Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anasarka – Anekdot)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anasarka – Anekdot) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anagen – Anaplastik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anasarka - Anekdot)

– Pengertian Anasarka
Definisi Anasarka, atau edema anasarka, adalah
pembengkakan umum pada tubuh, yang merupakan gejala pada orang yang sakit parah.

– Pengertian Anastomosis
Definisi Anastomosis adalah
penggabungan dua ujung usus yang sehat setelah usus yang sakit usus dipotong oleh dokter bedah. Anastomosis kontras dengan kolostomi, ketika ujung usus dialihkan secara permanen atau disambung lagi pada operasi kemudian.

– Pengertian Anatomi
Definisi Anatomi adalah
studi tentang struktur dan bagian tubuh. Anatomi merupakan dasar ilmu kedokteran yang sangat penting dan dapat dibagi menjadi sub-sub ilmu pengetahuan yang lebih rinci: Menurut ukuran yang dipelajari:
> Anatomi makroskopik (gross anatomy)
> Anatomi mikroskopik atau histologi
Menurut perkembangan tubuh (developmental anatomy):
> Embriologi
> Anatomi pediatrik
> Teratologi
> Anatomi hidup
> Anatomi permukaan (surface anatomy)

– Pengertian Anatomi Hidup
Definisi Anatomi hidup (living anatomy) adalah
studi atas struktur tubuh manusia yang hidup, bukan kadaver, karena itu metode seperti pembedahan tidak dapat diterapkan. Teknik untuk mempelajari anatomi hidup meliputi palpasi (meraba), perkusi (mengetuk) dan auskultasi (mendengar, biasanya melalui stetoskop).

– Pengertian Anatomi Klinik
Definisi Anatomi klinik (clinical anatomy) adalah
penerapan pengetahuan anatomi untuk praktik klinik. Cabang ini adalah aspek yang lebih praktis anatomi manusia dan sangat penting bagi para profesional medis.

– Pengertian Anatomi Makroskopik
Definisi Anatomi makroskopik (gross anatomy) adalah
studi tentang rincian makroskopik struktur tubuh manusia. Anatomi ini tidak memerlukan bantuan alat apapun. Umumnya anatomi makroskopik dipelajari pada mayat karena Anda tidak bisa membedah manusia hidup hanya untuk mempelajari anatominya, sehingga anatomi makroskopik juga dikenal sebagai anatomi kadaver.Ada dua pendekatan untuk mempelajari anatomi makrsokopik: pendekatan sistemik dan pendekatan regional. Dalam pendekatan sistemik, tubuh manusia dipelajari dalam sistem yang berbeda-beda (osteologi, artrologi, miologi, sistem respirasi, sirkulasi, dll). Dalam pendekatan regional, tubuh manusia dipelajari di bagian per bagian (kepala, tubuh, toraks, ekstremitas, dll). Hasil akhir dari kedua pendekatan tersebut sama tetapi umumnya pendekatan regional lebih disukai.

– Pengertian Anatomi Permukaan
Definisi Anatomi permukaan
, juga disebut anatomi topografi, adalah studi mengenai permukaan struktur tubuh manusia. Anatomi permukaan menetapkan hubungan antara struktur internal tubuh manusia dengan permukaannya. Ini memungkinkan seorang profesional medis untuk mencari posisi organ internal dari permukaan tubuh sehingga sangat penting untuk operasi bedah. Kadang-kadang, anatomi permukaan dianggap sebagai cabang anatomi makroskopik.

– Pengertian Androgen
Definisi Androgen adalah
kelompok hormon seperti testosteron yang bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik laki-laki, seperti suara berat dan jenggot, mereka juga memperkuat otot dan massa tulang. Mereka dibuat di testis dan kelenjar adrenal.

– Pengertian Androgini
Definisi Androgini adalah
penggabungan sifat, perasaan, dan kualitas maskulin dan feminin secara seimbang dalam kepribadian individu.

– Pengertian Androlog
Definisi Androlog adalah
seorang dokter ilmuwan yang melakukan evaluasi laboratorium terhadap kesuburan pria. Dia biasanya berafiliasi dengan pusat perawatan kesuburan dan bekerja pada fertilisasi in vitro (bayi tabung).

– Pengertian Andropause
Definisi Andropause adalah
perubahan biologis yang ditandai oleh penurunan bertahap produksi androgen yang dialami oleh pria selama dan setelah pertengahan hidup mereka. Disebut juga menopause pria.

– Pengertian Anekdot
Definisi Anekdot adalah
bukti yang berdasarkan laporan kasus-kasus individu tertentu, bukan dari penelitian klinis terkontrol.

To top