Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anestesi – Aneurisma Ventrikel)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anestesi – Aneurisma Ventrikel) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anasarka – Anekdot). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anestesi - Aneurisma Ventrikel)

– Pengertian Anestesi
Anestesi atau pembiusan adalah
pengurangan atau penghilangan sensasi untuk sementara, sehingga operasi atau prosedur lain yang menyakitkan dapat dilakukan.
Ada dua jenis anestesi:
> Umum, yang membuat pasien tak sadar
> lokal, yang membuat mati rasa bagian tubuh yang akan diambil tindakan.
Tidur yang diinduksi anestesi tidak sama dengan tidur biasa, tetapi suatu bentuk ketidaksadaran sementara yang secara hati-hati dikendalikan oleh dokter anestesi. Setiap jenis operasi membutuhkan pengelolaan jumlah yang tepat dari anestesi. Sepanjang prosedur, berbagai jenis obat-obatan ditambahkan atau dihapus untuk mengurangi rasa sakit dan mempertahankan tingkat ketidaksadaran yang tepat. Untuk beberapa operasi, pilihan terbaik adalah menggabungkan bius lokal seperti spinal atau epidural dengan obat-obatan anestesi untuk membuat pasien mengantuk.

– Pengertian Anestesi Dolorosa
Anestesi dolorosa adalah
nyeri konstan yang dirasakan di daerah tubuh yang bebal.

– Pengertian Anestesi Epidural
Anestesi Epidural adalah Metode umum anestesi yang digunakan dalam pembedahan atau operasi, termasuk operasi persalinan. Dalam metode ini, obat bius dimasukkan melalui kateter yang berulir masuk ke dalam kanal tulang belakang (ruang epidural) dekat sumsum tulang belakang untuk memungkinkan infus bius lokal. Anestesi ini menghilangkan nyeri dan mencegah gerakan bagian bawah tulang rusuk, atau mengurangi rasa sakit sementara masih memungkinkan gerakan.

– Pengertian Anestesi Kaudal
Anestesi kaudal adalah
jenis anestesi yang dihasilkan oleh suntikan bius lokal ke dalam kanal ekor, sebagian dari kanal tulang belakang. Anestesi kaudal digunakan untuk memberikan anestesi dan analgesia (penghilang rasa sakit) di bawah pusar. Anestesi ini mungkin tunggal atau dikombinasikan dengan anestesi umum. Prosedur ini juga disebut anestesi kaudal-epidural atau blok kaudal.

– Pengertian Anestesi Lokal
Anestesi lokal adalah
teknik untuk menghilangkan atau mengurangi sensasi di bagian tubuh tertentu. Hal ini memungkinkan pasien untuk menjalani prosedur pembedahan dan gigi tanpa rasa sakit yang mengganggu. Ada kalangan medis yang membatasi istilah anestesi lokal hanya untuk pembiusan di bagian kecil tubuh seperti gigi atau area kulit. Mereka menggunakan istilah anestesi regional untuk pembiusan bagian yang lebih besar dari tubuh seperti kaki atau lengan. Namun, banyak juga yang menyebut anestesi lokal untuk anestesi apa pun selain yang menimbulkan ketidaksadaran umum (anestesi umum).

– Anestesi Regional
Anestesi regional adalah
obat yang digunakan untuk membius sebagian tubuh, seperti tangan atau kaki.

– Pengertian Anestesi Spinal
Anestesi spinal adalah
teknik anestesi lokal di mana obat ditempatkan ke dalam kanal tulang belakang menggunakan jarum yang sangat kecil. Pasien menjadi benar-benar mati rasa dan tidak bisa bergerak dari sekitar bagian bawah tulang rusuk menurun sampai ke jari kaki. Pasien tetap terjaga untuk prosedur ini tetapi mereka seringkali juga menerima sedasi melalui tulang belakang.

