Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ooforektomi Profilaksis – Organisme)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ooforektomi Profilaksis – Organisme) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Oksitosin – Onset). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ooforektomi Profilaksis - Organisme)

– Pengertian Ooforektomi Profilaksis
Definisi Ooforektomi profilaksis adalah
pembedahan yang dimaksudkan untuk mengurangi risiko kanker ovarium dengan menghapus ovarium sebelum penyakit berkembang.

– Pengertian Ooforitis
Definisi Ooforitis adalah
radang ovarium.

– Pengertian Ookista
Definisi Ookista (oocyst) adalah
fase berdinding tebal dalam siklus hidup parasit koksidian. Ini adalah fase atau tahap ketika ditumpahkan dalam tinja orang yang terinfeksi parasit sepertiCyclospora dan Cryptosporidium.

– Pengertian Oosit
Definisi Oosit adalah
sebuah sel germinal perempuan atau sel prokreasi, sel telur.

– Pengertian Openbite
Definisi Openbite (gigitan terbuka) adalah
kondisi ketika gigi seri atas dan gigi seri bawah tidak saling bersentuhan ketika menggigit. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti mendorong lidah, mengisap jari, atau ketika rahang tidak tumbuh merata. Ruang terbuka antar gigi depan ini menyebabkan semua tekanan ditempatkan pada gigi belakang. Tekanan yang berlebihan dan gesekan antar gigi belakang membuat aktivitas mengunyah kurang efisien dan dapat menyebabkan keausan gigi.

– Pengertian Operasi Bibir Sumbing Bedah
Definisi atau operasi bibir sumbing (cheiloplasty) adalah
prosedur bedah untuk memperbaiki cacat bibir sumbing. Bibir sumbing adalah bibir yang tidak bergabung dengan benar saat perkembangan embrio. Bedah ini mengoreksi cacat, mencegah masalah masa depan dalam pernapasan, wicara, dan makan, dan meningkatkan penampilan fisik seseorang. Bibir sumbing adalah kelainan pertumbuhan embrio bawaan yang kedua paling umum (Clubfoot adalah deformitas bawaan yang paling umum). Bibir sumbing lebih sering terjadi pada laki-laki. Bibir sumbing unilateral (hanya satu sisi), umumnya terjadi di sisi kiri, lebih umum daripada bibir sumbing bilateral (dua sisi).

– Pengertian Operasi Burr Hole
Definisi Operasi burr hole (burr hole surgery) adalah
bentuk operasi di mana lubang dibor ke dalam tengkorak, yang mengekspos dura mater (lapisan terluar dari membran yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang) dalam rangka untuk mengobati masalah kesehatan; digunakan untuk mengobati epidural/ subdural hematoma dan untuk mendapatkan akses bagi prosedur bedah lainnya seperti pemantauan tekanan intrakranial, dll.

– Pengertian Operasi Katarak
Definisi Operasi katarak adalah
pengangkatan lensa mata yang telah mengembangkan kekeruhan, yang disebut sebagai katarak. Perubahan metabolik pada serat lensa dari waktu ke waktu menyebabkan pengurangan transparansi lensa. Setelah operasi pengangkatan lensa, implan lensa intraokuler buatan dimasukkan. Operasi katarak umumnya dilakukan oleh seorang dokter mata secara rawat jalan (bukan rawat inap), di klinik bedah atau rumah sakit, dengan menggunakan anestesi lokal (baik topikal, peribulbar, atau retrobulbar). Lebih dari 90% operasi berhasil memulihkan penglihatan secara bermakna, dengan tingkat komplikasi yang rendah.

– Pengertian Operasi Katarak Intrakapsular
Definisi Operasi katarak intrakapsular adalah
operasi katarak di mana lensa beserta kapsulnya dihapus seluruhnya, prosedur ini jarang digunakan. Disebut juga ekstraksi katarak intrakapsular.

– Pengertian Operasi Vitreo Retinal
Definisi Operasi vitreoretinal adalah
prosedur bedah mata untuk mengatasi kelainan retina atau vitreus. Operasi ini antara lain dilakukan untuk memperbaiki ablasi mata, kerutan makula, retinopati diabetik, trauma mata dan endoftalmitis (infeksi bola mata).

– Pengertian Optical Coherence Tomography
Definisi Optical coherence tomography (OCT) adalah
teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan mata. Pada tomografi baru ini, saraf optik dan struktur retina digambarkan pada tingkat resolusi yang sangat tinggi. Lapisan anatomi retina dapat dibedakan dan ketebalan retina dapat diukur.

– Pengertian Optometris
Definisi Optometris adalah
dokter mata yang mengkhususkan diri dalam masalah penglihatan, mengobati masalah penglihatan dengan kacamata, lensa kontak, alat bantu penglihatan dan terapi obat-obat resep untuk penyakit mata tertentu.

– Pengertian Orbit
Definisi Orbit adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga mata.

– Pengertian Orchitis
Definisi Orchitis adalah
peradangan testis.

– Pengertian Organ
Definisi Organ adalah
sebuah bagian tubuh yang relatif independen yang melakukan satu atau lebih fungsi-fungsi khusus. Organ tubuh manusia termasuk mata, telinga, jantung, paru-paru, dan hati.

– Pengertian Organ Pencernaan Aksesori
Definisi Organ pencernaan aksesori (accessory digestive organs) adalah
organ yang membantu pencernaan tapi bukan bagian dari saluran pencernaan. Organ-organ itu termasuk lidah, kelenjar ludah, pankreas, hati, dan kandung empedu.

– Pengertian Organ Vomeronasal
Definisi Organ vomeronasal adalah
sebuah kantung kecil di kedua sisi dari septum hidung, mengandung sel-sel reseptor yang mengambil sinyal kimia (feromon).

– Pengertian Organel
Definisi Organel adalah
ikatan struktur membran subselular yang ditemukan di dalam sel-sel eukariotik yang melakukan fungsi diskrit untuk kehidupan sel.

– Pengertian Organisme
Definisi Organisme adalah
individu makhluk hidup, apakah seekor hewan, tumbuhan atau mikroorganisme.

To top