Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anggota Gerak Atas – Angioma Cherry)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anggota Gerak Atas – Angioma Cherry) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anestesi – Aneurisma Ventrikel). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anggota Gerak Atas - Angioma Cherry)

– Pengertian Anggota Gerak Atas
Anggota gerak atas (upper extremity bones) adalah
tulang-tulang pada ekstermitas atas yang terdiri dari:
> 10 tulang bahu dan lengan: klavikula, skapula, humerus, radius, dan ulna di setiap sisi.
> 16 tulang pergelangan tangan: skafoid, lunatum, triquetrum, pisiforma, trapezium, trapezoid, kapitatum, hamatum di setiap sisi.
> 38 tulang tangan: 10 tulang metakarpal dan 28 tulang falang (ruas jari).

– Pengertian Anggota Gerak Bawah
Anggota gerak bawah (lower extremity bones) adalah
tulang-tulang pada ekstermitas bawah yang terdiri dari:
> 10 tulang pinggul dan tungkai kaki: inominata atau tulang pinggul (fusi dari ilium, iskium, dan pubis), femur, tibia, fibula, dan patela (tempurung lutut) di setiap sisi.
> 14 tulang pergelangan kaki: talus, kalkaneus (tulang tumit), navikular, kuboid, kuneiforma interna, kuneiforma medial, and kuneiforma eksterna, pada setiap sisi.
> 38 tulang kaki: 10 tulang metatarsal dan 28 tulang falang (ruas jari kaki).

– Pengertian Angina
Angina atau angina pektoris adalah
nyeri dada yang terjadi ketika pembuluh darah yang sakit membatasi aliran darah ke jantung.

– Pengertian Angina Pektoris
Angina pektoris adalah
ketidaknyamanan dada akibat penyumbatan di dalam arteri koroner. Otot jantung yang dipasok arteri koroner menjadi sakit karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, terutama selama latihan atau periode stres tinggi. Berbeda dengan infark miokard (serangan jantung), kematian sel jantung tidak terjadi selama serangan angina pektoris.

– Pengertian Angiodisplasia
Angiodisplasia adalah
pertumbuhan abnormal getah bening dan pembuluh darah termasuk aplasia, hiperplasia, dan hipoplasia.

– Pengertian Angioedema
Angioedema adalah
pembengkakan terbatas dari jaringan subkutan yang terjadi tiba-tiba dan berlangsung berjam-jam sampai berhari-hari.

– Pengertian Angiogenesis
Angiogenesis adalah
perkembangan pembuluh darah baru.

– Pengertian Angiografi
Angiografi (koroner) adalah
sebuah teknik sinar-x di mana zat warna disuntikkan ke dalam ruang jantung atau arteri yang mengarah ke jantung (arteri koroner). Tes ini memungkinkan dokter mengukur aliran darah dan tekanan darah di ruang jantung dan melihat apakah arteri koroner tersumbat. Juga disebut kateterisasi jantung.

– Pengertian Angiografi Fluoresein
Angiografi fluoresein (fluorescein angiography) adalah
 tes untuk memeriksa pembuluh darah di mata; dilakukan dengan menyuntikkan pewarna ke dalam pembuluh darah lengan dan kemudian mengambil foto saat pewarna berjalan melalui pembuluh darah mata. Pengumpulan pewarna di lokasi tertentu atau kebocoran pewarna dari pembuluh darah mengonfirmasi beberapa jenis gangguan retina.

– Pengertian Angiografi Ginjal
Angiografi ginjal
, juga disebut arteriografi ginjal, adalah serangkaian pemindaian sinar-x atas pembuluh darah ginjal dengan suntikan pewarna kontras ke dalam kateter yang ditempatkan di pembuluh darah ginjal untuk mendeteksi tanda-tanda penyumbatan atau kelainan yang memengaruhi suplai darah ke ginjal.

– Pengertian Angiogram Paru
Angiogram paru adalah
sebuah studi invasif yang mirip kateterisasi jantung di mana kateter dimasukkan ke dalam sistem vaskular dan kemudian berulir naik ke jantung. Namun, kateter pada angiogram paru dimasukkan ke vena femoralis (bukan arteri) dan memasuki pembuluh darah utama dari paru-paru (arteri paru-paru), bukan arteri koroner. Pewarna kontras disuntikkan dan gambar dari pembuluh paru-paru diambil. Gumpalan dalam pembuluh paru menunjukkan adanya emboli paru, suatu kondisi yang berpotensi mengancam nyawa.

– Pengertian Angioma
Angioma adalah
tumor jinak di kulit, yang terdiri dari darah atau pembuluh getah bening.

– Pengertian Angioma Cherry
Angioma Cherry adalah
papul kecil ( – Angion Angion adalah sebuah segmen pembuluh limfatik antara dua katup, juga dikenal sebagai suatu limfangion.

To top