Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fomit – Foton)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fomit – Foton) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Flossing – FSH). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fomit - Foton)

– Pengertian Fomit
Definisi Fomit (fomite) adalah
benda mati atau bahan yang menjadi perantara dalam transmisi tidak langsung agen menular. Agen tersebut, misalnya virus, mungkin berkembang biak atau tidak berkembang biak di dalam fomit. Agen berpindah ke tubuh penderita dengan dicerna (dimakan atau diminum), disentuh kulit, atau dimasukkan secara internal selama operasi atau perawatan medis. Contoh fomit yang dapat menularkan penyakit termasuk peralatan masak dan makan, tempat tidur atau pakaian, mainan dan alat bedah atau alat medis (seperti kateter). Air, makanan, minuman dan produk biologis seperti darah, serum, plasma, jaringan atau organ juga dapat menjadi fomit.

– Pengertian Fontanel
Definisi Fontanel adalah
bagian lunak di antara pelat tengkorak di kepala bayi. Hal ini memungkinkan kepala bayi untuk sedikit mengecil selama perjalanan melalui jalan lahir. Ketika bayi tumbuh, area ini menghilang.

– Pengertian Footdrop
Definisi Footdrop adalah
 deformitas kontraktur yang berhubungan dengan istirahat dan imobilitas, mengakibatkan ketidakmampuan untuk menempatkan tumit di tanah. Kaki layuh dari kelumpuhan otot-otot anterior kaki.

– Pengertian Foramen Ovale
Definisi Foramen ovale adalah
sebuah lubang antara atrium kanan dan kiri, hadir pada semua anak yang belum lahir, yang tetap terbuka setelah kelahiran sampai waktu tertentu. Sekitar 25-30 persen dari seluruh orang dewasa masih memilikinya dalam kondisi paten (terbuka).

– Pengertian Foramen Ovale Paten
Definisi Foramen ovale paten (FOP) adalah
defek pada dinding septum antara dua atrium. Septum atrium dalam kondisi ini tidak menutup sepenuhnya sehingga menciptakan pembukaan seperti katup (flap) pada dinding..FOP hadir pada semua bayi sebelum lahir, namun kemudian menutup pada 80% orang. Pada 20% sisanya, kondisinya sebagian besar asimtomatik.

– Pengertian Foreplay
Definisi Foreplay atau pemanasan adalah
tindakan seksual seperti berciuman, memijat tubuh, stimulasi zona erotis (payudara, klitoris, penis, dll) untuk merangsang pasangan sebelum terlibat dalam hubungan seksual.

– Pengertian Formalin
Definisi Formalin adalah
sebuah larutan berwarna formaldehida dalam air, digunakan terutama sebagai pengawet spesimen jaringan atau mayat. Formalin digunakan untuk mengawetkan jaringan sehingga dapat diproses dan diperiksa di bawah mikroskop oleh seorang ahli patologi.

– Pengertian Forsep
Definisi Forsep adalah
alat berbentuk tang sendok yang tumpul untuk membantu memandu kepala bayi keluar dari jalan lahir selama persalinan.

– Pengertian Fosfatase Alkali
Definisi Fosfatase alkali (alkaline phosphatase/ALP) adalah
enzim yang dibuat dalam hati, tulang, dan plasenta dan biasanya hadir dalam konsentrasi tinggi pada darah yang tumbuh dan empedu dan dalam konsentrasi rendah pada darah. Fosfatase alkali dilepaskan ke dalam darah dalam jumlah yang meningkat selama kerusakan sel-sel hati dan selama aktivitas normal seperti pertumbuhan tulang dan kehamilan. Tingkat abnormal rendah fosfatase alkali hadir dalam kondisi genetik dan hipotiroidisme. Zat ini diukur dalam tes darah rutin..Interval referensi: 20-125 (u / l). (Anak-anak cenderung memiliki nilai tinggi, terutama selama tahun-tahun pertumbuhan).

– Pengertian Fosfor
Definisi Fosfor adalah
sebuah mineral yang ditemukan dalam banyak makanan termasuk produk susu dan daging. Fosfor penting untuk tulang dan gigi yang kuat, serta untuk fungsi saraf yang tepat. Fosfor merupakan bagian dari kerangka struktural molekul biologis seperti DNA dan RNA. Sel-sel hidup juga menggunakan fosfor untuk transportasi seluler…Fosfor biasanya ditemukan di alam bersenyawa dengan oksigen, sebagai fosfat. Kebanyakan fosfat dalam tubuh manusia terdapat di tulang, tapi fosfat yang mengandung molekul (fosfolipid) juga merupakan komponen dari membran sel dan kolesterol.

– Pengertian Fosgen
Definisi Fosgen adalah
karbonil klorida; cairan tak berwarna di bawah 8,2 ° C, tetapi menjadi gas yang sangat beracun pada suhu biasa.

– Pengertian Fotofobia
Definisi Fotofobia adalah
sensitivitas terhadap cahaya.

– Pengertian Fotokoagulasi
Definisi Fotokoagulasi adalah
pengobatan untuk retinopati diabetik. Sebuah sinar yang kuat cahaya (laser) digunakan untuk menutup perdarahan pembuluh darah di mata dan membakar pembuluh darah tambahan yang tidak seharusnya tumbuh di sana.

– Pengertian Fotokoagulasi Laser
Definisi Fotokoagulasi laser atau koagulasi laser adalah
bedah yang menggunakan laser untuk menutup atau menghancurkan pembuluh-pembuluh darah abnormal yang pecah dan bocor di retina…Prosedur ini semakin banyak digunakan dalam beberapa dekade terakhir untuk berbagai kondisi mata. Fotokoagulasi laser disarankan untuk pasien dengan risiko tinggi retinopati diabetik proliferatif dan edema makula diabetik yang signifikan. Perlakuan standar saat ini untuk retinopati diabetik proliferatif adalah fotokoagulasi panretinal (PRP). Dua atau tiga kali perawatan biasanya diperlukan untuk sekitar 1.500 titik laser yang ditempatkan di seluruh pinggiran retina luar makula. Fotokoagluasi laser yang fokus diterapkan untuk edema makula diabetik. Prosedur ini diterapkan pada tahap akhir penyakit untuk mempertahankan penglihatan sentral (ketajaman visual).

– Pengertian Foton
Definisi Foton adalah
sebuah unit cahaya.

To top