Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Brudzinski’s Sign – Bypass Lambung)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Brudzinski’s Sign – Bypass Lambung) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BRCA1 – Bronkus Intermedius). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Brudzinski’s Sign - Bypass Lambung)

– Pengertian Brudzinski’s Sign
Definisi Brudzinski’s sign adalah
bila leher tertekuk maka terjadi fleksi lutut (hadir dalam iritasi meningeal).

– Pengertian Bruit
Definisi Bruit adalah
suara yang terjadi di dalam pembuluh darah akibat turbulensi, mungkin karena penumpukan plak atau kerusakan pada pembuluh darah.

– Pengertian Bruksisme
Definisi Bruksisme (bruxism) adalah
mengadu atau menggeretukkan gigi-gigi. Kebanyakan orang sesekali menggeretukkan gigi mereka dan hal ini biasanya tidak menimbulkan masalah. Namun ketika bruksisme terjadi secara teratur maka dapat menyebabkan gigi rusak dan berbagai masalah kesehatan mulut lainnya. Bruksisme dapat mengikis dan akhirnya menghabiskan mahkota gigi dan melonggarkan gigi. Pada banyak orang, sakit kepala, nyeri rahang dan gigi sensitif sebenarnya adalah hasil dari bruksisme yang terjadi selama tidur, yang tidak mereka sadari tetapi bisa dilihat anggota keluarga lain. Diperkirakan bahwa sekitar satu dari tiga orang menderita bruksisme dengan tingkat prevalensi lebih tinggi pada wanita. Orang yang menggeretukkan gigi mereka juga banyak yang memiliki kecenderungan untuk menggigit bagian dalam pipi mereka, menggigit kuku dan ujung pensil. Pengobatan mensyaratkan bahwa pasien mencoba untuk mengurangi bruksisme saat terjaga. Peralatan mulut dari plastik yang dipasang di antara gigi dapat digunakan untuk mencegah kontak oklusi saat tidur. Alat ini disebut nightguard. Pada gejala yang parah, peralatan ini dapat juga digunakan pada siang hari. Biasanya, perangkat tersebut dibuat oleh dokter gigi.

– Pengertian Buang Air Kecil
Definisi Buang air kecil (BAK) adalah
melepaskan urin keluar dari kandung kemih.

– Pengertian Bukal
Definisi Bukal (buccal) adalah
sisi pipi dari gigi belakang.

– Pengertian Buku Harian Eliminasi
Definisi Buku harian eliminasi (elimination diary) adalah
sebuah catatan mengenai frekuensi dan volume berkemih serta buang air besar.

– Pengertian Bula
Definisi Bula adalah
sebuah lesi menonjol melingkar (> 0,5 cm) yang berisi cairan serosa di atas dermis.

– Pengertian Bulimia nervosa
Definisi Bulimia nervosa (juga dikenal sebagai bulimia) adalah
suatu penyakit di mana ada episode makan berlebihan tidak terkontrol yang biasanya diikuti dengan pembersihan (muntah disengaja), penyalahgunaan laksatif, enema, atau obat yang menyebabkan peningkatan produksi urin, puasa, atau olahraga berlebihan untuk mengendalikan berat badan

– Pengertian Bunion
Definisi Bunion adalah
lapisan keras berisi cairan di sepanjang bagian dalam sendi jempol kaki; mungkin disebabkan oleh memakai sepatu hak tinggi atau kelemahan sendi genetik.

– Pengertian Bupropion
Definisi Bupropion adalah
obat antidepresi yang digunakan untuk meningkatkan mood dan meningkatkan pemulihan emosi pada pasien gangguan depresi ke kisaran normal. Selain itu, bupropion digunakan sebagai bantuan dalam pengobatan penghentian merokok.

– Pengertian Burrows
Definisi Burrows adalah
terowongan linier atau bergelombang mengular di dalam epidermis.

– Pengertian Bursa
Definisi Bursa adalah
kantung berisi cairan yang terletak antara tulang dan tendon atau otot.

