gejala ringan yang hanya berlangsung 5-10 hari. Keluhan yang paling umum adalah ingusan, bersin, penyumbatan hidung, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk. Sebaliknya, flu (influenza), yang disebabkan oleh virus dari kelas yang berbeda, dapat memiliki gejala yang parah.

– Pengertian Pili
Definisi Pili adalah
struktur seperti benang yang hadir pada beberapa bakteri; pili lebih pendek dari flagela, dan digunakan untuk mendekatkan bakteri satu sama lain selama kawin dan dengan sel-sel hewan.

– Pengertian Piloroplasti
Definisi Piloroplasti (pyloroplasty) adalah
operasi untuk memperlebar pembukaan antara lambung dan usus kecil sehingga memungkinkan pergerakan isi perut yang lebih bebas dari lambung.

– Pengertian Pilorus
Definisi Pilorus adalah
pembukaan dari lambung ke dalam bagian pertama dari usus kecil (duodenum).

– Pengertian Pimozide
Definisi Pimozide adalah
obat antipsikotik atipikal yang digunakan untuk mengobati gangguan motorik dan oral serius yang terkait dengan sindrom tourette.

– Pengertian Pinna
Definisi Pinna adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagian luar telinga kita. Bagian luar telinga (daun telinga) hanya corong untuk mengumpulkan suara. Bagian utama dari telinga ada di dalam kepala. Telinga juga membantu untuk menjaga keseimbangan.

– Pengertian Pipa Nasogastrik
Definisi Pipa nasogastrik adalah
tabung plastik dengan sejumlah bukaan di ujung bawahnya, dilewatkan dari hidung ke lambung untuk dekompresi gas dan pengeringan akumulasi cairan.

– Pengertian Pipet
Definisi Pipet adalah
sebuah tabung kaca sempit yang menampung sejumlah kecil cairan yang disedot untuk transfer atau pengukuran.

– Pengertian Piramida Makanan
Definisi Piramida makanan adalah
panduan nutrisi untuk orang sehat yang berusia di atas dua tahun. Pedoman ini dikembangkan oleh Kementerian Pertanian AS (USDA), yang menekankan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dari lima kelompok utama dan meminimalkan asupan lemak dan gula. Jumlah harian dari setiap kelompok diwakili oleh bentuk segitiga. Piramida ini terdiri dari empat tingkat. Pada puncaknya adalah lemak dan gula, tingkat kedua adalah makanan dari hewan (susu dan daging), tingkat ketiga adalah makanan dari tanaman (sayuran dan buah-buahan), dan tingkat terbawah adalah makanan dari biji-bijian (roti, sereal, dan beras).

To top