Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MRI Fungsional – Mutasi Gen)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MRI Fungsional – Mutasi Gen) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Model Hewan – Monosit). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.
Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MRI Fungsional - Mutasi Gen)

– Pengertian MRI Fungsional
Definisi MRI fungsional adalah
metode MRI (magnetic resonance imaging) baru yang memindai aktivitas otak tanpa membutuhkan bahan radioaktif dan menghasilkan gambar beresolusi lebih tinggi dari PET (positron emission tomography). MRI ini didasarkan pada perbedaan dalam resonansi magnetik inti atom tertentu dalam bidang aktivitas neuronal.

– Pengertian MRI Scan
Definisi MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah
teknik diagnostik yang menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar rinci jaringan lunak tubuh dan tulang. MRI membuat pencitraan tulang dengan menggunakan magnet yang terbentuk di sekitar tubuh untuk merangsang atom hidrogen. Setelah atom kembali ke tingkat rangsang normal, mereka memancarkan energi yang terdeteksi pada scanner. MRI scan umumnya dianggap sebagai studi pencitraan yang terbaik.

– Pengertian Mual
Definisi Mual adalah
sensasi tidak menyenangkan ingin muntah, dan sering berkatian dengan keringat dingin, pucat, air liur, nyeri lambung, kontraksi duodenum, dan refluks isi usus kecil ke dalam lambung.

– Pengertian Muatan Glikemik
Definisi Muatan glikemik atau beban glikemik (glycemic load) adalah
sama dengan indeks glikemik dikalikan jumlah gram karbohidrat dalam porsi makanan yang sedang dimakan. Muatan glikemik diyakini berkorelasi lebih langsung terhadap gula darah dibandingkan perubahan tingkat indeks glikemik.

– Pengertian Mukokutan
Definisi Mukokutan adalah
berkaitan dengan selaput lendir dan kulit; garis persimpangan di lubang hidung, mulut, vag1na, dan anus.

– Pengertian Mukosa Hidung
Definisi Mukosa hidung adalah
permukaan lembab yang melapisi hidung.

– Pengertian Mukosa Usus
Definisi Mukosa usus adalah
permukaan lapisan usus di mana sel-sel menyerap nutrisi.

– Pengertian Mukositis
Definisi Mukositis adalah
peradangan pada selaput lendir (membran mukosa) yang melapisi saluran pencernaan. Mukositis dapat terjadi di mana saja di sepanjang saluran pencernaan, dari mulut sampai anus, menyebabkan jaringan mukosa terbuka untuk ulserasi dan infeksi. Penderita mukositis mungkin memiliki borok di mulut dan tenggorokan dan merasa seperti kulit terbakar di tenggorokan..Mukositis adalah efek samping yang umum dari kemoterapi dan radioterapi yang melibatkan setiap bagian dari saluran pencernaan.

– Pengertian Multiple Sclerosis
Definisi Multiple sclerosis (MS) adalah
penyakit sistem saraf pusat yang ditandai dengan penghancuran selubung mielin yang melingkupi neuron, mengakibatkan pembentukan “plak.” MS adalah penyakit progresif dan biasanya berfluktuasi dengan eksaserbasi (pasien merasa lebih buruk) dan remisi (pasien merasa lebih baik) selama beberapa dekade. Akhirnya, pada kebanyakan pasien, remisi tidak mencapai tingkat dasar dan cacat permanen dan kadang-kadang kematian dapat terjadi..Penyebab MS belum diketahui. Hipotesis yang paling banyak dipegang adalah bahwa MS terjadi pada pasien dengan kerentanan genetik dan beberapa faktor lingkungan yang “memicu” eksaserbasi. MS adalah 3 kali lebih umum pada wanita dibandingkan pria, dengan diagnosis biasanya dilakukan saat orang dewasa muda.

– Pengertian Multipoten
Definisi Multipoten adalah
sebuah derajat fleksibilitas perkembangan yang kurang dari totipoten dan pluripoten. Multipoten berarti sel induk dapat membentuk berbagai jenis sel dalam garis keturunan tertentu, tetapi tidak pada sel-sel dari garis keturunan lain. Sebagai contoh, sel darah induk multipoten dapat membentuk berbagai jenis sel darah (merah, putih, trombosit, dll), tetapi tidak dapat membentuk neuron. Kebanyakan sel induk dewasa atau spesifik jaringan adalah multipoten.

– Pengertian Multiseluler
Definisi Multiseluler adalah
terdiri dari, atau memiliki, lebih dari satu sel atau banyak sel.

– Pengertian Mulut
Definisi Mulut adalah
pembukaan atas dari saluran pencernaan, mulai dari bibir, yang berisi gigi, gusi, dan lidah. Bahan makanan dipecah secara mekanis di mulut dengan mengunyah dan air liur ditambahkan sebagai pelumas. Air liur (saliva) mengandung amilase, enzim yang mencerna pati.

– Pengertian Murmur
Definisi Murmur adalah
suara jantung abnormal yang dapat didengar dengan stetoskop. Biasanya hal ini karena peningkatan laju darah yang melewati jantung. Hal ini dapat terjadi pada kehamilan karena sirkulasi darah yang lebih banyak dari biasanya, anemia, tiroid yang terlalu aktif atau stres. Murmur jantung tidak selalu menunjukkan ada yang salah, tetapi kadang-kadang memang merupakan tanda dari penyakit (berat). Salah satu katup di jantung mungkin tidak menutup dengan benar, ada stenosis aorta, defek septum, dll…Perlakuan murmur jantung tergantung pada penyebabnya. Murmur jantung yang tidak disebabkan kondisi penyakit dapat hilang sendiri tanpa masalah.

– Pengertian Muskuloskeletal
Definisi Muskuloskeletal adalah
sistem kompleks yang melibatkan otot-otot dan kerangka tubuh, dan termasuk sendi, ligamen, tendon, dan saraf.

– Pengertian Mutagen
Definisi Mutagen adalah
agen alam atau buatan manusia (fisik atau kimia) yang dapat mengubah struktur atau urutan DNA.

– Pengertian Mutasi
Definisi Mutasi adalah
perubahan dalam gen.

– Pengertian Mutasi Gen
Definisi Mutasi gen adalah
perubahan permanen dalam DNA yang membentuk gen.

To top