– Pengertian Bursitis
Definisi Bursitis adalah
penekanan kecil berulang dan berlebihan yang menyebabkan bursa membengkak dan teriritasi.

– Pengertian Buspirone
Definisi Buspirone adalah
sejenis obat anti-kecemasan (anxiolytic).

– Pengertian Busung Lapar
Definisi Busung lapar
, terjemahan hongeroedeem dalam bahasa Belanda, adalah istilah awam untuk kwashiorkor.

– Pengertian Buta Warna
Definisi Buta warna adalah
penglihatan warna abnormal di mana seseorang sulit membedakan warna tertentu. Bentuk yang paling umum dari buta warna merah-hijau. Ada berbagai variasi dalam kelompok ini dari sangat ringan sampai ekstrim. Bentuk yang paling umum kedua adalah biru-kuning. Bentuk yang paling parah dari buta warna adalah akromatopsia (achromatopsia), ketidakmampuan untuk melihat warna apapun. Hal ini seringkali berkaitan dengan masalah mata lainnya seperti ambliopia (mata malas), nistagmus, fotosensitifitas, dan visi yang sangat buruk….Gejala-gejala buta warna merah-hijau dan biru-kuning dapat begitu ringan sehingga orang yang terkena tidak menyadari dirinya buta warna kecuali secara khusus diuji. Beberapa tes buta warna tersedia melalui dokter umum atau spesialis mata (oftalmologis). Pengujian untuk buta warna umumnya dilakukan bersamaan dengan pengujian visi lainnya.

– Pengertian Bypass
Definisi Bypass adalah
bedah yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung (atau organ dan jaringan lain) dengan menyediakan rute baru, atau “memotong kompas” bagian dari arteri yang tersumbat atau sakit.

– Pengertian Bypass Arteri Koroner
Definisi Bypass arteri koroner adalah
metode bedah untuk mengobati penyakit arteri koroner. Prosedur ini melibatkan penggunaan pembuluh darah pasien (biasanya diperoleh dari kaki atau wilayah paha) dan/atau arteri (dari dinding dada atau lengan bawah) untuk memotong kompas (bypass) penyumbatan di arteri koroner…Ini adalah prosedur pembedahan besar yang dilakukan untuk mencegah infark miokard (serangan jantung) dan untuk meringankan angina. Kebanyakan pasien tetap di rumah sakit selama tiga sampai lima hari setelah operasi bypass dilakukan.

– Pengertian Bypass Lambung
Definisi Bypass lambung (gastric bypass) adalah
bedah bariatrik yang dilakukan untuk membatasi asupan (restriksi) maupun penyerapan makanan (malabsorpsi) dengan memotong kompas sebagian dari lambung…Prosedur bypass lambung yang paling umum dan diterima luas saat ini adalah roux-en-Y gastric bypass (RYGB). Dalam prosedur ini, usus dijepit menjadi dua bagian. Setelah dibagi, bagian bawah usus (jejunum) ditarik untuk langsung terhubung ke kantong kecil atau lambung “baru”. Ujung lain dari usus yang terbagi dijahit kembali pada titik tertentu di bawah. Bentuk usus sekarang agak menyerupai huruf “Y.” Akibatnya, makanan yang dimakan akan memasuki lambung “baru”, masuk ke jejunum setelah mem-bypass bagian atas usus. Ukuran lambung yang baru sedemikian kecil sehingga membatasi jumlah makanan yang dapat ditampung. Hal ini juga memberikan rasa kenyang dengan porsi kecil makanan. Efek malabsorpsi didapat dengan bagian bawah usus yang tidak lagi menerima, menyimpan, dan mencerna makanan, namun tetap fungsional dengan terus mengeluarkan cairan pencernaan. Prosedur ini dapat dilakukan sebagai operasi terbuka (dengan membuat sayatan di bagian perut) atau laparoskopi (melalui sayatan kecil, menggunakan laparoskop).

To top