Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BRCA1 – Bronkus Intermedius)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BRCA1 – Bronkus Intermedius) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Blok Jantung – Brakhiterapi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BRCA1 - Bronkus Intermedius)

– Pengertian BRCA1
Definisi BRCA1 dan BRCA2 adalah
gen yang biasanya membantu mengontrol pertumbuhan sel. Seseorang yang mewarisi versi gen mutasi BRCA1 dan / atau BRCA2 memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan ovarium.

– Pengertian Bromokriptin
Definisi Bromokriptin adalah
obat yang bertindak pada tumor yang memproduksi hormon dengan menekan fungsi produksinya.

– Pengertian Bronchiolitis Obliterans Organizing Pneumonia
Definisi Bronchiolitis Obliterans Organizing Pneumonia (BOOP) adalah
kondisi obstruktif yang ditandai oleh sumbatan tisu granulasi dalam saluran udara kecil. Tisu abnormal ini meluas ke saluran alveolar dan alveoli.

– Pengertian Bronchoalveolar Lavage
Definisi Bronchoalveolar lavage (BAL) adalah
prosedur saat bronkoskopi di mana sejumlah kecil garam disuntikkan ke dalam bagian paru-paru distal (jauh), kemudian disedot kembali melalui bronkoskop, mencuci alveoli. Bahan yang didapat kemudian dianalisis untuk jumlah sel, diferensial atau benda asing.

– Pengertian Bronkiektasis
Definisi Bronkiektasis adalah
kondisi inflamasi atau degeneratif kronis bronkus atau bronkiolus yang ditandai dengan pelebaran dan hilangnya elastisitas dinding.

– Pengertian Bronkioli
Definisi Bronkioli adalah
jalan napas kecil-kecil (cabang-cabang bronkus) yang mengarah ke daerah-daerah paru-paru dan menyerap oksigen dari udara.

– Pengertian Bronkiolitis
Definisi Bronkiolitis adalah
peradangan yang melibatkan bronkiolus (saluran udara kecil), biasanya terjadi pada anak-anak.

– Pengertian Bronkiolitis
Definisi Obliterans Bronkiolitis obliterans adalah
suatu proses yang melibatkan obstruksi saluran udara kecil di pinggiran paru-paru. Kondisi ini mungkin terjadi setelah serangan pneumonia atau transplantasi paru-paru.

– Pengertian Bronkitis
Definisi Bronkitis adalah
peradangan akut atau kronis pada saluran napas bronkial atau bagiannya…Bronkitis Akut adalah peradangan sel yang melapisi bronkus dan menyebabkan produksi lendir kuning atau abu-abu yang menyumbat saluran udara, menyebabkan sesak napas, mengi dan nyeri di dada bagian atas, terutama ketika batuk. Bronkitis kronis – untuk dipertimbangkan kronis, harus ada batuk produktif selama beberapa hari untuk setidaknya tiga bulan dalam setahun, selama sedikitnya dua tahun berturut-turut.

– Pengertian Bronkodilator
Definisi Bronkodilator adalah
obat yang melemaskan otot-otot halus di saluran napas yang menyempit.

– Pengertian Bronkokonstriktor
Definisi Bronkokonstriktor adalah
zat yang menyebabkan saluran udara paru-paru berkontraksi dan menjadi lebih sempit.

– Pengertian Bronkopneumonia
Definisi Bronkopneumonia
, juga disebut sebagai pneumonia bronkial atau pneumonia lobular, adalah peradangan umum paru-paru yang dimulai di saluran bronkial kecil (bronkiolus) dan menyebar tidak teratur ke alveoli peribronkiolar dan saluran alveolar. Hasilnya adalah inflamasi yang mengarah pada konsolidasi inflamasi lokal di bronkiolus dan alveoli sekitarnya di paru-paru…Pada umumnya, bronkopneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama bakteri piogenik yang membentuk pneumonia supuratif. Adenovirus, virus influenza, mikoplasma pneumoniae juga dapat berperan. Bronkopneumonia sering terjadi pada mereka yang berdaya tahan tubuh lemah dan memiliki gangguan imunitas saluran pernapasan. Anak-anak, lanjut usia dan penderita HIV/AIDS adalah populasi yang rentan penyakit ini.

– Pengertian Bronkoskop
Definisi Bronkoskop adalah
alat yang digunakan untuk memeriksa bagian dalam tenggorokan dan cabang bronkial untuk melaksanakan manuver diagnostik (mengambil spesimen untuk kultur dan biopsi) atau terapeutik (menghapus benda asing.

– Pengertian Bronkoskopi
Definisi Bronkoskopi adalah
sebuah prosedur di mana bronkoskop menyala dimasukkan melalui hidung atau tenggorokan untuk memungkinkan pemeriksaan visual dari trakea, bronki dan bronkiolus tertentu.

– Pengertian Bronkospasma
Definisi Bronkospasma adalah
penyempitan sementara saluran udara dari paru-paru oleh kontraksi spasmodik pada otot-otot bronkus sehingga menghalangi aliran udara. Bronkospasma dapat disebabkan oleh asma, infeksi paru-paru, atau reaksi alergi.

– Pengertian Bronkus
Definisi Bronkus adalah
salah satu dari dua cabang besar trakea yang dilalui udara menuju dan dari paru-paru.

– Pengertian Bronkus Intermedius
Definisi Bronkus intermedius adalah
segmen bronkus di sebelah kanan antara awal dari lobus bronkus atas dan bifurkasi sampai ke lobus bronkus tengah dan bawah.

To top