– Pengertian Anestesi Umum
Anestesi umum atau pembiusan umum adalah
kondisi atau prosedur ketika pasien menerima obat untuk amnesia, analgesia, melumpuhkan otot, dan sedasi. Anestesi umum memungkinkan pasien untuk menoleransi prosedur bedah yang dalam kondisi normal akan menimbulkan sakit yang tak tertahankan, berisiko eksaserbasi fisiologis yang ekstrim, dan menghasilkan kenangan yang tidak menyenangkan. Anestesi umum dapat menggunakan agen intravena (injeksi) atau inhalasi, meskipun injeksi lebih cepat yaitu memberikan hasil yang diinginkan dalam waktu 10 hingga 20 detik. Kombinasi dari agen anestesi yang digunakan untuk anestesi umum membuat pasien tidak merespon rangsangan yang menyakitkan, tidak dapat mengingat apa yang terjadi (amnesia), tidak dapat mempertahankan proteksi jalan napas yang memadai dan/atau pernapasan spontan sebagai akibat dari kelumpuhan otot dan perubahan kardiovaskuler.

– Pengertian Anestesiologi Anestesiologi
Anestesiologi Anestesiologi
 mengacu pada cabang ilmu kedokteran yang mempelajari cara untuk menekan persepsi nyeri dan sensasi di otak. Ahli anestesi mengadministrasikan anestesi untuk pasien yang menjalani operasi dan prosedur medis lainnya yang menyebabkan nyeri.

– Pengertian Anestetik
Anestetik adalah
obat yang menghasilkan anestesi terkelola melalui inhalasi (pernapasan) atau intravena (injeksi atau infus).

– Pengertian Aneurisma Aneurisma
Aneurisma Aneurisma adalah
 pelebaran abnormal atau penggelembungan bagian arteri akibat kelemahan pada dinding pembuluh darah. Penyebab aneurisma belum diketahui. Beberapa aneurisma hadir pada saat lahir (kongenital) akibat cacat pada beberapa bagian dari dinding arteri. Lokasi umum aneurisma meliputi: arteri besar jantung (aorta), otak (aneurisma serebral),pada kaki di belakang lutut (aneurisma arteri poplitea), usus (aneurisma arteri mesenterika), limpa (aneurisma arteri limpa). Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan merokok dapat meningkatkan risiko beberapa jenis aneurisma. Tekanan darah tinggi juga diduga berperan dalam aneurisma aorta perut. Penyakit aterosklerosis (penumpukan kolesterol dalam arteri) juga dapat menyebabkan pembentukan beberapa aneurisma. Kehamilan sering dikaitkan dengan pembentukan dan pecahnya aneurisma arteri limpa.

– Pengertian Aneurisma Aorta Abdomen
Aneurisma aorta abdomen
terjadi ketika pembuluh darah besar yang memasok darah ke perut, panggul, dan kaki (yang disebut aorta abdomen) membesar abnormal atau menggelembung. Aneurisma aorta abdomen berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun dan sering tidak memiliki gejala. Jika aneurisma berkembang dengan cepat, pecah, atau menimbulkan kebocoran darah di sepanjang dinding pembuluh (diseksi aorta), gejala dapat terjadi tiba-tiba.
Gejala-gejala pecahnya aorta meliputi:
> nyeri di perut atau punggung yang parah, tiba-tiba, persisten, atau konstan
> rasa sakit dapat menyebar ke pangkal paha, bokong, atau kaki
> kulit lembap
> mual dan muntah
> denyut jantung cepat
> syok

– Pengertian Aneurisma Atrium
Aneurisma atrium adalah
penggelembungan pada bagian dinding salah satu atrium jantung. Jika aneurisma hadir di dinding antar atrium maka dikenal sebagai aneurisma septum atrium (ASA). ASA dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke dan sering disertai adanya foramen ovale paten (PFO). Kondisi ini biasanya hadir sejak lahir (kongenital).

– Pengertian Aneurisma Jantung
Aneurisma jantung (cardiac aneurysm) adalah
penggelembungan abnormal atau aneurisma yang terjadi pada bagian tipis dinding jantung. Aneurisma jantung dapat terjadi pada dinding ventrikel atau atrium.

– Pengertian Aneurisma Ventrikel
Aneurisma ventrikel adalah
penggelembungan pada bagian dinding salah satu ventrikel jantung, biasanya sebelah kiri yang memiliki tekanan terbesar. Jika aneurisma hadir di dinding antar ventrikel (septum ventrikel), disebut sebagai aneurisma septum ventrikel. Kondisi ini mungkin hadir sejak lahir (kongenital) atau sebagai komplikasi dari serangan jantung atau trauma jantung lainnya.

To top